Trial di Sekolah ABC Kids Cibubur

11.21.2016

http://abcbrighton.weebly.com/index.html

Penting, nggak, trial di calon sekolah baru? Buat saya, penting. Terlebih kalau anak kita akan pindah sekolah, bukan naik level. Sekarang anak-anak saya, sih, nggak ada yang mau pindah sekolah, tapi mengingat sekarang udah waktunya berburu sekolah, saya mau cerita pengalaman anak-anak saya selama trial di calon sekolah waktu itu.

(Baca: Trial di Sekolah Putik)

Setelah memutuskan akan pindah ke Jakarta aja tahun ajaran sekarang, otomatis saya dan suami setiap hari sampe pegel tuh nyari-nyari info tentang sekolah di Cibubur. Fokus kami waktu itu adalah untuk I'am, karena pindahan dari Suly itu dia naik kelas 2 SD. Untuk Shaki, kami nggak terlalu pusing karena akan kami masukkan TK lagi aja. Lagipula, di dekat rumah ada TK yang kelihatannya cukup bagus.

Oh ya, pada waktu trial day ini, saya nggak bisa ikut karena sedang hamil gede. Jadi semua info yang saya dapat ini bersumber dari suami. Dan testimoni anak-anak juga, tentunya.

Trial di ABC Kids Cibubur


Pilihan pertama jatuh kepada sekolah ABC Kids yang di Kavling DDN, belakang Hanamasa, Cibubur. Pilih di sini karena lebih dekat dari rumah daripada yang di Kota Wisata. Udah sejak beberapa bulan sebelum suami dan anak-anak mudik, saya dan suami optimis banget masukin I'am ke sekolah ini.

Dan sejak beberapa bulan mudik itu pula, kami arrange waktu untuk trial I'am dengan pihak sekolahnya. Kebetulan waktu kami menelepon itu yang angkat adalah Wakil Kepala Sekolahnya, yang saya lupa namanya, hehe. Kami ngobrol-ngobrol dulu fasilitas apa aja yang ada di ABC Kids, kurikulumnya, alasan kami ingin memasukkan I'am ke ABC Kids, kemudian menjadwalkan hari trial-nya.

Kurikulum di ABC Kids, ada dua; yaitu Diknas dan ABC Kids-nya sendiri. Otomatis, ujiannya akan ada banyak karena kurikulum diknas itu ujiannya per semester, sementara sekolahnya sendiri per tiga bulan. :')

Plus-nya sekolah ini adalah, pertama, full English di sekolah. Ini penting buat I'am karena sampai saat ini dia masih lebih fasih berbahasa Inggris daripada bahasa ibunya sendiri, hehe. Dan kedua, masuknya pukul setengah sembilan pagi, which is bisa berangkat agak siangan biar nggak ketemu macet.

Sekolahnya sendiri, kata suami, memang nggak besar dan nggak banyak fasilitas macam-macam. Mungkin kalau yang di Kota Wisata lebih besar dari ini luasnya. Oh ya, ABC Kids yang di Kav DDN ini sekolahnya bukan cuma SD aja, tapi ada juga SMP-nya. Saya juga nggak bisa bayangin kayak apa, karena pas lihat di website-nya juga nggak dapat info yang terbaru. Pun di website-nya waktu itu nggak ada foto-foto kelas dan lingkungannya seperti apa. Jadi gimana saya mau ngebayangin anak saya sekolah di situ kayak gimana?

Oke, balik ke trial. Yang namanya trial, saya pikir kan ya I'am nanti masuk di kelas lalu belajar seperti biasa selama satu hari full. Biar dilihat bagaimana si anak beradaptasi dengan teman-teman dan pelajaran di calon sekolahnya. Itu bayangan saya.

Tapi saya salah. Trial di ABC Kids, anak saya hanya diberi lembaran soal yang harus diisi lalu nanti dievaluasi untuk ditimbang-timbang masuk ke kelas berapa. FYI, saat itu I'am udah kelas 1 di Suly. Berdasarkan ngobrol-ngobrol via telepon tempo hari, saya tanya slot kosong untuk kelas 1 karena kelas 2 katanya full. Jadi, ya, demi menyelaraskan kurikulum, saya dan suami memutuskan agar I'am ngulang lagi aja di kelas 1 supaya nggak kaget dan mulai dari awal.

Selesai I'am menjawab soal-soal yang dikasih, suami saya langsung diminta untuk menemui Wakil Kepala Sekolahnya lagi untuk mendiskusikan hasilnya. Jadi, menurut beliau, I'am bisa dimasukkan ke kelas 1 lagi. Lalu suami saya menanyakan perihal kelas 2, apakah bisa dimasukkan langsung ke kelas 2 aja mengingat I'am itu anaknya mudah bosan, takutnya terlalu lama belajar di sekolahnya. Jawabnya, nggak bisa, karena, menurutnya, susah mengurus nomor induk ke Diknas.

Baiklah kalau begitu. Suami saya lalu diberi selembar voucher diskon biaya pendaftaran sebesar Rp 1 juta. Alhamdulillah, lumayan. :')

Jadi, total waktu yang dibutuhkan untuk trial di ABC Kids ini adalah, kurang lebih dua jam. Anak saya dijadwalkan pukul 9-10 pagi, kemudian pukul 11 udah bisa tahu hasilnya. Tapi suami saya masih belum sreg untuk masukin I'am ke sini, akhirnya mencari alternatif sekolah lainnya sampai puas.

13 comments :

  1. Asyik juga ya ada trialnya, apa itu untuk semua murid yang akan masuk ke situ, Mbak? bayar enggak?

    ReplyDelete
  2. Nudah2an segera dapat skul yang cocok ya buat I'am

    ReplyDelete
  3. sepertinya memang perlu ada trial ya mbak buat masuk sekolah baru..jdai dilihat sejauh mana anak nyaman

    ReplyDelete
  4. Trial di sekolah memang bagus, agar anak-anak bisa tau kira2 dia suka atau ga ya Mba. Namanya anak-anak kadang cocok-cocokan.

    ReplyDelete
  5. seru juga ya...
    berarti perlu banyak sekolah bila agar anak bener-bener suka dan cocok ya?
    terima kasih

    ReplyDelete
  6. boleh trial asyik juga tu untuk anak apa merasa cocok ato ngga.... , tapi tetap bayar ya...

    ReplyDelete
  7. wah masuknya jam 8.30 ya mak pulang jam berapa? Have fun ya I'am di sekolah baru

    ReplyDelete
  8. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    ReplyDelete
  9. Aku jarang coba trial, Isti.. tapi pastinya bagus karena memberi gambaran yang lebih akurat buat kita. kalau di sini ada open house sekolahnya

    ReplyDelete
  10. Wah, belum pernah trial kayak gini. Seru juga kayaknya ya. Moga cepet dapat sekolah yg diinginkan ya Mbak.
    Salam kenal darikuh, aku follow, folbek ya :)

    ReplyDelete
  11. Anakku yg pertama udah minta skul teruuus mba.. baru dgr ABC kids ini :) trial sekolah jaman ku dulu ngga ada hihiii
    Moga I'am tambah pinter yaaa...

    ReplyDelete
  12. Sekarang sekolah swasta ada kelas trial ya, semoga anak-anak cocok dengan sistem pendidikan dan fasilitas yang disediakan. Mudah-mudahan bisa dapetin sekolah yang cocok dengan anak. :*

    ReplyDelete
  13. Trims sharingnya. Bagus ya ada trial. Tapi kirain trial tuh, masuk kelas bersama teman. Ternyata ngerjain soal ya...Mudah2an dapat school yang cocok ya...

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^