Roti Panggang Keju Cokelat

12.09.2015


Berhubung saya tinggal jauh dari Indonesia, yang mana camilan-camilan pinggir jalan itu sulit sekali didapat, jadi mau nggak mau saya harus bikin sendiri di rumah. Untungnya, saya masih ngidamnya yang gampang-gampang aja.

Apalagi lagi hamil gini. Apa-apa yang keingetan pengennya keturutan. Lah kalau pas saya lagi di Jakarta, mah, gampang. Jalan ke depan gang juga udah berjajar tukang jualan camilan. Kalau di sini, kudu punya modal yang namanya kemauan. Susah, ini. Mengingat saya bisanya cuma makanin doang tanpa susah payah belajar cara bikinnya gimana. -____-

Roti panggang biasanya kita jumpai kalau sudah malam hari, ya. Lagi laper-laper tapi nggak pengin makan berat, ini cocok banget. Tinggal cuss keluar rumah, berjejer deh itu warung-warung tenda malam yang menjual makanan (yang katanya) ringan. Ada pisang panggang dan roti panggang. Ditemani dengan segelas kopi susu hangat, beuh enak banget!

Sewaktu mudik Lebaran kemarin, saking kepenginnya saya makan roti panggan isi pisang keju dan cokelat, jam sembilan malam saya minta keluar sama suami. Kebetulan suami juga kepengin makan pecel lele malam itu, jadilah kami keluar berdua.

Terakhir jajan roti panggang itu sewaktu kuliah. Duh, berapa tahun yang lalu itu ya. Udah lebih dari 6 tahun. LOL. Harga roti panggang masih di bawah lima ribu, tapi itu di pinggiran Bandung, ya. Daerah kampus, pula. Nah kemarin itu, beli roti panggang di Jakarta, harganya dua belas ribu! Saya kaget! Duh, kayak wong ndeso aja deh kaget sama harga jajanan Jakarta! Hahaha.

Habis beli itu saya langsung menyesal. Mahal amat ini! Mendingan juga bikin sendiri, deh. Duit segitu bisa buat beli pecel lele seporsi yang digoreng garing, lengkap dengan nasi uduk hangat, sambal merahnya, lalapan timun dan daun kemangi, nggak lupa kol goreng. Kenyang!

Udah, ah, ngomongin pecel lelenya. Sekarang lanjut aja ke resep roti panggangnya. Sebenarnya ini gampang banget bikinnya. Nggak perlu ditulisin resep, sekali lihat penampakannya juga udah pada langsung gape, deh! Percaya!



Bahan:
  • Roti apapun, bisa roti tawar atau baguette
  • Butter
  • Meses cokelat
  • Keju parut
  • Susu kental manis putih

Cara Membuat:
  • Nyalakan oven 
  • Oles permukaan atas roti dengan butter
  • Taburi meses, keju, atau salah satunya
  • Sirami dengan susu kental manis putih
  • Panggang di oven dengan suhu 150 derajat Celcius selama 5 menit
  • Keluarkan, sajikan selagi hangat

Memang simpel banget bikinnya, cuma kadang kok ya malas. Malas ngoles-ngolesin butter, sama yang lain-lainnya. Penginnya cuma tinggal ngemplok aja ke mulut. Hahaha. Lama banget proses bikinnya tapi kalau udah jadi cepet bener habisnya. Krik, krik, krik.

Kalau nggak ada oven, roti panggang ini bisa banget, kok, dipanggang di atas teflon anti lengket. Atau pakai double pan juga bisa kayaknya, ya. Saya sendiri belum pernah coba pakai double pan, soalnya nggak punya, sih. Hehe.

Susu kental manis bisa diganti dengan gula, atau bisa di-skip kalau nggak terlalu suka manis. Bisa juga, susu kental manisnya diberikan ketika roti sudah dikeluarkan dari oven.

Kadang-kadang saya juga lebih suka buat pakai roti tawar, karena lebih lebar. Dan dengan dua lembar aja makannya bisa langsung kenyang. Kalau pakai baguette, malah butuh banyak. Apalagi saya ada dua anak, jadi paling enggak manggangnya bisa sampai dua buah baguette. Otomatis, proses oles-olesnya pun lebih lama lagi, hahaha!

Well, semalat mencoba aja, deh! ;)

14 comments :

  1. Bikinnya lama, abisnya cepet. sepakaaat banget mbak. hihi
    Nah berhubung di kost ga ada oven, yawis, aku bikinnya pake teflon xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kan, kaaan...
      Iya pakai teflon juga bisa, kok. :)

      Delete
  2. Aku ga suka roti coklat. Jd aku minta roti panggang kejunya aja ya Isti :D

    ReplyDelete
  3. iya mak aku suka bikin juga pake teflon sih maklum anak kos, maknyuss apalagi hangat2 pas musim hujan

    ReplyDelete
  4. Roti panggang memang lagi jadi cemilan hot di rumah. Hampir tiap hari beli roti buat dipanggang.

    ReplyDelete
  5. Aku minta dibikinin mak Pol aja yah :p

    ReplyDelete
  6. Kalau soal penganan, Indonesia memang jagonya. Saya juga pernah 5 tahun hidup di negara orang (Republik Yaman) dan harus menahan hasrat untuk makan makanan "sepele" seperti tahu, tempe, sambal pecel....

    ReplyDelete
  7. Enak ini buat sarapan. Aku biasanya manggang pake teflon biasa saja, ini masuk oven ya. hhhmmm enaaakkk *comot satu :D

    ReplyDelete
  8. Bener juga ya, bikin pake roti prancis. Dalam pikiranku roti itu cuma untuk dimakan pake sup aja :)

    ReplyDelete
  9. wah.. roti ini paling enak buat dicocolin ke dalam krim sup... hmm.. nyam nyam nyam :)

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^