Curhatan Rasa Lidah Indonesia

4.27.2015



"Mam, di sini nggak ada bumbu-bumbu Indonesia. Nanti bawa, ya!"

Begitulah pesan suami saya ketika ia tiba lebih dulu di Kurdistan, Irak bagian utara. Di sini, nggak banyak WNI yang menetap. Maka itu, bumbu dan rempah khas Indonesia nggak akan bisa ditemui kecuali membawa sendiri. Karena saya belum mahir memasak, jadilah isi koper kami waktu itu penuh dengan bumbu masakan instan khas Indonesia.

Masalah terpecahkan? Tadinya, sih, iya. Tapi lama-lama bumbu instan itu kurang sedap rasanya. Tambah lagi suami saya itu lidahnya Indonesia banget. Nggak suka sama rasa-rasa yang aneh. Kalau saya masakin, sih, dimakanin, tapi nggak banyak. Alias cuma buat menghargai aja. Hahaha.

Akhirnya saya belajar masak pelan-pelan. Bumbu instan yang biasa saya bawa, saya ganti dengan rempah-rempah macam serai, temu kunci, kemiri, daun salam, daun jeruk, pekak, kapulaga, dan cengkeh. Khusus untuk biji pala dan ketumbar, karena lebih mudah dipakai dalam bentuk bubuk, saya selalu mengandalkan biji pala dan ketumbar bubuk dari Koepoe-Koepoe. Rasa dan wanginya khas banget. Apalagi yang biji pala, harum dan hangat.

Segini banyak bumbu bubuk, nggak ada yang biji pala dan ketumbar, dong. :D

Konon, Koepoe-Koepoe ini sudah ada sejak 1942. Berarti umurnya jauh lebih tua dari saya! Bahkan lebih tua dari orang tua saya! Artinya, Koepoe-Koepoe adalah brand terpercaya yang terbukti keeksistensiannya masih ada sampai sekarang. Artinya lagi, banyak dong masyarakat Indonesia yang pakai produk dari Koepoe-Koepoe!

Oh ya, ada lagi yang nggak bisa saya dapatin di Kurdistan, terutama di tempat tinggal saya. Soda kue, dan SP. Saya suka bingung sama kedua bahan itu. Setiap saya contek resep kue, rata-rata bahan itu dipakai, dan saya nggak ngerti di tempat saya ini apa namanya. Soalnya semuanya pakai bahasa Kurdi atau Arab. Nggak ada tulisan Inggrisnya. Satu-satunya yang saya ngerti cuma tulisan mereknya doang. LOL. Jadi daripada susah-susah, mendingan saya bawa aja kan dari Indonesia? Demi kelancaran kegiatan memasak dan jadi ISIS (istri sholehah idaman suami). :D

Nah, demi melancarkan gelar isis itu, saya mau kasih surprise ceritanya buat suami dan anak-anak. Suami saya paling demen sama martabak telur. Di Kurdistan, mana ada yang jual? Boro-boro jual, kulit lumpianya aja, selama saya tinggal tiga tahun di sini, baru nemu kemarin! Hahaha! Makanya saya mau bikin martabak telurnya, kebetulan juga saya punya resepnya dari buku yang saya bawa ke sini. 

Rebutan minta mecahin telur, dong! Hahaha.

Lihat, tuh, kelakuan anak cewek. :D


Yaah, udah, deh. Akhirnya nggak jadi surprise! Hihihi.

Semenjak saya mulai sibuk di dapur, anak-anak jadi pada suka bantuin. Mereka sendiri, lho, yang minta ikut masak. Sumpah, saya mah nggak pernah maksa-maksa. Percaya, nggak? Percaya, kan? Iya, kan? Kan?!

Selesai sudah acara mengacak-acak mengaduk-aduk masakan, saya langsung isi ke dalam lembaran kulit lumpia. Selagi mereka berangkat Jum'atan, satu per satu saya bungkus kulit lumpianya, dan setelahnya saya goreng dalam minyak panas yang agak banyak. Sambil menggoreng, saya buat kuah cukanya.

Taraaaa! Marni Dalur saya jadi! Marni Dalur, alias Martabak Mini Daging dan Telur. Ehehehe. Hehehe. Pas sekali, ketika mereka pulang, martabak mininya siap disantap. Alhamdulillah, suami dan anak-anak saya doyan. Tambah lagi, suami memuji, "Wah, kayak martabak telur yang di Indonesia, nih!" Hihihi, saya mesam-mesem nggak karuan jadinya, deh! :D

Begini cara kami menikmati hasil masakan family ^__^

Fyi, setelah saya bawa rempah-rempah sendiri dari Indonesia, saya jadi semangat masak, lho! Kalau kangen sama masakan Indonesia, saya suka contek resepnya di Jelajah Rasa, dan, taraaa! Nggak nyampe dua jam juga biasanya jadi masakannya! Daaan, yang pasti, suami saya jadi tambah sayang, dong!

Biarpun jauh dari tanah air, memasak bukanlah sebuah halangan lagi bagi saya. Saya bisa menjadi koki asli Indonesia buat keluarga saya. Dengan bantuan bumbu bubuk dari Koepoe-Koepoe juga tentunya! Begituah cerita #CurhatanRasa Lidah Indonesia dari Kurdistan. :)

Spoiler: foto-foto di bawah ini adalah masakan yang saya buat dengan bantuan bumbu bubuk Koepoe-Koepoe. Pastikan Koepoe-Koepoe ada di dapur kamu, ya, sebelum memasak! Link resepnya bisa dilihat di keterangan foto.

Resep ini bisa dicontek di Jelajah Rasa

Resep ini bisa didapat di Jelajah Rasa

Resep ini bisa dilihat di Jelajah Rasa

58 comments :

  1. Auuuwww....luar biasa memang mamah sholeha satu ini. Udah cantik, baik, rajin, pinter masak, ngiler banget sama masakan2nya niiiihh...
    *lanjutannya pake template biasanya ya cyiintt hihihiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. ish, ish, issshhh... Bisa jadi luar biasa ya karena bantuan Koepoe-Koepoe. Kalau nggak ada Koepoe-Koepoe, da aku ini mah apa atuh... >____<

      Delete
  2. Iam ganteng bangeeeeeet... *salah fokus*

    Keren banget mamak satu ini, biarpun jauh di Kurdistan, selalu cinta sama rempah rempah khas Indonesia. Untung ada Koepoe Koepoe yaa.. jadinya praktis biarpun dibawa jauh. Makin lengkap deh jadi istri, udah mana cantik, baik, pinter masak, disayang suami pula..

    *lanjutannya pake template biasanya ya cyiintt hihihiiiii *kopas mbakbro*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, untuuung ada Koepoe-Koepoe, ya kaaan. Udah praktis, bisa jadi koki andal!! :))))

      Delete
  3. Kalo di gresik, martabak mini ini isi nya mie + wortel + daging dikit tapi nikmat ehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah enak itu, Mas. Kalau di saya, itu namanya kroket, atau risol mie. Hihihih. Jadi pengin bikin juga, deh. :)

      Delete
  4. Wah peti harta karunnya isinya koepoe-koepoe.
    Aku ngakak liat ekspresi shaki maem martabaknya hahaha.
    Isti nih ya, sudah cantik, baik, pinter masak lagi. Kapan hari bikin tahu, bikin lontong, sekarang bikin martabak. Betul2 istri idaman suami deh.

    *lanjutannya pake template biasanya ya cyiintt hihihiiiii *kopas pungky*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha itu dia emang suka gitu si Shaki :D :D

      Delete
  5. Ya Allah makkk....keren futu2nya. Hmm pasti yammii semuanyah!
    Semoga menang yaa ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mak Inna. Masih belajar juga ini motretnya :)))
      Aamiin.

      Delete
  6. Gayanya Shaki itu loh hehehe kayanya nurun dari mamanya ya

    ReplyDelete
  7. Wew... ngaku gak bisa masak tapi variasi masakannya dah banyak banget...
    Luar biasa deh ibu muda satu ini . Semangat belajarnya tinggi hingga sehandal cheff pro... pintet masak, pinter bikin martabak, bikin tahu sendiri, mie ayam, ayam berempah, serba bisaaa..hebat..keren...
    *lanjutannya pake template biasanya ya cyiintt hihihiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma gini2 aja bisanya, Mak. Huhuhu. Untung aja ada Koepoe-Koepoe. :)

      Delete
  8. Wuidih mantaaff ISIS bok. Hihihi. Mak Pol, foto-fotonya kece banget. Suer. Seru banget ya kayaknya kegiatan masaknya. Mas Jepri sampe ikutan dan keliatan hepi banget gitu. Dalam hatinya, "Bentar lagi makan makanan endonesa YESSS!" gitu kali ya bahahaha. Sukses Mak Pol. ^_^

    ReplyDelete
  9. Waah andalan keluarga banget ya, jadi seru, bapak anak masak, ibu motret. Hahaaa. Tapi aku juga sering pakai koepoe2 kok kalau bikin kue. Kalau masak biasa bumbu from the scratch lah, ngulek, kecuali merica atau lada putih halus karena buat taburan telur 1/2 matang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, maaak! Iya, aku juga udah jarang pke bumbu instan. Ini karena ada bumbu2 rempah bubuk Koepoe-Koepoe aja jadi semangat :)

      Delete
  10. Wahudah di produksi sebelum Indonesia merdeka dong

    ReplyDelete
  11. Uwaaaaaa......maksimal bgtttttt.seru ya kl semua uplek di dapur hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuuuuu. Dirimu juga seru kalau masak, Mak. Sedep2 :))

      Delete
  12. wwwooowwww... kereen....kereeen...kereeenn.......
    semua ikut berperan serta menyukseskan postingan ini dan sukses bikin aku ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaah dirimu suka merendah. Postinganmu juga suka bikin aku ngiler, Maaak. :))

      Delete
  13. iiish hidung Mak Isti ...eh, chefblogger again niich...harta karun paling indah yang dibawa ke negera jauh sono ya dek, asyik banget gambar koepoe koepoe di belakang soono

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harta karun paling berharga yang harus dibawa ke mana2, nih. :)

      Delete
  14. Bukaaaaa resto masakan indonesia disana mak.. Pastii lariissss
    Cakeebb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaga ada yg doyan dimariiiiii. :D :D :D :D

      Delete
  15. Aw, sup ayam berempahnya itu bikin ngiler, mak. Mana pas lagi jamnya makan siang. Andai bisa teleportasi, aku pengen dikirimin masakanmu , deh *ngerayu* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin, Maaak. Beneran sedep, kok. Wangiiii dan hangaaat :)))
      Ahahhaha nanti aku lemparin ya satu2 bahannya dari sini? Tangkep pake mulut :D

      Delete
  16. errr, kok jadi ngiler yak liat foto Marni Dalurnya, pas banget dimakan pas lagi Ujan kaya sekarang :D

    ReplyDelete
  17. Aku baru tau koepoe koepoe ada rempahnya....itu semangattt amat didapurrrr....
    Isti emang udah cantik, pinter, solehah, jago nulis, dll...*sesuai template 😂😂
    Moga menang yaaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, Makcuth. Coba diliat lagi, Koepoe2 ini lumayan lengkap, kok. :))
      *pura2 lupa template yg biasa*

      Delete
  18. fotonya keren banget, masakannya keliatannya enak, eh serius mak ketumbar bubuk gitu tetep wangi... pengalam sendiri sih beli tumbar or merica bubuk kurang mak nyus, memang bukan merk kupu2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mak Enci. :))
      Wangi, kok, Mak. Terutama buatku yang jauh begini, bener2 harta karun banget deh. :)

      Delete
  19. Artikelnya lengkap banget....semoga menang ... :))

    ReplyDelete
  20. Asik banget masak sama-sama sekeluarga :) sukses lombanya mak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masak sama keluarg emang asyik, ya. Makasih, Mak. :))

      Delete
  21. hahahah...lgs ketawa liat gaya anak ce mu mba ;p...

    aku blm prnh beliin bumbu2 bgini utk si mba ART... tp kyknya emg enak ya..si mba tp lbh suka beli bumbu2 yg blm diolah sih... kyknya emg lbh cocok utk aku yg pemula soal masak2 bumbu seperti ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha emang gayanya suka ada2 aja dia, mbak.
      Masakanku di atas juga belum diolah semua bumbunya, kok. Bumbu2 bubuk cuma penambah rasa aja. Kalau yang biasanya pakai biji pala dan ketumbar asli, aku ganti dengan yang bubuk. :)

      Delete
  22. Auuuw... Mba isti INI udah cantik Pinter masak disayang keluarga lagi. Kirim kilim dong...

    ReplyDelete
  23. Mantap postingnya mantap fotonya. Keren mbak.

    ReplyDelete
  24. lidah indonesia emang tau yang seger dan bikin ngiler! Bhahaha

    ReplyDelete
  25. keren mak......top dah jago masak berkat bumbu cap koepoe-koepoe....semoga menang ya

    ReplyDelete
  26. Duh dr kmrn comment gagal terus *hiks
    bagus2 bgt mak fotonya..
    itu I am ganteng banget, shaki gaya mamanya banget yak hihiii
    mak sul pinter masak ih,,contek ah resep martabaknya :*

    ReplyDelete
  27. Iiiih,pada bantuin masak smuaaa. Makin semangat masak nih ya, Mbak.

    ReplyDelete
  28. Nah kan....masakanmu semua bikin ngences...

    ReplyDelete
  29. Postingan foto produk dan hasil masakannya bagus, Isti... eyecacthing. Memberi kesan bahwa produknya mudah, praktis dan hasilnya memuaskan dan terbayang kelezatannya. Tujuan pencapaian visualnya dapet. Good luck yaaa

    ReplyDelete
  30. hahaha suka banget lihat kebersamaannya. Makanannya juga kelihatan enak. Lapaaarr :)

    ReplyDelete
  31. Happy family. Sup rempahnya OK banger disantap pas bersslju ya.

    ReplyDelete
  32. Aiiihhh foto2nya keren Dek Isti...
    Itu si Shaki gayanya membuatku tertawa :D
    Ternyata meski jauh dari tanah air masih bisa masak2 dg ceria ya?

    ReplyDelete
  33. wow ternyata sudah ada sejak 1942 tuh, pasti udah banyak yang suka tuh

    ReplyDelete
  34. uwoooo masak jadi seru ya mbakkkkk..
    keren2 ih fotonyaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  35. Martabak mininya menggiurkan banget, Mbaaak :D

    ReplyDelete
  36. Gayanya Shaki heboh bener

    ReplyDelete
  37. Kayaknya enak tuh makanannya... saya ngiler nih mbak.

    itu rame terus dong di rumahnya, enaknya jadi keluarga harmonis.

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^