#TriptoDubai Day 2: Sheikh Zayed Grand Mosque (Abu Dhabi)

7.04.2014

Hohoho sampe juga kita di #TriptoDubai hari kedua. Buat yang mau baca hari pertamanya, silakan mampir ke sini. Yes, seperti judulnya, saya ke Abu Dhabi. Ke manaaaaa?


Sheikh Zayed Grand Mosque. Masjid yang terkenal cantik luar-dalam ini bener-bener bikin semua orang yang berkunjung takjub. Nggak cuma yang muslim aja lho yang ke sini! Yang non muslim pun, buanyaaak! Banyak sekali.
Ada yang unik dari peraturan masjid ini. Emm sebenernya sih nggak unik, ya. Tapi karena ini tempat ibadah, tempat yang suci, namun yang non muslim boleh masuk, jadi mereka mewajibkan pengunjung mengenakan pakaian yang sopan, alias menutup aurat.


Terus gimana buat yang non muslim? Kan nggak mungkin mereka datang ke sini pakai jilbab, ya? Tenang, pihak masjid udah menyediakan abaya untuk para pengunjung. Psst, bahkan kabarnya, waktu Rihanna berkunjung ke sini pun pakai abaya, lho!






Nggak puas-puas deh liat masjid ini. Kalau nggak panas aja, betah banget deh. Betah poto-poto, maksudnya. Hahahaha. Masuk ke pelatarannya, foto-foto sebentar. Lalu ke toilet dan tempat wudhu. Toilet wanita dan prianya terpisah jauh. Ujung ke ujung. Lumayan mengeluarkan effort (halah) karena saya waktu itu masih pakai boots. :D


Toilet cewek itu ada di ujung lobi ini. Lurus ke depan ngikutin jalan ini, ketemu eskalator ke bawah, ke toliet.

Tempat wudhu cewek.
Shaki langsung ikutan saya duduk di tempat wudhu terus nyalain keran. Mau wudhu juga, katanya. :')
Ini tempat wudhu yang cowoknya.

Kebetulan waktu saya ke sini, masjid utamanya dibuka untuk umum. Maksudnya, bukan waktu sholat wajib, jadinya orang boleh masuk untuk melihat-lihat dalamnya. Sayangnya, saya lagi buru-buru mau sholat, jadi saya masuk ke masjid utama ini cuma sekadarnya aja motonya. Untuk sholat harus di masjid sebelahnya, kalau bukan waktu sholat wajib.


Pintu masuk masjid utama, yang sebelah kiri. Yang sebelah kanannya itu pintu keluar.
Alas kaki harus dilepas dan boleh diletakkan di rak-rak coklat ini. Nggak akan ada yang nyolong sebagus apapun sepatu kamu. :)














Kabarnya, masjid ini diklaim memiliki karpet terbesar dan lampu termahal. Sayaaaang banget, saya nggak sempat motoin lampunya. Saya cuma motoin lampu yang ada di pintu masuk masjid utamanya aja.

Masuk masjid utama, disuguhi pemandangan cantik ini di temboknya.
Ini lampu yang sempat saya potoin. Ini aja udah bagus begini ya. :)

Dipagari, karena bukan waktu sholat wajib, jadi waktu bebas untuk berkunjung. Non muslim boleh masuk.


Atapnya aja begini cakepnya cobak. Betah ya?

Setelah kelilingin masjid utamanya, saya langsung menuju ruangan sebelahnya untuk sholat. Oh ya, tuangan sholatnya ini cowok sama ceweknya dipisah, ya. Cewek di sebelah kanan, cowok di sebelah kiri. Ruangan sholat ini terhalang masjid utama yang sya masukin tadi. Dan, lagi-lagi, saya takjub. Pintu masjidnya bergeser sendiri, kayak di mall-mall. Hahaha, norak abeeees deh gue! :D


Selesai sholat masih nyempatin foto sebentar. Hehe.
Ini tempat sholat ruangan cowoknya. Suami saya tentunya yang motoin, ya. Hehehe.

Siang makin panas, kami harus segera mungkin beranjak dari tempat teduh ini. Tujuan lain masih menanti, masih harus makan siang lalu ke Ferrari World. Entah sampai jam berapa di Ferrari World-nya, itu aja jam setengah dua masih kecarian teman suami yang sempat mencar di masjid. Mana hape suami habis baterainya, powerbank ketinggalam di dalam mobil. Jadilah ada acara tunggu-tungguan. :D

Ketika pulang, masih melewati masjid lagi, jadi wajib rasanya motoin lagi dari jauh, untuk keseluruhannya. Suami yang motoin pakai kamera gede, saya mah cukup pakai hp sendiri aja. :)

Masih takjub lihat foto ini. Percaya atau enggak, ini saya foto pakai kamera hape sajah. Samsung Galaxy S4. :)

Kalau masih ada yang penasaran sama penampakan masjidnya, bisa langsung ke webnya aja di http://www.szgmc.ae/en/. Kamu bisa liat foto 3D-nya di sana. Bikin nyeeesss deh. :')

24 comments :

  1. subhanallah .... cantik niaaann masjidnya mak

    ReplyDelete
  2. subhanallah baguuusss bangett... pengen deh ada disana juga mak :)
    tfs maak.. #masukinwishlist

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus masukin, Winda, kalau kamu niat ke Dubai. :)))

      Delete
  3. tempat wudhunya aja bangus gitu ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, ngiriiii deh. pengin ada mesjid begini di indo :))

      Delete
    2. tempat wudunya ada di Indo mak, di Kabupaten Pekalongan, masjid di alun2 Kajen..
      cuma kecil lingkarannya

      Delete
  4. ini sih lebih kayak istana...bagus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget. kayak istana. :))
      Makasih udah mampir ya, :)

      Delete
  5. Wahh ... gak jadi baca postingan, terlena melihat indahnya Masjid. Suhanallah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa, emang cuma mau masukin poto2nya aja kok :)

      Delete
    2. Juga tergoda oleh cantik dan ceriahnya wajah pemilik blog ini yang lagi in action ..upsss maaf - salah ya :)

      Delete
  6. ya Allah, cantik banget mesjidnya :)

    ReplyDelete
  7. subhanallah, bagus banget..gm buatnya ituh ya...

    ReplyDelete
  8. berkunjung kemari sambil menyimak, selamat menunaikan ibadah puasa, salam. ditunggu kunjungan baliknya ya ^_^

    ReplyDelete
  9. benar-benar masjid yang cantiiik...subhanallah bagusnyaaa....luar biasa:). Great photos as well mak ...lucky you...

    ReplyDelete
  10. Datang berkunjung sambil menyimak, minal aidin walfaidin ya bu mhn maaf lahir batin, ditunggu kunbalnya

    ReplyDelete
  11. tempat wudhunya hampir imirip sama masjid agung kabupaten pekalongan, cuma lingkarannya kecil.

    mungkin designnya niru dari masjid itu kali ya mak

    kereen fotonya, subhanallah.. bersiiihhh

    ReplyDelete
  12. Subhanallah... masjidnya bagus banget. Pantes pada penasaran ya mak

    ReplyDelete
  13. subhanallah menakjubkan sekali bu bangunannya

    ReplyDelete
  14. Wooowww... benar2 cantik Masjidnya, indah banget

    ReplyDelete
  15. Subhanallah.. Mak, kereeen bingit ^_^

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^