Jangan Takut Periksa Payudara Sendiri!

10.13.2015



Jangan takut untuk periksa payudara sendiri!

Well, saya sendiri bukan penyandang atau pun survivor kanker payudara. Berhubung masih dalam bulan Oktober, saya mau ikut kampanye Breast Cancer Awareness

Sadar atau enggak, kanker itu dekat dengan kita. Kanker bisa aja datang melalui makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut kita, kegiatan yang biasa kita lakukan, atau bahkan pengaruh gen. Nggak ada yang pasti juga. Teman saya yang saya tahu pola makannya baik pun, bisa terkena kanker payudara. Hal ini yang membuat saya kalut. Takut. 

Takut kalau saya juga bisa kena.

Hal yang Bisa Kita Lakukan


Kalau kita searching, banyak situs yang menulis belum diketahuinya penyebab seseorang bisa terkena kanker. Dan, tahu, nggak? Yang bisa kena kanker payudara ini bukan cuma perempuan aja, lho! Laki-laki juga bisa! Angka perbandingannya sendiri, sih, cuma 1:100. Tapi tetap aja, kan, harus sama-sama waspada?

Data-data statistik tentang kanker payudara bisa juga kamu lihat di berbagai situs yang bisa kamu percaya. Sekarang kita cari tahu dulu, yuk, apa-apa aja yang bisa kita lakukan untuk mencegah kanker payudara?
  1. Pola makan yang sehat. Dengan kata lain, perbanyak sayuran dan buah. Kurangi makanan yang udah diawetkan, juga makanan berlemak dan berlebihan. Kita semua tahu, semua yang berlebihan tentu aja nggak baik, ya, kan? Nah, sebelum terlambat menyesali, mendingan kita mulai dari sekarang aja kuranginya. 
  2. Batasi minum minuman beralkohol. Bagusnya lagi, sih, nggak minum alkohol sama sekali, ya. Apalagi kalau dalam agama Islam, alkohol kan memang dilarang. Nah, ternyata larangan itu ada gunanya, ya? Larangan bukan dibuat untuk dilanggar, lho!
  3. Hindari kebiasaan merokok. Kalau bisa, bagi perokok, BERHENTI. Iya, klise banget saya ngomong begini karena saya sendiri bukan perokok. Tapi, saya ini perokok pasif, lho! Jadi, sama-sama aja kita hindarinnya. 
  4. Periksa kesehatan secara berkala. Nggak ada salahnya, kok, kita medical check up meski nggak merasakan gejala penyakit apa pun. Kebanyakan dari kita malas untuk check up karena takut malah ketahuan ada penyakit yang serius. Padahal, justru itulah yang membantu kita dalam proses penyembuhannya. Semakin dini diketahui, semakin cepat pula proses pemulihannya.
Hmm, kira-kira, mana yang paling susah dijalanin? Kalau saya sendiri, jelas, makanan yang diawetkan itu yang sering saya makan. Di kota saya saat ini, bahan makanan banyak yang impor dari negara lain, otomatis semua itu diawetkan agar masih bisa dimakan ketika tiba di Suly. Sebut aja seafood macam ikan, udang, cumi-cumi, semua dalam bentuk frozen

Kalau udah begini, saya jadi kangen food combining (FC). Pola makan FC menurut saya salah satu awal yang sangat baik untuk mencegah kanker payudara.

Periksa Payudara Sendiri (SaDaRi)


Setelah tahu pencegahannya, terus gimana caranya kita bisa tahu gejala-gejalanya? Salah satu gejala yang sangat terasa adalah adanya benjolan di payudara kita. Entah itu di salah satunya, atau malah dua-duanya. Kalau udah terasa ada benjolan, segera periksa lanjutan dengan cara mammogram supaya lebih pasti lagi.

Saya dapat gambaran yang jelas untuk pemeriksaan dini. Kita bisa periksa sendiri payudara kita, dan bisa lebih aware lagi terhadap tubuh. Peraturannya, JANGAN TAKUT PERIKSA!

Saya tahu, banyak yang nggak pengin terkena kanker payudara, tapi begitu disuruh periksa payudaranya sendiri, malah takut kalau tahu-tahu nanti ada benjolan gimana? Ya, diobatin, dong! Kalau kita aware sama diri sendiri, sama tubuh kita sendiri, lebih dini diperiksa akan membantu mempercepat pengobatannya. Makin lama berdiam diri, makin besar kemungkinan kanker akan menyebar nantinya. Saya nggak nakut-nakutin, kan? 

Coba kita periksa sama-sama, yuk! Eh, maksudnya, sendiri-sendiri, ding. Hehe. Boleh diklik aja gambarnya supaya bisa lebih jelas baca tulisannya. Ini bukan gambar porno, lho, ya. :)

KankerPayudara.org

Gimana kalau teman atau saudara kita yang kena, dan bukan kita? 

Bantu mereka supaya mau untuk dideteksi lagi dengan mammogram! Dukung mereka untuk tetap melakukan pengobatan hingga tuntas. Bagi penderita kanker payudara yang tengah kemo, pastilah nggak mudah untuk tetap bisa tersenyum setiap saat ketika bertemu teman atau memandang tawa canda anak-anak mereka. Bantu mereka untuk bisa tetap bahagia.

Cuma itu yang bisa saya lakukan juga, untuk teman-teman saya yang terkena kanker payudara. 

Posting-an ini saya tulis untuk membantu Kampanye #finishthefight #gopink #breastcancerawareness. Seandainya pun nggak ada giveaway-nya, saya memang berniat untuk bikin posting-an tentang kanker payudara di bulan Oktober ini. Untu menjadi pengingat saya khususnya, supaya bisa mulai untuk mengatur pola makan yang baik lagi. Demi hidup yang lebih sehat. Demi masa depan anak-anak saya juga.

Semoga kita semua bisa tetap menjalani hidup dengan sehat!



Sumber: 
http://yayasankankerindonesia.org/tentang-kanker/#a02
http://www.femina.co.id/isu.wanita/kesehatan/8.fakta.penting.tentang.kanker.payudara/005/005/183


32 comments :

  1. thanks udah ikutaaan ya Mak Istiii..SaDaRi bisa membantu deteksi dini..dan tentunya memberi kans yang lebih besar untuk bisa sembuh total. Healthy life is what we need :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mak.
      Semoga dirimu cepat pulih dan bebas dari BC ya :)))))

      Delete
  2. Aku juga sering SADARI. Alhamdulillah aman.. Mudah2an dijauhi dari kanker, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, ya, Mbak. Aamiin. Semoga. :))

      Delete
  3. mbak kalau soal sadari aku udah dapet penyuluhan itu lama bgt..tapi juga takut buat sadari..eh akhirnya aku putusin buat sadari deh,,,sehat ya kita semoga gak sampai kena kanker.. aamin

    ReplyDelete
  4. Aku mau FC deh mak. Meminimalisir resiko. Kalo periksa, akunya takut :(

    ReplyDelete
  5. hooh kadang saya takut sendiri, tapi justru yang takut itu malah menjauhkan kesempatan untuk sehat lebih cepat y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak. Semoga kita semua sehat-sehat yaaa. :))

      Delete
  6. Jangan takut periksa! Itulah yang justru banyak terjadi... banyak orang takut periksa karena takut kalau ketahuan sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget. Aku pun sebenarnya takut. :( Ini jadi pengingat diri, supaya aku jadi berani!

      Delete
  7. dulu sempat wira wiri ke dokter buat perikas payudara,alhamdulillah g ada apa2,sehat..
    kadang takut juga tapi harus berani periksa sendiri ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, alhamdulillah udah periksa, Mbak. Aku belum, nih.

      Delete
  8. harus lebih perhatian ya mbak soal ini. semoga kita semua terhindar dr penyakit ini. aamiin.

    ReplyDelete
  9. SADARI memang penting yaaa..
    Menjaga pola makan itu juga penting :)

    ReplyDelete
  10. Aku suka merinding kalau ada yg ngomongin kanker2. Paling mudah deteksi SaDaRi, ya.

    Btw, aku belum pernah FC, Mbak. Pingin nyoba deh. Tapi kapan2. :D

    ReplyDelete
  11. jadi cewek memang harus SaDaRi ya mak. Aku makin aware nih, secara cewek kan berpotensi besar. Thanks ilmunya ya mak

    ReplyDelete
  12. ikut nyimak wae lah ya mbak, ga paham + saya ga punya payudara

    ReplyDelete
  13. Nah inipenting...
    Kita harus selalu peduli sama aset kita ini.. *pegang dada 40B (karena 36B sudah terlalu mainstream *dijitakMbakIsti)
    yang jelas emang kanker ituu akibat gaya hidup sih kebanyakan jadi mari kitaa menajga gaya hidup kitaa :)

    ReplyDelete
  14. Serem ya mbak kalo sampe terkena kankpay, memang kendala paling sering sih banyak yg malu buat memeriksakan sejak dini. Bahkan bukan cewe aja yg kena, cowo juga ada.

    ReplyDelete
  15. setuju banget tentang SADARI. Salah satu cara untuk mendeteksi sejak dini

    ReplyDelete
  16. Wah, FC bisa membantu juga ya mbak. Saya gak kebayang mbak kalau mengalami seperti mbak.
    Untuk pria pun bisa terjadi kan ya mbak?

    ReplyDelete
  17. Info yang sangat bermanfaat nih, cara memeriksa kanker payudara sendiri

    ReplyDelete
  18. Pola hidup sehat ya.. ini ni yang kdg2 masih susah..
    indomie, kcf ...
    moga2 bs trs lbh baik ..

    ReplyDelete
  19. Pelan-pelan beralih ke pola hidup sehat, emang gak gampang dan 100% jleb langsung berubah. Sadari ini sering lakukan di rumah. Nice sharing, mak

    ReplyDelete
  20. paling takut sama penyakit yang satu ini, karena paling mematikan apa lagi buat wanita,
    hmmm aku jadi mau periksa, takut ada benjolan

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^