Jeprat-jepret di Pasar

11.08.2013

Akhirnya, saya sempat lagi nulis tentang Suly di blog ini. Padahal awal mulai nulis lagi ya karena untuk mengabadikan Suly. Tentang musimnya, kotanya, masyarakatnya, pasarnya, dll.

Kalo ke pasar, pengen banget motret aktivitas mereka (orang lokal). Dulu, waktu belum punya DSLR, rasanya kurang "dapet" aja gitu momennya kalo motret pake kamera HP. Nah, sekarang, giliran udah punya, malah malu! Eh, pada malu nggak sih kalo masih belajar motret nenten-nenteng DSLR ke mana-mana? Saya sih, malu. Malu, gak enak. Dikira udah profesional, padahal juga baru kenal.


Udah beberapa kali saya ke pasar bawa DSLR. Yang pertama, pake lensa fix 50mm. Saya pikir susah jadi motretnya, soalnya nggak bisa ambil dari jarak jauh. Misal pengen motret yang objeknya di seberang jalan, susah, kan?

Kedua kali, bawa yang lensa 18-135mm akhirnya. Ealah, tetap aja. Yang namanya belom jago mah nggak dapet aja gitu momennya. Apalagi waktu itu crowded banget. Nggak biasa-biasanya rame. Saya jadi cuma nyangklongin kamera aja, motret cuma 4-5 kali jepretan doang. Nggak bisa fokus, pula! -___-

Setelah itu saya jadi males bawa kamera lagi. Soalnya nggak ada kesempatan buat motret. Belum lagi anak-anak yang kemana-mana jalannya. Nggak bisa diam. Suami saya jadi bete, deh. Kalau udah gini, motretnya jadi nggak enak, kan? Motret itu pakai hati. Pakai kamera juga ya tapinya. :p

Nah, kemarin pas libur Tahun Baru Hijriyah, saya ke pasar bawa kamera lagi. Nekat. Karena masih penasaran, gimana sih biar bisa motret yang "jadi" di pasar? Sesekali saya minta berhenti sebentar sama suami karena mau motret, lalu jalan lagi.

Yah, meski udah berhenti juga tetap aja, saya masih belum "gape" motret. Saya jadi pasrah, motret sebisanya aja. Inilah beberapa hasil jepretan saya. Maklum, masih belajar, jadi kurang dapet feel-nya. Udah ah, kepanjangan intro-nya, pembaca bosen entar. :D


Para penyemir sepatu duduk berjajar di lapaknya masing-masing

Pengunjung pasar super rapih.
Kalo di Indonesia ini dikira mau kondangan. :D

Pedagangnya juga nggak kalah rapih. Tuh, kan? Pake kemeja, jas, sepatu.


Lagi enak-enak nyari fokus, eeh dua cowok ini senyam-senyum depan kamera! Minta difoto rupanya! :D
Abis itu gantian, anak kecil ini minta difoto jugak! :D

Beberapa toko emas yg saya "dapet".
Lihat, deh, emas yg gede panjang2, itu untuk ditaro di pinggang. :)

Ini dia! Baju tradisional pria Kurdistan! Orang sini bangga pakai baju ini ke mana-mana.
Ke pasar, jalan-jalan ke mall, sampai buat sholat Ied atau Jum'atan pun pakai ini.

Kayaknya cowok semua ya isi pasarnya? Hahaha! Iya, di sini emang banyak banget cowok yang beraktivitas di tempat umum. Dari pedagang sampai pembeli atau cuma sekadar lihat-lihat aja. Saya juga belum tahu kenapa yang ibu-ibunya nggak ada yang jualan. Nanti, deh, saya telusuri lebih lanjut lagi.

Segitu aja dulu jepretan dari saya. Next time mau coba hunting sendiri nggak bawa anak, ah. Semoga diijinin sma suami. :))))

35 comments :

  1. Suly itu di Aarab mana Mak?, btw tukang semirna ada yang berwajah artis ya? ngelirik lagi :) Mereka ngga ngijinin perempuan ke pasar karena dalam budaya Arab, wanita ibarat mutiara yg harus dijaga. Jadi suamilah yang keluar rumah untuk membeli dan menjual semua keperluan sehari-hari. Asyik kan? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suly di Kurdistan, Mak. Irak.
      Makasih udah mampir. :))))

      Delete
  2. hihihi,,seru juga,iyha ya...g nemu cewek disini hehehe...kalo foto keren,palge pake kamera idaman saya *dslr*,lebih asik g usah di gabung mbk *nggak puas rasanya mentelengin foto dengan hasil bagus kecil2 xixixixi....
    ditunggu hasil jepretanya yg lain ya mbk,aku penikmat fotografi soalnya...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak Hanna!
      sejujurnya, aku masih malu dengan hasil jepretan ini, jadinya aku gabung2in dengan teman2nya. hihihi
      makasih sarannya, mak. next time fotonya sendiri2,deh. :))))

      Delete
  3. Ditunggu hasil jepretannya. Bener lebih seru gak digabung lebih dapet feelnya. *gaya padahal gak bisa motret*
    Suamiku tu beberapa kali subuh2 ke pasar bareng temen2nya untuk motret. Eh ternyata kadang mereka merasa gak enak juga motret2 di pasar. Padahal udah rame2 berangkatnya. Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihih makasih yaaa...
      iya, next time mau yg sendiri2 aj fotonya. ini masih malu,,, huhuhuh

      Delete
  4. Yaaaa... aku pake hape nih gak bisa liat emasnyaaa... pingin tau

    ReplyDelete
  5. Ke pasar aja keren Bener kostumnya.. Tadinya aku berharap ada suasana rame pasar mbak, lengkap dgn barang dagangannya... Tapi fto2 nya keren ko mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihih. iya, orang asingnya kalah rapih. :D
      makasih mak udah mampir. :)
      ditunggu ya mak, aku juga belum motret serius2 banget, nih. baru belajar motret "human". :))))

      Delete
  6. kalo saya kepasar pake kemeja+ jas+ sepatu , ,
    apa kata dunia,,ahahaha . . .

    mampir diblog q ya mbak , , ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya nggak apa2 sih paling diledekin doang. :p
      makasih udah mampir ya :))))

      Delete
  7. waaw.. serunyaa. pengen juga jadinya jalan jalan kesana :)

    ReplyDelete
  8. wah kalau mahasiswa jainangor kesana gembelita banget ya mba, secara ke jatos aja pake baju tidur wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahhahah iya banget, gitaaaaa.. aku aja kadang ke pasar pake baju seadanya. kaos sama jins. udah. eh kalah rapihnya dong sama tkw2 yg pergi bareng aku. mereka mah pada pake blus, celana bahan, sepatu pantofel, ples kacamata hitam! -____-
      ini berasa aku yg jadi pembantu jalan sama mereka. :D :D

      Delete
  9. kalau saya yang motret malah lebih engga fokus, wadeuhhh kagak bakalan beres seharian di pasar, trus aja keliling ampe mata kelilipan secara banyak yang ganteng hehehe apalagi rapi berjas gitu, wuihh itu emasnya bikin mata tambah kelilipan makkk!! :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwkwkwk aku udah biasa mak, jadinya tahan mata :D :D

      Delete
  10. Liat fotonya berasa ikutan jalan-jalan ke pasar yak :D

    Ih, saya pengen punya kamera seperti itu mbak, tapi blon kesampean (mahaaaaal) jadi sampe skrg masih minjem doang, meskipun resolusinya tinggi yah tetep kamera henpon, beda emang :D

    ReplyDelete
  11. Ya udah mak, kalau sekiranya kurang semangat ama kameranya, buat aku aja haghaghag.... Eh, nggak serem ya didatengin orang Arab senyum2 gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaakkkkkk semangat banget, mak! tapi akunya malu :p
      enggak kok, aku lebih seneng mereka begitu, terbuka. terang2an minta difoto. daripada aku foto candid tapi mereka nyadar lagi difoto jadinya kan serem pandangan matanya itu. -___-

      Delete
  12. hihihi aku jd ketawa2 gak jelas nih jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aihmakjaaang! kenapa pula si emak ini ketawa2 :p

      Delete
  13. ikutan mbak Hana jg nih sepertinya :D
    beneran pd kmn ibu2nya niiih? xixixi disini byk yg dasteran dipasar ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkkwkw di sini gak bakalan nemu ibu2 atau cewe yg bajunya biasa2 aja kecuali pengemis, mak. :D

      Delete
  14. makasih mak...foto-fotonya cukup 'bercerita' ...menambah wawasan deh...kapan ya saya sampai juga ke kurdistan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, makasih banyak mak. saya masih belum pede nih naro fotonya, makanya ta' gabung2. :D

      Delete
  15. waaah seruuu ya mak,,,,aku paling suka street hunting :D hehehe...pasar is one of my fave spots :D...Aku belum pernah ke Asia Timur Jauh nih...moga2 kesampaian :D>.cheers...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin aamiin. ke kurdistan ya mak! banyak yg bisa difoto di sini. ayo ajarin aku! ;))))

      Delete
  16. selalu asik ya mak..jalan-jalan ke pasar buat emak-emak kayak kita :D apalagi pasar di luar negeri.. unik. ayo mak, hunting foto lagi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih benerrrr banget! apalagi ke pasarnya bareng temen yg ibu2 jg, ga sama suami n anak ya. hahahhaha bisa2 pasar dari ujung ke ujung dijabanin deh :D

      Delete
  17. Weleh" , orang luar ke pasar aja pakaiannya rapi sekali ya mbak hehehe

    ReplyDelete
  18. Rapih rapih ya mak. Pakaiannya.... btw kalau saya pas ketemu sama emak. Mau dong difoto juga... peaceee heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, rapih2 banget. :))
      wah, mau mau sini saya fotoin! ^_^

      Delete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^