STOK MAKANAN YANG HARUS DIBAWA KE SULY

1.27.2015

blanja

“Mbak Isti, mungkin bisa kasih info makanan apa yang nggak ada di sana? Atau apa aja yang harus saya bawa dari Indonesia?”

Kurang lebih begitu kalimatnya setiap ada yang mau berangkat ke Suly dan kebetulan ketemu blog saya. Dengan senang hati, saya akan menjawab: sambal dan kecap. Itu nomor satu. Hahaha!

Bukannya apa-apa, di Suly ini, orang-orangnya nggak ada yang suka pedas. Otomatis, di pasar pun jaraaaang banget ada cabai merah, paling-paling cabai ijo doang. Sambal botol, banyak. Tapi sambal yang rasanya manis-asin, bukan manis-pedas, meski tulisan di label-nya “hot”.

Apalagi kecap! Dulu, waktu saya baru pindah ke sini tiga tahun lalu, masih ada tuh kecap asin dari Indonesia, tapi yang manis sama sekali nggak ada. Lah sekarang-sekarang malah nggak nemu lagi tuh kecap asinnya! Sebagai penggemar nasi goreng, kecap itu wajib hukumnya. Jadi, daripada runyam rasa masakan, lebih baik kita bawa stok kecap yang kemasan refill gede. Hohoho.

Maka itu, saya harus sedia payung sebelum hujan.

Stok ini sudah menipis, biasanya bejibun bumbu muniknya. :D

Lebihnya, bisa ditambahi mi goreng instan, bumbu-bumbu instan, juga jajanan. Fyi, mi goreng instan di sini nggak ada, adanya yang rebus semua, itu pun cuma rasa-rasa dasar aja macam kari, ayam bawang, sama ayam. Dan, khusus yang mau pindah ke Suly, kalau senang masak, bumbu dapur harus dibawa, macam kapulaga, pekak, jinten, pala, juga laos, sereh, kunyit, cabai kering.

Karena yang pindah ke sini biasanya adalah yang mau bekerja, bapak-bapak lah ya, jadi lebih praktis membawa bumbu-bumbu instan. Bumbu instan pun beraneka ragam merek. Cukup bawa sesuai selera aja.

Makanan Basah, Bisa?

Fyi, lama perjalanan Jakarta-Sulaymaniyah itu kurang lebih 24 jam, udah termasuk lama transitnya. Jadi, masih sangat mungkin sekali untuk membawa makanan basah seperti bakso, otak-otak, pempek, siomay, dll.

Setiap kali mudik, saya selalu menyetok makanan kering juga basah untuk dibawa balik ke Suly. Biasanya, kalau waktu mudiknya lama, saya belanja sendiri ke supermarket, sekalian cuci-cuci mata. Tapi, seperti biasa juga, kalau udah jalan-jalan ke supermarket itu bisa-bisa kebeli semua yang dilihat. Hahaha. Iya, kan? :D

Jadi, alternatifnya adalah, saya belanja online. Sekarang banyak banget brand-brand yang menjual dagangannya via online. Selain memperluas pasar, pastinya juga memudahkan pelanggan yang jauh dari jangkauan.

blanja

Saya ini suka banget sama yang namanya sambal. Saya kenal sambal Bu Rudy itu sejak empat tahun yang lalu, sampai sekarang. Nggak heran, kalau tiap pulang saya selalu menyetok sambal ini. Bisa disimpan dalam kulkas dulu, lalu hangatkan kalau mau dipakai secukupnya.

Juga bandeng presto. Kalau dulu saya belinya di supermarket, sekalian belanja untuk stok lainnya, sekarang saya bisa via online aja. Kenapa? Soalnya, saya nggak bisa mudik dalam waktu dekat, jadi saya harus beli online sendiri dari Suly, supaya bisa dikirimkan ke alamat rumah.

Aaah, betapa teknologi saat ini sangat memudahkan saya. Lucky me! 

Waktu saya lihat di situs http://www.blanja.com, makanan-makanan itu ada semua! Tambah lagi, ada Keripik Balado Christine Hakim yang pedesnya masyaAlloh! Juga Gudeg Bu Tjitro. Hihihi. Kemasannya kaleng, udah siap santap. Tinggal buka, taro di piring. Biasanya sih saya angetin dulu di microwave sebentar. Udah, deh, santap sama nasi hangat. Yummy!

Anyway, posting-an saya kali ini kok isinya makanan semua, ya? Hahaha. Itulah, yang saya lakukan, kalau mudik. Yang pertama kali dipikirkan itu stok apa yang perlu dibeli di Indonesia dan kira-kira nggak akan basi di perjalanan? Kalau udah begini, jatah bagasi 30 kg bisa penuh sama makanan doang. :D

Maklumlah ya, Suly itu jauh, temans! Jadwal pulangnya juga jarang-jarang. Sementara saya suka banget jajan tapi di Suly nggak banyak yang jualan jajanan yang cocok. Jadi kalau kangen masih bisa diobati sedikit lewat makanan yang dibekukan.

blanja

Bahagia itu sederhana.

39 comments :

  1. Setujuuuu kalo keluar negeri itu emang kudu kecap sama saos sambel dibawa krn paling enak punya indonesia..
    eh ada bu rudi ya?? Mau beli juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget! Hihihi. Nggak bisa pish dari sambel. Indonesia banget, ya. Ada banget sambel bu rudy di blanja.com, Mas. :))

      Delete
    2. Ini apaan? Ada Papih mampir ke Blog emak2. Hahaha

      Delete
    3. Hahaha. Biarin aja, Idah. Biar blogku bisa eksis. Eh, salah, ya. Biar si papih bisa eksis. :D

      Delete
  2. Indonesia emang ngga ada matinye soal makanan, klo lg jln ke luar jg aku paling kangen sm makanan Indonesia. Haha... Asik jg klo traveling bawa sambel bu rudy dan rendang atau gudeg kalengan kali yaah

    ReplyDelete
  3. wak,g ada cabe disuly ternyata. belumpernah nih ngeraain sambelnya bu rudi,mupeng ^^

    ReplyDelete
  4. Sudah menjadi rahasia umum jika lama pergi ato stay di luar negeri mesti bawa seabrreg ransum seperti saos, lombok cocol, en kecap madein Indonesia. Hiduuup Indonesia :)

    ReplyDelete
  5. Tu bagasi apa ga overload mak? Emang kl keluar negeri tu persediaan makanan hrs terjamin yak..wehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jatahnya per orang dapet 30kg mak, jadi bagi2 deh, kan berangkatnya sama anak2, hihihi. Iya, Mak. Sebenernya makanan sini juga gapapa sih, tapi kan ada kalanya kita kangeeeeen banget sama makanan indo. Nah di saat2 seperti itulah persediaan stok ini menyelamatkan. :)))

      Delete
  6. Waaa stock makanan....aku juga paling demen nyetok makanan Mak Isti. Di online skrg gampang y

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kaaan yang sama2 di Indo aja suka nyetok, apalagi aku? hahhaha

      Delete
  7. Jadi pengen nyobain sambel bu rudi jg nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain, maaak! tapi kalo ga doyan pedes mah jangan. ;))

      Delete
  8. waaa... mudik! hampir sama isi koper kita Maak. hahaha. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakkakakak. tapi di jepang mah masih ada tempe sama tahu ya? huhuhuh kalo aku kudu pinter2 nih biar tempenya ga basi. :)

      Delete
  9. Huahahaha, kebayang itu bagasi penuh makanan yaa. Biasa utk stock brapa tahun? ;) hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahha setengah tahun aja udah kebanyakan, mak. :D

      Delete
  10. Pengen gudegnya dong mak Sul :D
    Tp emang gitu sih ya, nyetok makanan tanah air..hehe

    ReplyDelete
  11. orang Indonesia emang ya .. sambel nomer wahid pokoknya ..
    jadi kangen sambelnya bu rudi euy ...

    ReplyDelete
  12. Kitaaah samaan, Kak. Suka sambeeel. Hanya saja, untuk kecap nyong belum suka banget. :D

    ReplyDelete
  13. wah mantablah ya, kebayang bawaanya pas balik kesana lagi ...

    ReplyDelete
  14. Bagi pecinta pedas, sambal tetep nomor satu. Jadinya klo pas mudik, Mak Isti belanja bumbu-bumbu buat dibawa ke Suly ya, banyak bener. O ya jangan lupa bakso kemasan, klo si Shaki pengin bakso tinggal buat kuahnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahhaha iya maaak. Bakso selalu beliiii. tapi kemaren itu lagi keabisan stok, wkwkkwkw

      Delete
  15. wow bekel bumbunya...asyik bener :D
    jadi inget waktu tinggal di pedalaman dulu, pas mudik or ke kota ya borong bumbu masak deh ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha nah kaaan kalau tinggal jauh dari kota itu emang nggak enak ya? :D

      Delete
  16. baru baca langsung ngakak lagi hehehe. Tadi baca komen mak isti di postingan Mak echa ternyata bener yang diliat cuma makanan bukan parfume :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkekkekekeke ah MakLid ini... kan aku jadi malu. :D

      Delete
  17. Widiiwww...Bu Citro sampe ke Suly euuyy....
    Oya mak, di Suly ada onde2 nggak? *plaaakk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohohoho iya dong, Maaaak. ;)
      Onde2 ada doong, kalo bikin sendiri :p

      Delete
  18. temen-temenku kalo bistrip ke korea koper mesti penuh sama mi instan, sambel botol, dan kecap kalo pas berangkat. malah pernah ada yg minta dikirim ulang karena kehabisan.. makanan indo emang uda melekat di lidah ya mbak..

    ReplyDelete
  19. hihiiii...toss dulu ama aku..walaupun kadang di sini ada, tapi yang dibawa dari tanah air laiiin lhooo rasanya :)

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^