Cara Makan Stroopwafel

3.11.2013


Hmmm dapet oleh-oleh makanan enak ini dari Belanda? Apa, sih? Yup, Stroopwafel namanya! Ini bukan wafel biasa yang cuma dimakan langsung begitu aja kayak biskuit-biskuit biasa. Apa istimewanya cemilan yang satu ini? Yuk ah, daripada norak kayak saya, begitu dapet langsung buka plastik dan makan habis 2 keping tanpa apa-apa, mendingan kita lanjutin aja ya tulisannya? ^^


Stroopwafel adalah wafel khas dari Belanda yang terbuat dari 2 keping wafel yang di tengahnya diisi dengan gula karamel. Kepingannya dipanggang dengan suhu yang tinggi, tidak keras dan tidak juga lembut. Jika kita memakannya tanpa apa-apa, tentu aja rada alot, tapi bukan keras, karena efek karamelnya yang sangat mengikat.

Jadi, jika kita ingin menikmati stroopwafel dengan indah, cukup mudah. Sediakan teh, atau kopi, atau cokelat yang panas. Ingat ya, panas, bukan hangat. Pakailan air yang baru aja direbus untuk menyeduh minuman yang ingin kita nikmati bersama stroopwafel.

Stroopwafel, teh, dan kopi

Ambil satu keping stroopwafel dan letakkan di atas bibir cangkir minuman kita tadi. Lebih enak, sih, lingkaran cangkirnya pas dengan ukuran stroopwafelnya, agar menutup sempurna.

Yes, it's stroopwafels time!

Setelah itu, tunggu. Jika kita ngga sabar menunggu, maka belajarlah dari sini, hehehe. Ya, itung-itung sekalian nunggu tehnya ademan dikit lah ya. Tunggu kira-kira 2-3 menitan, lalu ambil stroopwafelnya. Potong sehingga karamelnya terlihat masih lengket. Hmmm wanginya!

Ini stroopwafel udah kepotong baru difoto, jadi ga kelihatan efek lengket karamelnya :D

Habis dipotong terus diapain lagi? Ya dimakan, dong! Silakan nikmati stroopwafel lembut dengan sensasi karamel yang manis dan dipadu dengan wangi room butter dan kayu manis. Ah... Saya jadi kepengen nyeduh teh, nih, jadinya :D Kalau udah makanin satu, bakalan ketagihan, deh! Tapi, sayang, minuman kita pastinya udah adem, jadi untuk ngelembutin si stroopwafelnya lagi ngga akan maksimal.

Nah, pengalaman saya, kemarin menikmati stroowafelnya dengan kopi. Tentu aja setelah 1 keping habis ngga bisa dipake lagi kopinya karena udah keburu adem. Jadi, menurut saya, lebih enak temennya itu teh. Kita seduh teh di teko kecil aja. Misal teh di cangkir udah adem sementara masih mau nambah stroopwafel lagi, tinggal habisin sisa teh di cangkir lalu tuang lagi teh yang baru dan letakkan lagi 1 keping stroopwafel di atasnya. Selamat menikmati! ^^


Oh ya, bagi yang penasaran sama stroopwafel, atau mungkin kangen, saya baru saja tau ternyata di Bandung ada, lho! Bisa pesan juga dari Jakarta atau dari kota lainnya. Karena stroopwafel ini bisa bertahan sampai 3 bulan, jadi ngga ada masalah kalau kita berada di Sulawesi sekali pun dan ingin memesannya. Silakan cari sendiri aja ya di mbah gugel, kalau saya dibayar, sih, mau-mau aja ngasih linknya di sini, hihihi.

19 comments :

  1. Replies
    1. samaaaa.. saya jadi nagih, nih! padahal udah abis :(

      Delete
  2. Mauuu kiirim ke Cianjur ya satu truk kalo bisa!! hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah siaaaap! nanti saya buka toko stroopwafel aja yah, sekalian pabriknya :D
      aamiin

      Delete
  3. hemmm,...ngiler jg nih mak. kebayang manis2nya gitu deh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah dibayangin aja, mak. ayo beliiii peseeen :p

      Delete
  4. Replies
    1. angan nangis, ya, mak. nih, tak kasih satu :*

      Delete
  5. mbak klo kita sudu dgn air aja boleh ga atau di panggang

    ReplyDelete
  6. Wadduh keliatannya makyuuus gitu,ya mbak? Abis blom pernah nyoba maem tuuh snack. Slm kenal ya,mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mba, maknyus, hehe. cobain aja mba, beli di bandung :p
      sma2, mba, salam kenal juga :)

      Delete
  7. di bandungnya di mana is...kayaknya enak tuh buat temen minum kopi....:)

    ReplyDelete
  8. glek... rasa penasarannya makin menjadi ternyata. Cari ah... (*eh, bikin gemuk gak ya? xixixi)

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^