Visa On Arrival (voa)

9.12.2012

Sebenernya sih hari ini pengen posting tentang Suly, tapi berhubung kemarin dikasi penjelasan sama suami tercinta tentang visa on arrival, jadilah saya share sekalian di sini karena ada hubungannya dengan postingan saya yang kemarin.

Jadi, visa on arrival (voa) itu adalah kemudahan bagi traveller yang ingin bepergian ke sebuah negara tertentu tanpa harus mengurus visa di kedutaan negara asalnya. Nah, voa ini bisa kita ajukan bila negara yang kita tuju bekerjasama dengan negara asal kita, jadi tidak semua bandara menyediakan voa untuk semua traveller. Voa ada berdasarkan hubungan kerjasama antarnegara, dan masa berlaku visanya tergantung kebijakan negara yang ditujunya.

Misal, Indonesia punya hubungan kerjasama dalam hal voa ini dengan negara2 ASEAN. Jika kita mau pergi ke Malaysia, kita tidak perlu mengajukan visa ke kedutaan di Indonesia. Kita bisa langsung booking tiket pesawat dan terbang sesuai jadwal, kalo udah sampe di bandara Malaysia baru deh kita bisa ajuin itu voa-nya. Cukup mudah dan tidak perlu lama-lama. Masa berlaku visanya sekitar 1 bulan. Hmmm lama juga ya jalan-jalan sebulan di Malaysia? Hehehe...

Bagaimana dengan negara non-ASEAN? Banyak negara non-ASEAN yang kerjasama dengan Indonesia dalam hal voa ini, salah satunya Turki (lebih lengkapnya bisa dilihat di sini). Begitu kita tiba di bandara internasional Istanbul, kita bisa langsung mengajukan voa dengan biaya $25 dan bisa stay di sana maksimal 30 hari. Nanti deh ya kalau saya berhasil ke Istanbul saya share di sini gimana proses mengurus voa di Istanbul. *keinginan terpendam nih jalan-jalan ke Turki*

Terus, kalo Dubai gimana? Kan kemarin saya cerita ya kalo Dubai juga bisa. Ternyata, di Dubai kita ga bisa ngajuin voa, sodara-sodara. Bandara Dubai itu luas dan tempatnya transit dari berbagai negara di seluruh benua. Jadi, Dubai hanya menawarkan visa transit. Maksudnya, kita bisa mengajukan visa di bandaranya jika kita memiliki tiket penerbangan selanjutnya dengan masa berlaku visa sampai 90 jam. Nah, kayak saya nih ya kalau pulang ke Indonesia dari Suly kan kudu transit tuh di Dubai, baru deh bisa ngajuin visanya di sana, itu juga kalo mau jalan-jalan keluar bandara Dubainya. Ini juga nanti ya kalau jadi jalan-jalan di Dubai pas transit saya share di sini sekalian.

Oke, kira-kira begitu ya penjelasan tentang visa on arrivalnya. Semoga bisa menambah wawasan kita di bidang politik dan hubungan internasional antarnegara. Happy Wednesday, everyone :)

2 comments :

  1. Kita bisa beli visa on arrival ga dikurdistan?
    Kebetulan aq mau ksana mba

    ReplyDelete
  2. I wish your post could be in English so that I could fully understand all guide here. Anyway, thank you so much.

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^