6 Jenis AC dan Kegunaannya

1.26.2017

AC jadul yang saya punya dulu seperti ini bentuknya jika tampak belakang. Source: airlux.ca

Lagi keingetan rumah lama di Palembang. Iya, dulu saya pernah tinggal di sana, walaupun cuma sebentar banget. Keluarga saya sih lama di sana, tapi sayanya kan lagi kuliah di Bandung waktu itu, jadi mudik sesekali aja. Mahal bok ongkosnye!


Nah, baru di rumah sanalah, orang tua saya memutuskan menggunakan AC di rumah. Sebelumnya, kami tinggal di Pangkalan Berandan, Medan, sama sekali nggak pakai AC satu pun. Di rumah Palembang, kami pakai dua jenis AC yang berbeda. AC yang jadul, dan yang baru, kami nyebutnya. Dibilang AC jadul, karena sejak tinggal di Medan, banyak teman-teman saya yang pakai AC jenis ini. Jadi dia berbentuk kotak besar yang ditempelkan di dinding (jendela) rumah, dan jendelanya itu harus dibolongin dulu sebelumnya. Gede. Berat. Nggak pakai remote control.

Kan saya jadi penasaran, sebenarnya si AC jadul ini nama jenisnya apa, sih, ya? Sekarang masih ada nggak ya yang pakai AC model begini? Setelah saya riset, tsaaaaah riset, maksudnya nyari tahu, ternyata, ada 6 jenis AC yang berbeda bentuk dan kegunaannya. Wah, karena ini menurut saya adalah pengetahuan, jadi saya mau nyatet di blog aja sekalian.


Jenis-jenis AC & Kegunaannya


  • AC Window

AC Window adalah AC generasi pertama yang bentuknya masih kotak sederhana dan tidak memiliki bagian indoor atau outdoor. Dengan kapasitas sebesar 0,5 PK sampai dengan 2,5 PK, AC jenis Window tidak membutuhkan remote control dalam pengoperasiannya karena tombol pengatur fitur yang ada sudah terintegrasi pada AC itu sendiri. AC Window biasanya ditempatkan di space kosong bawah jendela. AC jenis ini, ternyata, sudah nggak diproduksi lagi oleh pabrik karena dinilai nggak praktis dan ketinggalan zaman. Emang iya, sih. 😁
  • AC Split

Dinamakan AC split karena bagian indoor yang mengeluarkan udara dingin untuk di dalam ruangan dan outdoor yang mengeluarkan suara berisik serta udara panas terpisah di ruangan yang berbeda. Bagian outdoor dari AC jenis split berfungsi sebagai kompresor, kondensor, dan katup ekspansi. Penempatan AC split adalah di dinding ruangan, agak menjorok ke langit-langit. AC split adalah jenis AC yang digunakan untuk keperluan pribadi dan bersifat mikro seperti perumahan, dan ruangan sekolah.
  • AC Sentral
Source: locanto
AC yang juga dikenal dengan AC ducted ini pada umumnya diletakkan di tempat atau area yang lebih besar seperti mall, hotel, dan gedung perkantoran. AC sentral memiliki fitur satu kompresor besar, satu kondensor yang diletakkan di luar gedung, dan satu evaporative unit yang diletakkan di dalam gedung. Kapasitas AC sentral berkisar antara 10 sampai dengan 20 PK. Hmm, pantesan aja, selama ini saya suka mikir kalau di hotel atau mall gitu, AC-nya pakai yang kayak gimana, ya? Kalau kayak yang di rumah saya, mah, kayaknya sulit, kan setiap satu AC pakai satu kompresor, sementara kalau di gedung-gedung begitu kan tinggi, nggak mungkin kompresornya ditaro di masing-masing ruangannya.
  • AC Cassette

AC jenis ini cukup unik karena penempatannya yang menempel di plafon langit-langit ruangan. Karenanya, diperlukan tenaga dari ahli yang sudah terbiasa memasang AC jenis cassette. AC jenis ini biasa dipakai di tempat umum, restoran, dan bioskop. Yak, yang sering ke bioskop, pernah merhatiin, nggak? Kalau iya, hebat! Secara di dalam studio bioskop kan gelap. 


  • AC Portable 
source: amazon
AC yang memiliki nama lain AC Standing Floor ini, sesuai namanya, dapat dipindah-pindah sesuai keinginan penggunanya dan berdiri di lantai – bukan ditempel di dinding seperti AC pada umumnya. Anda pasti tidak asing melihat AC ini digunakan di acara-acara besar seperti pernikahan, pesta ulang tahun, acara syukuran, dan lain-lain. AC ini bekerja dengan sistem pendingin yang terletak pada bagian bawah mesin yang mengeluarkan udara panas ke ventilasi luar mesin. Dengan kapasitas 1 PK hingga 5 PK, AC portable memiliki dua bagian yang biasa dimiliki oleh AC jenis lainnya, yaitu bagian indoor dan outdoor. Nah, buat yang punya rumah besar tapi nggak mau pakai banyak AC, kayaknya enak deh punya yang jenis ini. Jadi, kalau pas lagi ada acara keluarga di rumah, bisa pakai AC tambahan dengan yang portable ini. Atau, bisa juga, tuh, disewain! 😏
  • AC Split Duct
source: temperzone
AC jenis split duct (pipa terpisah) menyebarkan udara dingin bukan diatur dengan pengatur suhu sendiri melainkan memiliki satu titik kontrol untuk beberapa mesin AC. AC ini dapat Anda temui di mall atau gedung yang memiliki ruangan luas sehingga cara terpraktis untuk mendinginkan ruangan adalah dengan menggunakan AC jenis split duct. Kelebihan penggunaan AC split duct adalah selain praktis (tidak perlu menyalakan satu per satu, cukup menekan satu tombol pengontrol utama), juga untuk keindahan dan ketenangan ruangan karena AC split duct tidak mengeluarkan suara berisik sama sekali. Namun, biaya dari penggunaan dan pemeliharaan AC split duct cukup tinggi sehingga memang paling cocok digunakan untuk kepentingan umum, bukan kepentingan pribadi.


Mencari Penyedia Jasa untuk Memasang atau Memperbaiki AC



Mencari penyedia jasa yang terpercaya bukanlah hal yang mudah, khususnya penyedia jasa yang bergerak pada bidang service AC. Banyak riset yang harus dikerjakan dan panggilan telepon yang harus dibuat untuk mempermudah pengambilan keputusan untuk menyewa jasa mereka. Memang ada banyak sekali jasa service AC di luar sana, namun apa kita mudah yakin dengan kualitas mereka? Belum lagi banyaknya pengalaman yg nggak enak kalau asalan memanggil teknisi AC. Akibatnya, yang ada AC bukannya jadi benar, malah tambah rusak dan biaya yang dikeluarin pun membengkak. Salah memilih penyedia jasa, bisa-bisa kita malah ngeluarin biaya lebih banyak daripada yang seharusnya kita bayar. Adalah Sejasa, yang menyadari akan permasalahan tersebut. Sejasa hadir untuk membantu kita dalam menemukan rekomendasi penyedia jasa terpercaya untuk segala kebutuhan kita.

Dengan menggunakan penyedia jasa dari Sejasa.com, kita nggak perlu takut lagi dikecewain tukang service AC. Karena, sebelum merekrut mereka, kita dapat terlebih dahulu menerima penawaran dari beberapa jasa, kemudian membandingkannya, lalu memilih yang terbaik. Sejasa.com memungkinkan kita untuk melakukan permintaan dalam satu langkah. Coba deh buka website-nya Sejasa.com, pilih penyedia jasa yang sesuai dengan kebutuhan kita, atau tulis kategori layanan yang Anda butuhkan pada kolom pencarian untuk mendapatkan daftar rekomendasi penyedia jasa terpercaya dan tulis lokasi kita.

Saya udah coba. Dan benar, dalam waktu satu hari, saya dapat beberapa penawaran dengan harga yang berbeda. Saya juga nggak asal pilih yang paling murah, tetap profil masing-masing pemberi jasa saya lihat dulu untuk dibandingkan. Saya baca juga review pemakainya, dan berapa bintang yang didapat pemberi jasa tersebut. Jika kita udah memutuskan piihan, nanti dari pihak jasanya akan menghubungi kita langsung via telepon atau What's App untuk menentukan jadwal kedatangan.

3 comments :

  1. Klo ac Kantor tuh sering central yaa mba. Klo kdinginan susah deh mainin suhunyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mbak. Jadinya kudu sedia jaket atau cardigan di kantor kalo-kalo kedinginan. :))

      Delete
  2. macamnya banyak ya..cari yang paling efisien dan murah..

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^