[Resep] Bolen Pisang Super Easy

12.01.2015


Bolen pisang merupakan camilan yang paling mudah dijumpai di Indonesia. Kalau mau yang goreng-goreng, ada molen. Kalau doyan yang vesi panggang, ada bolen, Mirip, memang, dari segi rasa. Tapi harga tentu saja beda. Jika pisang molen banyak ditemui di gerobak-gerobak gorengan pinggir jalan, bolen pisang bisa kita temui di toko-toko kue dan roti saja. Jarang ada yang menjual bolen pisang di pinggir jalan.

Bedanya lagi, kalau molen lebih nikmat disajikan hangat-hangat, beberapa saat setelah diangkat dari penggorengan. Sementara bolen, lebih nikmat disajikan ketika sudah dingin. Beberapa jam setelah dikeluarkan dari oven.

Bolen pisang ini saya bilang super easy karena nggak membutuhkan tenaga untuk membuat adonan pastry-nya. Saya cuma beli puff pastry lembaran siap pakai yang banyak dijual di supermarket. Isiannya, sesuaikan dengan yang kita punya di dapur aja. Hehehe.


Bahan utamanya sudah tentu pisang. Susah cari pisang? Nggak, kan? Pisang termasuk salah satu buah yang tak kenal musim. Mau di musim apapun, pisang mudah dicari. Apalagi yang tinggal di Indonesia. Pisang banyak jenisnya dan tergantung selera masing-masing sukanya pisang yang mana.

Berbeda dengan saya yang jauh dari tanah air, pisang hanya bisa ditemui satu jenis aja. Cavendish. Nggak ada yang lain. Kurang cocok jika digoreng karena kan menghasilkan pisang goreng yang lengket dan lembek. Juga dikolak. Pisang akan cepat benyek. Solusinya, jika ingin digoreng atau dikolak, saya selalu membeli pisang yang kulitnya masih kehijau-hijauan warnanya. Masih keras. Lalu segera saya proses.

Tapi meskipun nggak cocok, sering juga saya goreng dan dijadikan kolak, kalau rasanya sudah sangat kangen dengan tanah air. 


Bahan


  • Puff pastry siap pakai. Thawing dulu sekitar 30 menitan, atau sampai layu.
  • Pisang yang sudah dipotong dua, lalu masing-masing belah dua lagi. 
  • Keju, boleh dipotong-potong balok panjang atau diparut.
  • Meses cokelat atau selai cokelat.
  • Butter yang sudah dipotong balok panjang. 
  • Susu kental manis putih, bisa diganti gula.
  • Kuning telur 1 butir, kocok lepas (untuk olesan atas bolennya nanti)





Cara Membuat


  1. Siapkan loyang kaca tahan panas, olesi dengan butter.
  2. Nyalakan oven di suhu 175 derajat Celcius.
  3. Pisahkan masing-masing lembaran puff pastry
  4. Ambil selembar puff pastry, letakkan pisang di tengahnya dan butter di atas pisangnya.
  5. Lalu taburi keju parut dan meses, terakhir gula. Jika menggunakan keju, letakkan balok keju bersebelahan dengan butter. Terakhir taburi gula atau susu kental manis.
  6. Lipat kedua sisi kanan dan kiri puff pastry sampai menutupi semua bagian isi. Lipat lagi kedua sisi atas dan bawah. Tekan-tekan sedikit supaya menempel.
  7. Susun dalam loyang. Buat seperti di atas lagi sampai puff pastry habis. Isian boleh disesuakan dengan selera.
  8. Olesi atasnya dengan kuning telur yang sudah dikocok.
  9. Masukkan oven. Panggang selama kurang lebih 30-45 menit, atau sampai kira-kira warnanya berubah cokelat keemasan.
  10. Diamkan sampai bolen dingin, baru hidangkan.





Tips


Jangan sajikan bolen pisang dalam keadaan hangat!
Pengalaman saya, bolen ketika baru matang loyangnya masih berair akibat olesan butter di loyang yang mencair. Jika langsung disajikan, bolen masih lembek dan sulit dikeluarkan. Rasanya pun benyek dan eneg. Jadi tunggu sampai benar-benar dingin dulu, supaya mudah dikeluarkan dari loyangnya juga. Seperti pada gambar di bawah ini. Sempurna sudah untuk menemani teh atau cappuccino hangat di sore hari.

Selamat mencoba! ;)



26 comments :

  1. Wuuah ini kesenangan saya pisan, izin copas ya Mak! :D

    ReplyDelete
  2. Tempatku nggak ada yg jual kulit pastry. Kalau mau bikin sendiri kok ya males ribetnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sama, Mbak, bikinnya males. Makanya aku beli :D
      Coba di Carrefour gitu biasanya ada, kok, Mbak. :))

      Delete
  3. pisang dan keju, kombinasi spesial kesukaan saya, mau mau mau

    ReplyDelete
  4. wooowww tampak enak.. tapi kalo pake oven tangkring itu ngukur suhunya gimana sih mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maap, Mbak. Aku ga bisa pake oven tangkring >_____<

      Delete
  5. Bookmarked ah. Btw puff pastry itu ada ngga di supermarket kayak carefour ato hypermart? Ato harus beli di toko bahan kue?

    ReplyDelete
    Replies
    1. DI Carrefour harusnya, sih, ada ya. Di bagian makanan bekunya, Mbak. Tadi kata teman saya dia nyari di Giant sama Hypermart ga nemu. Dia tinggal di Serang. Mungkin kalau di Jakarta ada. :))

      Delete
  6. Yuhuu... resepnya pas sekali nih, saya sering kangen roti isi pisang disini.. :D disini juga cuman ada 2 jenis pisang mbak setahuku. Gpp deh ya..daripada gak ada haha! Thanks for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi bener sekali. Daripada nggak ada, pake aja yg ada. Yang penting tetep manis rsaa pisang dan bisa ngobatin rasa kangen. ^___^

      Delete
  7. Wah. Pantes gampil. Pake puff pastry jadi. Bikin puffnya tricky je..hehe...

    ReplyDelete
  8. Nyammy banget keliatannya. Fotonya keren juga.. ^_^ . Mau dong mba dibagi buat cemilan di sore hari.. :-)

    ReplyDelete
  9. Wah iya...kenapa nggak kepikirran belu puff pastry yang sdh jadi aja ya? bikin sendiri lama bener, mbak...hhihi
    boleh deh, dicoba besok.. :))

    ReplyDelete
  10. huhuhu sukseeeessss ngeceeessss.....coba ya itu pisang molennya kirim ke Oman

    ReplyDelete
  11. pengen cobaa,, tinggal beli kulit pastrynya ajaa...
    kalo di bandung aku suka bolen kartika sari, endeuusss

    ReplyDelete
  12. Aku skrinshut nih resepnya..pingin nyoba

    ReplyDelete
  13. Wuah pingiiinn. Harus beli puff pastry dulu ini.
    Eh aku dulu pernah tanya ya di FB, bedanya molen dan bolen. Dua-duanya aku suka hehe :D

    ReplyDelete
  14. di tukang nasi uduk atau warung makan sini ada :) dasar aku males bikinnya ya hehehe

    ReplyDelete
  15. beh, aku suka banget makanan bahan olahan pisang. coba buat ah :D
    makasih mbak iis

    ReplyDelete
  16. Kebetulan ada puff pastry di kulkas. Bisa di eksekusi nih. Hihii. Makasih resepnya, mbaa :)

    ReplyDelete
  17. praktis bangeeet, makin mupeng pengen punya oven

    ReplyDelete
  18. aku sukanya isi kejuuu ajaaah atau sayur malaaah hehehehe

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^