[Resep] Martabak Telur Mini Isi Daging

1.20.2016


Dua minggu kemarin kita menunya ayam, ya. Sekarang coba ganti dengan daging, deh. Daging sapi cincang. Daging merupakan bahan lauk utama yang paliiiing mudah ditemui di Suly. Wajar lah ya, masyarakat sini kan doyannya makan daging-dagingan. Jadilah daging domba dan sapi merajalela di mana-mana.
Berawal dari bosan dengan menu daging yang di semur atau rendang, saya jadi kepengin makan daging dalam bentuk cincang, tapi bingung mau diamsak apa. Akhirnya keingetan deh sama martabak telur isi daging yang suka saya beli kalau lagi mudik. Tahu sendiri, kan, rasanya kayak apa ya, apalagi kalau spesial pakai telurnya yang bebek. Beuh, endeuuuus banget! Malam-malam kelaperan, tinggal ke depan gang, cuss pesen martabak telur spesial 2 telur bebek. *tutup muka pake panci*

Sebelum bikin pakai resep yang mau share ini, saya pernah bikin martabak telur ala-ala. Resepnya ngarang sengarang-ngarangnya. Hasilnya pun, seadanya. Wkatu itu saya pakai kulit tortila untuk pembungkusnya. Tortila itu kan rada tebal, ya, jadi kalau digoreng ya begitu, deh. Terlalu tebal untuk pembungkus dagingnya.

Saya yang terlalu pede dan nggak mau googling resepnya dulu, akhirnya pasrah kalau suami minta dibikinin martabak telur lagi. Soalnya selalu nggak sesuai dengan yang diharapkan. Kadang kulit tortilanya udah kecokelatan, tapi dagingnya masih kayak mentah. Waktu itu saya nyobanya pertama daging cincangnya nggak ditumis dulu, makanya rasanya setengah matang gitu. Kedua kalinya, saya tumis dulu. Tapi tetap belum sesuai ekspektasi juga ternyata, hahaha!

Beruntung saya beli buku resep Mbak Endang, pemilik blog justtryandtaste.com, ada resep martabak mini isi daging cincang. Dan alhamdulillah, bahan-bahannya saya punya semua, dong! Girang banget, deh, kalau nemu resep makanan Indonesia yang bahan-bahannya tersedia semua di rumah, meski terbatas karena harus impor dari tanah air.

Spesialnya lagi, saya semangat juga bikin kuah cukanya, dong! Sakiiing penasarannya sama resep satu ini. Alhamdulillah, percobaan pertama resep dari Mbak Endang ini langsung berhasil saya taklukkan! Rasanya kayak dapat nilai ujian sempurna di mata kuliah Sastra Nusantara setelah mati-matian ngapalin berbagai versi cerita rakyat yang mirip-mirip tapi beda-beda nama tokohnya. Hahaha!


Martabak Telur Mini Isi Daging


Bahan:
  • Sebungkus kulit lumpia, kira-kira isi 20 lembar
  • 500 gr daging cincang
  • 15 batang daun bawang
  • 3 butir telur ayam, kocok lepas
  • Minyak goreng yang banyak


Bumbu:
  • 2 buah bawang bombai diiris tipis-tipis
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdt kaldu bubuk
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir 
  • 1 sdt lada putih bubuk
  • 1/2 sdt biji pala bubuk 
  • Minyak untuk menumis


Kuah cuka:
  • 5 sdm gula merah sisir
  • 2 sdm gula pasir
  • 4 buah cabai merah, iris serong (bisa ganti cabai rawit)
  • 4 sdt cuka
  • 2 sdt garam
  • 400 ml air hangat


Cara memasak:
  1. Keluarkan kulit lumpia dari kulkas, ikuti petunjuk dalam kemasannya.
  2. Tumis daging cincang sampai berubah warnanya.
  3. Masukkan bawang bombai dan bawang putih. Masak sampai bawangnya layu dan harum.
  4. Masukkan kaldu bubuk, biji pala bubuk, lada putih bubuk, gula, garam. Aduk rata. Cicipi rasanya. Kalau sudah pas, masak sebentar lalu matikan kompor.
  5. Masukkan kocokan telur dan irisan daun bawang ke dalam tumisan daging. Aduk rata.
  6. Buka lembaran kulit lumpia. Ambil 2 sendok makan tumisan daging, letakkan di tengah kulit lumpia. Lipat seperti amplop. 
  7. Lakukan terus hingga kulit lumpia habis.
  8. Goreng martabak mini dalam minyak panas yang banyak. 
  9. Sambil menggoreng, siapkan kuah cukanya. Masukkan semua bahan kuah cuka ke dalam mangkuk, aduk rata. Cicipi rasanya.
  10. Martabak mini siap disajikan bersama kuah cuka.


Tips!



  • Jika tumisan daging masih sisa, bisa ditambahkan kocokan telur dan digoreng. Jadilah telur dadar daging cincang yang lezat. 
  • Kalau nggak ada kulit lumpia, isiannya ini bisa juga dibuat untuk dijadikan isian roti seperti yang pernah saya coba ini. Nggak perlu pakai telur tapinya, ya. Kebetulan waktu itu saya lagi ada roti naan, jadi isiannya saya taruh di sobekan rotinya, lalu digulung. Nggak lupa, dong, cocol saus sambal. Biar rasanya makin sedap. :)




11 comments :

  1. kebayang enaknya,isinya banyak bangett jadi kerasa ^^

    ReplyDelete
  2. Saya penranh bikin ini mbaa.. trus sok-sokan bikin kulitnya sendiri,, jadinya sih renyah tapi tebel heheheh.. btw, aku juga suka contek resepnya JTT :)

    ReplyDelete
  3. ngebayanginnya aja ngiler, jadi pengen.

    ReplyDelete
  4. Enaknya, melihat gambarnya saja sudah membuat saya menelan ludah :) lebay yah, tapi ini benaran Mbak karena saya memang suka banget sama martabak :)

    ReplyDelete
  5. bikin ngiler :G
    coba bikin dirumah juga buat cemilan :D

    ReplyDelete
  6. ini favoritkuuuuuuuuu... aaakkkkk.. laper mak! tanggung jawab! kulit lumpia ya, boljug, daripada mumet bikin adonannya ituu

    ReplyDelete
  7. kulit lumpianya bawa dari indo atau disana ada yang jual?

    ReplyDelete
  8. Mantap nih...martabak telur melanglang buana.. Ini kudapan favorit daku lho Mba..

    ReplyDelete
  9. Mau dong mbak tapi yang daging ayam...

    ReplyDelete
  10. keliatannya endeesss ya mom, sabtu minggu kaya'nya bisalah dicoba, secara anak uda pd doyan ngemil.

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^