My Son's 1st Certificate Achievement

12.03.2015


Sewaktu menjemput anak-anak sore itu, saya mendapatkan surprised dari I'am. Di tangannya ada kertas berlaminasi yang berwarna-warni pinggirannya.
Alhamdulillah. Saya nggak nyangka I'am dapat achievement seperti ini, dan nilainya pun cukup memuaskan bagi saya.

98/100.

Ya ampun, Mas, Mama aja nggak bisa kayak begitu. *elap air mata*

Saya jadi terharu sambil membaca keterangan sertifikatnya. Saya pun langsung tanya macem-macem ke dia, termasuk siapa saja yang mendapatkan achievement seperti ini.

Saya teringat, di web school-nya, suka dipajang galeri foto siswa yang mendapatkan achievement begini. Saat itu I'am masih duduk di bangku KG, dan belum ada sertifikat yang dibagikan kecuali Gold Award untuk anak yang excellent di kelas pada hari itu. Dan saya sempat membatin, kapan ya anak saya bisa muncul di galeri foto web school, sambil memegang achievement seperti itu?

Walau kepengin banget, saya nggak pernah maksa dia belajar. Saya sendiri merasa waktunya udah habis terpakai untuk sekolah. Berangkat pukul 7.30 dari rumah, pulang sampai rumah pukul 15.45. Kalau sore dan malamnya saya minta untuk belajar lagi, nggak tega.

Bahkan waktu lagi musim ujian minggu kemarin pun, saya nggak nyuruh dia belajar. Padahal dari gurunya dikasih study list untuk direvisi di rumah supaya pas ujian nggak lupa. Saya? Nggak pernah ngasih, juga nggak nggak bilang-bilang kalau minggu itu ada ujian. Sampai-sampai saya sendiri kaget waktu dia bilang bahwa besoknya ada ujian, lha wong saya nggak pernah cerita-cerita tentang ujian dan apa itu ujian.

Ternyata gurunya yang ngasih tau kalau saat itu minggu ujian. Saya sengaja nggak cerita-cerita ke I'am tentang ujian, maksudnya supaya dia nggak tegang atau stress. Saya nggak mau dia jadi terbebani dengan kata-kata "ujian". Nggak mau. Saya cuma mau dia santai aja menjalani sekolah seperti hari biasa.

Syukurnya, meski dia udah tahu dari gurunya dan saya pun menjelaskan maksud ujian, dia tetap biasa aja. Saya juga nggak ngajak-ngajak dia untuk belajar. Alhamdulillah, setiap pulang sekolah ketika saya tanya gimana ujiannya tadi, dia selalu jawab, "Excellent!" Itu artinya, dia nggak terbebani dengan soal-soal yang diberikan tadi.

Ada cerita lucu. Meski saya dan suami nggak pernah meminta I'am untuk belajar, dia selalu excited sekali memberi tahu kami tentang apa yang baru saja atau sudah dia pelajari di sekolah. Misal dia baru aja belajar Language tentang menulis kalimat sempurna. Dia membuat kalimat pertanyaan dan memberikan contoh cara jawabnya. Lalu kami (saya dan suami) disuruh menjawab seperti contohnya itu.

"Mom, is this a table?" (sambil menunjuk kursi)
"No, this is not. This is a chair."

Atau, dia membuat beberapa soal matematika di kertas, nanti papanya yang disuruh menjawab. Udah sering banget kayak gini, saya cuma ketawa-ketawa aja lihatnya.

Sekarang dia lagi senang-senangnya belajar solar system. Solar system ini, belum dia pelajari di sekolah sebenarnya. Namun saya pernah beliiin poster solar system dan dipajang di kamarnya, sejak dia belum bisa membaca. Saya mau ngenalin planet bumi dan matahari sebenarnya, tapi siapa sangka setelah dia lancar membaca sekarang, dia malah minta buka video solar system di Youtube.

Dan tiba-tiba aja, dia gambar satu buah bulatan besar, lalu beberapa bulatan kecil di sebelahnya. Lalu papanya disuruh menuliskan nama-nama planet sesuai urutannya. Dan ternyata, jawaban papanya ada yang salah eja. Diajarin yang benarnya akhirnya sama I'am. Hahaha.







Baiklah, sambil menunggu galeri fotonya siap dipajang, mending saya dokumentasiin dulu aja di blog. Well done, Mas!

Mas I'am, 6 years old. Class: Grade 1A.

12 comments :

  1. I'am hebaaat deeeh :)...bravo ya naaak..yang penting sekolah dinikmati dan achievement ini adalah bonus luar biasaaa :)

    ReplyDelete
  2. Selamat I'am! Nilainya hampir sempurna..

    ReplyDelete
  3. duh bangga banget pasti,, selamat yaaa I'am, lanjutkan :*

    ReplyDelete
  4. Mama bahagia dan bangga, Nak. Pemandangannya selalu bagus, pegunungan begitu.

    ReplyDelete
  5. wow... mas i'am hebaaaat :) terus jadi kebanggaan mama dan papanya yaaa :) cupcup

    ReplyDelete
  6. Sebagai orang tua pasti rasanya bangga banget kan ya.. pastinya. Semoga anakku kelak juga bisa menjadi seorang anak yang bisa dibanggakan. :D
    makasih udah share :D

    ReplyDelete
  7. Dulu waktu kecil saya juga menyukai sistem tata surya.

    ReplyDelete
  8. waaaahhh kerennn
    selamaattttt mas iam

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^