Mau Pakai Baju yang Mana?

3.10.2016


Punya anak perempuan itu, emang beda banget sama anak laki-laki. Apalagi urusan outfit. Duh, dari bayi juga kita udah pada tahu, ya, yang namanya baju buat anak perempuan itu lucu-lucu dan gemesin. Terutama yang ada rok-roknya gitu, tuh.


Anak saya sendiri, Shaki, sejak umur 3 tahun aja udah ngerti banget soal gaya baju. Kalau mau pakai baju, saya siapin dulu beberapa macam biar dia pilih sendiri mana yang menurut dia enak dipakai di hari itu. Biasanya juga selalu saya kasih pilihan untuk bawahannya. Jadi, dia bisa ikut mengatur juga untuk baju yang dia pilih.


Itu dulu. Anaknya masih lucu dan imut-imut, masih mau dicekokin rok dan dress sama saya. Kalau saya kasih pilihan dress, selalu dua, biar dia bisa pilih salah satu. Nggak bisa nolak dan minta pakai celana, supaya dress yang udah dibeli pun bisa kepakai. Bukannya apa-apa, sih, anak ini soalnya udah pintar memilih outfit yang mau dipakai. Maka itu saya nggak pernah kasih pilihan bawahan antara rok atau celana, karena pasti yang dipilihnya adalah celana.


Sekarang, hampir nggak pernah saya nyiapin baju buat dia, kecuali baju sekolah. Soalnya setiap saya ambilkan, pasti dia nggak mau. Maunya dengan pilihannya sendiri, meski bawahannya bukan pasangannya. Dan kalau pun saya kasih pilihan antara dua dress, dia udah bisa nolak. Udah bisa ngambil baju sendiri di lemari.

Anak ini paling senang pakai celana jeans, karena katanya keren. Nggak tau sejak kapan celana jeans mulai digemari, sampai-sampai dia rela pakai celana jeans yang itu-itu aja meski udah kotor dan nggak boleh dicuci.


Terus, gimana, dong, kalau anaknya keukeuh minta baju pilihan dia sementara kita lihatnya nggak cocok atau kurang pantas? Apa kita paksa pakai baju yang kita mau atau serahkan sepenuhnya pada anak?

Saya pernah, lho, sampai berantem kecil sama Shaki gara-gara dia sama sekali nggak mau pakai dress yang pernah saya beli. Sebenarnya saya nggak mau memaksa, cuma karena kami tinggal di negara empat musim, jadi usia baju yang dipunya itu amat sangat nggak awet. Kalau dress-nya nggak mau dipakai-pakai ketika summer, alamat nggak akan cukup lagi sampai summer tahun depannya. Tapi, namanya juga anak-anak, manalah ngerti meski kita kasih penjelasan tentang musim dan outfit-nya.

Buat saya, hak anak diutamakan lebih dulu. Saya nggak mau memaksa. Meski sampai berantem sekali pun, tetap saya yang akan mengalah. Pernah juga, sih, Shaki yang ngalah, mau pakai dress. Tapi jadinya mukanya cemberut terus. Well, selama masih cocok dan pantas (sesuai acara), okelah nggak papa. Tapi, kalau udah lewat batas kepantasan, saya pasti kasih tau kalau itu nggak cocok karena bla-bla-bla-bla-bla.

Ini umur 2,5 tahun. Kayaknya mulai dari sini, deh, dia ngertinya. :D

Saya jadi ingat Mbak Astin yang membebaskan anaknya berpakaian. Saya nggak berkomentar apa-apa waktu itu karena anak saya sendiri, Shaki, saya bebaskan juga. Tapi ternyata ada beberapa pendapat bilang bahwa outfit anaknya kurang cocok untuk dipakai anak laki-laki. Kalau nggak mau melarang, diberi tahu aja baik-baik mana pakaian yang cocok untuk laki-laki dan yang bukan. Nggak apa-apa, sih, kita bereaksi dengan tertawa kalau menurut kita itu lucu. Tapi setelah tertawa dikasih tahu yang baiknya gimana kalau mau pakai baju.

Jadi, sekarang kalau mau pergi-pergi, saya selalu tanya dulu, "Mau Mama yang ambilin bajunya apa Mbak Shaki ambil sendiri?" Dan udah tahu, sih, jawabannya, pasti dia bilang, "Ambil sendiri." Dan udah ketebak juga yang diambil pasti kaos sama celana jeans. Buat sekolah pun, sekarang harus dijanjiin dulu dari malamnya kalau besok mau saya kasih dress. Kalau enggak, pagi-pagi habis mandi dia lihat dress sekolah langsung protes. Minta ganti celana kayak seragam abangnya. Hahaha.

Celana ini yang dipakai berkali-kali dan nggak bosan-bosan. :D

7 comments :

  1. hihiii..anak-anak perempuan memang banyak maunyaaa ya mba :). Obi pun centil kalau udah urusan baju hehehe

    ReplyDelete
  2. DUh shakii... padahal itu pake rok lucuuu banget loh, cantikkk... suka banget sama dua foto teratas mbak..

    ReplyDelete
  3. Suka sekali sama shaki yang pakai rok jeans di foto pertama, gemes.

    ReplyDelete
  4. Shaki suka yg simpel2 keknya. Tapi, tambah manis pakai dress, ya. Hahaha

    ReplyDelete
  5. plg suka yang foto plg bawah yg pake celana jeans... KEREN!

    ReplyDelete
  6. Shaki sekarang lebih milih pakai jeans mungkin karena lebih nyaman buat aktivitas mak.

    ReplyDelete
  7. hihihi si Shaki nih, bakat jadi model kayaknya. Lucu bangeett :D

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^