Arc de Triomphe Rasa Kediri

3.14.2016

Foto punya adek saya, ngambil di akun Facebook-nya. Hehehe.

Arc de Triomphe rasa Kediri. Bangunan di atas ada di Indonesia, di Kediri, bukan Paris, lho. Beberapa hari yang lalu, adik saya mengunggah foto Simpang Lima Gumul Kediri, yang dia sendiri nggak yakin apa nama bangunan ini. Mungkin dikiranya Simpang Lima Gumul itu cuma nama lokasinya aja, bukan gedungnya.

Saya jadi ingat, dulu banget pernah lihat foto semacam ini di salah satu Instagram teman saya. Fotonya dicetak besar lalu dipajang di dinding ruang makannya. Saya juga nggak tahu itu dicetak sendiri atau beli, sih. Saya cuma lihat kece aja kalau punya foto yang dicetak lalu dipajang di rumah sendiri. 

Nah, gara-gara foto adik saya itu, saya jadi lihat-lihat akun Instagram saya sendiri karena pernah me-repost foto teman saya tadi. Saya ingat Silvi pernah komen di sana, ngasih tahu apa nama bangunannya. 


Kata Silvi, nama bangunannya Arc de Triomphe. Saya jadi penasaran, pas saya searching, dapatlah ternyata Arc de Triomphe itu adalah sebuah monumen di Paris yang dibangun untuk menghormati para pejuang yang bertempur dan mati dalam Revolusi Perancis dan Perang Napoleon. Nah loh, jadi bukan di Kediri?

Terjawablah sudah, foto teman yang saya repost di Instagram itu bukan Simpang Lima Gumul, tetapi Arc de Triomphe Paris. Yang di Kediri namanya tetap Simpang Lima Gumul, atau biasa disingkat SLG. Kenapa saya bisa yakin kalau yang di-post teman saya itu bukan SLG padahal saya sendiri belum pernah melihat keduanya secara langsung? 

Perhatiin, deh. Bangunannya itu memang mirip, tapi ada bedanya. Yang paling menonjol adalah patung para pejuang yang ada di sisi kanan dan kiri monumen Arc de Triomphe. Kalau di SLG, hanya berbentuk relief, yang dari kejauhan nggak akan tampak bentuk timbulnya. Reliefnya ini menggambarkan sejarah Kediri hingga kesenian dan kebudayaan yang ada saat ini. 

By Norio NAKAYAMA from saitama, japan - Arc de Triomphe Paris France, CC BY-SA 2.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=42668100

Kalau Arc de Triomphe dibangun mulai 1806 dan diresmikan pada 1836, monumen SLG sendiri dibangun sejak 2003 dan diresmikan pada 2008. Cukup cepat untuk ukuran bangunan megah. Di dalam bangunan SLG terdapat beberapa ruangan yang bisa digunakan untuk pertemuan, ruang auditorium, ruang serba guna, dan lainnya. 

Monumen Simpang Lima Gumul ini menjadi ikon kota Kediri. Belum dibilang ke Kediri rasanya kalau nggak foto di sini. Terus, saya jadi kepengin banget ke Kediri gara-gara nulis posting-an ini. Mudah-mudahan terwujud kayak waktu nulis posting-an tentang 5 Tempat di Istanbul yang Wajib Dikunjungi, padahal belum pernah ke Istanbul sama sekali, tapi alhamdulillah tahun lalu kesempatan itu datang juga. Sayangnya sampai sekarang belum ditulis-tulis juga di blog hasil jalan-jalannya. Soon, lah ya.


Sumber: Wikipedia

P.S.: Silpi, kapan-kapan kalau aku nanti ke Kediri, kita kopdaran yaah. :)))

12 comments :

  1. amin, semoga harapannya ke Istambul dan Kediri kesampean ya :)

    ReplyDelete
  2. Bisa mirip gitu ya mbak :D
    Ditunggu cerita jalan2 ke Istanbulnya :)

    ReplyDelete
  3. Emang mirip dengan yang di Paris itu ya.
    Aku pernah ke sini, foto-foto, tapi hasilnya kabur semua gara-gara jepret-jepret kilat karena bus nya sudah mau berangkat hiks.

    ReplyDelete
  4. Udah pernah yang ke Paris, malah belum mampir yang di Kediriii.. Nanti Silpi temenin akuuu yaaa :)

    ReplyDelete
  5. SLG, dulu pertama liat aku kira gerbang masuk komplek x))))

    ReplyDelete
  6. Ayo tulis ceritanya mak, yg di paris belum pernah ke sana lah yg di kediri aja belum kok hahaha

    ReplyDelete
  7. Bangunannya bisa mirip gitu yah, apa dulu mbangunnya janjian,,, Hehe, trus yang di kediri itu apa mba, maksudnya artinya apa tuh?

    ReplyDelete
  8. enak buat foto2, kalo sore banyak penjaja makanan, cuma sayang, kalo jauh-jauh kesana cuma bisa duduk dan foto-foto, mungkin bisa ditambah apa gitu ya, kasih roller coaster mungkin, eh

    ReplyDelete
  9. Jadi nggak usah jauh - jauh ke Paris ya mbak,,, di Kediri aja udah cukup,,,, duh aku udah 2 kali kesini tapi tetap aja SLG memancarkan pesonanya dan ingin kesana lagi, :-) salam kenal mbak Isti :-)

    ReplyDelete
  10. Haha.. Main ke sini ayoook. Kopdaran mbak cer di Gumul yuks

    ReplyDelete
  11. Bangunan ini memang kayak ngga di Kediri. Aku juga pingin ke sini. :D

    ReplyDelete
  12. kalau gak dikasih tau aku mikir itu bukan di Indonesia

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^