Finding Islam, Antologi dari 7 Blogger/Traveler

9.26.2014




Alhamdulillah, di tahun ini saya bisa 'melahirkan' lagi. Tapi kelahiran kali ini tentu aja berbeda, karena bukan melahirkan sendiri, tapi dibantu oleh yang berpengalaman. Yup, saya ikut dalam antologi buku Finding Islam, yang diterbitkan oleh Qultummedia. Tenang aja, meski tampak 'berat', tapi sebenarnya isi buku ini ringan, kok. Gaya bahasa yang dipakai santai, dan bisa dibaca oleh semua kalangan dari agama apapun.

 Dua dari tujuh blogger/traveller yang ikut dalam antologi ini udah saya kenal. Ehem, sebenarnya satu, sih, soalnya satunya lagi kenal hasil kepo setelah tau beliau juga ikutan dalam antologi ini. Mereka adalah Mak Nurul Noe, dan satunya lagi Mbak Olenka. And you know what? Selain itu, ada beberapa blogger kece lainnya juga, yang blog-nya udah ngga usah diragukan lagi ke-travel-annya. Aaaak gimana nggak degdegser cobak bisa sebuku sama mereka?

Bukan perjuangan yang mudah menulis untuk antologi ini. Karena sesungguhnya saya ini masih anak bawang dalam urusan traveling, huhuhu. Mumet, mumet deh! Banyak ketakutan yang hinggap, sampai kebawa mimpi dan pas sholat.

Bahkan sampai sekarang pun saya masih harap-harap cemas, semoga tulisan saya itu nggak mengecewakan pembaca. Semoga tulisan saya itu nggak bikin jelek bukunya *tutupmuka*. Gini, ya, rasanya, nerbitin buku?


***

Buku ini adalah kumpulan catatan perjalanan 7 penulis yang pernah berkunjung atau menetap di beberapa tempat di dunia. Negara-negara yang menjadi setting cerita mereka antara lain.

Spanyol (http://jilbabtraveler02.wordpress.com/), Belanda (http://www.tesyasblog.com/), Portugal (http://bhellabhello.wordpress.com/), India (http://backpackology.me/welcome/), Thailand (http://travelawan.com/), Iraq (http://www.istiadzah.com/), dan Indonesia (http://www.nurulnoe.com/). Catatan perjalanan para penulis di website/blog mereka cukup banyak digemari visitor, terlihat dari banyaknya visitor yang memberi komentar atau men-share-nya di Facebook atau Twitter.

Dalam antologi ini, para penulis tidak hanya menceritakan pengalaman traveling di kota-kota yang menjadi tujuan mereka saja, tapi juga pelajaran yang mereka dapatkan di sana. Di Spanyol, Indah menemukan sisa-sisa kejayaan umat islam saat berkuasa di wilayah itu. Di Belanda, Tesya mati-matian berpuasa selama 20 jam karena waktu siang hari yang lebih lama dibandingkan di Indonesia. Di portugal, Nabila harus berkali-kali memberi penjelasan kepada teman-teman dan tetangga apartemennya bahwa Islam tidak mengajarkan terorisme.

Olenka yang melancong ke India (saat sedang hamil) merasakan keharuan saat shalat di masjid yang terletak di komplek Taj Mahal, yang meski ribuan orang berkunjung ke peninggalan sejarah umat Islam itu setiap harinya tapi hanya dia dan suaminya yang menjadi makmum di masjid tersebut. Di Iraq, Isti merasakan pengalaman yang jauh berbeda dari apa yang sering orang lihat di berita: perang, teror, dan bentuk-bentuk kekerasan yang lain.

Di Thailand, Kurniawan melihat bahwa meski mayoritas penduduknya beragama budha, restoran halal dan masjid tidak sulit ditemukan. Yang menarik, salah satu masjid yang cukup terkenal di Bangkok punya kaitan erat dengan masyarakat jawa. Sementara itu di Maros, Sulawesi Selatan, Nurul berkenalan dengan sejumlah ulama yang menjaga kelestarian tradisi masyarakat yang sarat dengan nilai-nilai Islam. 

Spesifikasi buku:

  • Ukuran: 14x21 cm
  • Jumlah halaman: 232
  • Bahan cover: AC 230 gr (laminating doft, spot UV, embossed) 
  • Bahan isi: Bookpaper 57,5 gr (222 bw, 20 fc)
  • Harga: Rp53.000,00
***

Buat teman-temin yang pengin adopsi bukunya, kabar baik, buku ini udah selesai cetak pada 23 September kemarin. Dan saat ini udah masuk toko buku, tinggal tunggu di-display aja. Byuh, makin deg-degan saya!

16 comments :

  1. sukses buku nya ... semoga setelah ini ada buku-buku berikutnya.

    ih tau gitu aku ikutan kirim cerita sebagian perjalanan ke china yah *sok banget, padahal bukan penulis* hahaha

    ReplyDelete
  2. Aku sangat menyukai buku yang berisi tentang catatan perjalanan... Kayaknya buku Finding Islam lebih menarik lagi buat dibaca... Karena selain memuat kisah perjalanan sahabat2 blogger juga menceritakan berbagai pengalaman menemukan Islam di benua lain... Pastinya sangat istimewa kisahnya karena ditulis oleh 7 orang penulis yang berbeda baik dari style narasi maupun gaya bahasanya... Buku ini kayaknya bakal menjadi buku koleksi selanjutnya... Makasih ya Makk sudah berbagi info mengenai buku ini...

    ReplyDelete
  3. Bakalan jadi wishlist deh buku ini :)

    ReplyDelete
  4. Selamat mak...mabruk! semoga laris manis...*masuk list juga nih...moga masih bisa dapat :-)

    ReplyDelete
  5. Waaah, lagi hamil teteup melancong, ya. Pengalamannya keren2. :)

    Syelamat untuk buku barunya ya, MakSully.

    ReplyDelete
  6. aahhh... kamu keren sekali makkk.. selamat yaa..

    ReplyDelete
  7. Asyeekkk.. ;) congratulation yaa.. hihi

    ReplyDelete
  8. Selamat ya maaakk.. ditunggu buku solonya :*

    ReplyDelete
  9. Ditunggu GA buku ini ya mak Isti. *bahasa lain buat dapet buku gratisan :D

    ReplyDelete
  10. Selamat ya maaak... Semoga bukunya segera beredar sampai ke aceh

    ReplyDelete
  11. datang berkunjung kemari, salam perkenalan ya bu :)

    ReplyDelete
  12. Selamat atas bukunya Mak ...
    Ini sebuah buku yang unik ... mengolah sebuah topik yang biasa dari sudut yang berbeda ...
    Dan tidak setiap orang bisa ... !

    Sukses selalu

    Salam saya Mak
    (23/10 : 11)

    ReplyDelete
  13. selamat ya mak... ikut senang deh bacanya. kapan ya saya punya buku juga? :)

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^