Perayaan Tujuh Belasan yang Pertama

9.15.2017


Iya, iya, tujuh belasannya udah lewat emang. Tapi saya cuma pengin cerita aja, kalau tahun ini tuh anak-anak saya udah ngerti sama perayaan tujuh belasan dan baru pertama kali ikutan lombanya. Oh, pada tahu kan kalau anak saya udah pada gede-gede? I’am tahun ini masuk 8 tahun, sementara Shaki 6 tahun.

Kok pertama kali?

Jadi kan tahun lalu itu saya baru aja pindah ke Indonesia, ya. Yang suka baca blog saya pasti ngerti, deh, harusnya. Nah, waktu baru pindah itu, anak-anak masih pada malu-malu dan nggak ngerti konsep lomba tujuh belasan. Meski saya udah kasih tahu dan jelasin setiap hari menjelang hari H, tetap aja, pas tanggal tujuh belasnya mereka pada nggak mau ikut.

Alasannya? Ya apalagi kalau bukan malu? Baru aja pindah, belum kenal siapa-siapa, ujug-ujug diajakin lomba tingkat RT. Ya wassalam deh ya. Hahaha. Jadi tahun lalu itu meskipun saya kecewa, tapi saya nggak mau memaksa. Nah akhirnya alhamdulillah tahun ini anak saya bisa ikutan. Yeay!

Pawai Tujuh Belasan 


Ini yang paling depan, Shaki :)

Kebetulan sekolah anak-anak saya beda. Shaki, perayaannya sehari sebelum tanggal 17, yaitu hari Rabu. Anak murid di sekolah Shaki diwajibkan memakai pakaian merah-putih dan membawa bendera untuk dibawa pawai. Wah, pawai! Ini yang saya tunggu-tunggu dari semenjak pindah tahun lalu. Pasalnya, di TK-nya dulu nggak ada pawai keliling pas 17-an. Asyik banget akhirnya dia tahu konsep pawai juga.

Saya sendiri waktu SD rajin banget ikutan pawai. Malahan, dulu pas masih tinggal di P. Berandan, Medan, pawainya dua kali: tanggal 13 Agustus dan 17 Agustus. Yang 13-nya itu memperingati kota P. Berandan dibumihanguskan oleh penjajah Belanda. Iya, saya ikut dua-duanya dengan kostum andalan: dokter kecil.

Nah, gimana saya nggak senang banget begitu tau Shaki bakalan pawai? Dari pagi sebelum berangkat, saya udah siapin susu vidoran Xmart 5+ Cokelat untuk tenaganya. Shaki itu nggak suka sarapan pagi, makanya saya selalu sedia susu untuk pengganti sarapannya yang hilang. Dan, anaknya semangat banget plus happy sampai pulangnya!

Foto bersama teman sekelas dan guru-gurunya. 

Yang bikin saya happy juga, ada salah satu orang tua murid yang kirimin foto-foto kegiatan 17-an di sekolah ke What’s App Group. Ah, bangganya saya lihat anak yang udah SD ini ikut perayaan tujuh belasan, setelah bertahun-tahun tinggal di negeri orang dan nggak ngerti apa-apa tentang semangat pahlawan-pahlawannya.


Lomba Tujuh Belasan di Sekolah 

Yang mana I'am? Tuh, yang mukanya nggak kobe sendiri :D

Kalau Shaki ikut pawai, lain dengan sekolah I’am. Sekolah I’am, tanggal 17-nya tetap masuk dan ada upacara di pagi harinya. Jadi dari rumah I’am udah pakai seragam putih-putih buat upacara. Setelah upacara, anak-anak ganti baju merah-putih yang udah dibawain untuk ikut lomba.

Nah, kalau I’am, setiap pagi harus sarapan dulu. Biasanya dia sarapan sereal terus setiap hari. Susunya, saya seduh susu vidoran Xmart 5+ Cokelat. Makan serealnya dapat, susunya juga tetap dapat. Alhamdulillah, pulang-pulang anaknya cerita kalau dia ikut lomba makan kerupuk dan jalan pakai bakiak, menang. Hadiahnya? Jajanan semua. Sebagian dikasih ke adiknya, Shaki, karena dia tahu adiknya suka jajanan yang dibawanya. Ah, Mas I’am, bisa aja bikin mamanya ini terharu. :’)



Kenapa Minum Susu vidoran Xmart?



Hehehe. By the way, ada yang nanya, nih. Kenapa kok tumben banget saya kasih anak-anak susu formula?

Iya, biasanya mereka memang minum susu UHT aja. Tapi kok kayaknya saya jadi kepikiran, ini nutrisinya cukup nggak ya dengan UHT aja? Kan anak-anak banyak banget kegiatannya setiap hari. Maka itu saya mulai ngenalin vidoran Xmart 5+ yang merupakan susu formula pertama yang dicoba sama Shaki. Kalau I’am, dulu mah minum susu formula jaman masih balita.

Nah, yang bikin saya beralih ke vidoran Xmart 5+ adalah karena susu untuk tumbuh kembang anak ini mengandung asam lemak esensial dan sumber serat pangan Inulin yang baik untuk pencernaan anak. Dilengkapi juga dengan formula Nutriplex yang kaya kandungan berbagai nutrisi penting, yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan. Susu vidoran  Xmart 5+ ini mengandung Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod) yang berasal dari perairan laut dalam sehingga bebas kontaminasi dan tinggi nutrisi. Susu nggak harus mahal, kan? Yang terpenting nutrisi dan gizi harus terpenuhi.

Ada Lombanya vidoran Xmart Juga, Lho!


Kalau dengar kata lomba, semangaaaat banget! Yuk, bikin anak kita makin semangat minum susunya setiap hari dengan ikutan lomba dari vidoran Xmart!

Dalam rangka masih dalam semangat 17-an, vidoran Xmart  mau mengajak anak-anak usia balita dan sampai 8 tahun untuk ikut lomba menyanyikan lagu Hari Merdeka (17 Agustus)  #SemangatAnakvidoran.

Cara ikutannya guampang buanget! Cuma dengan merekam video saat menyanyikan lagu Hari Merdeka  ciptaan H. Mutahar itu lho, dengan smartphone atau pun gadget lainnya. Nyanyinya boleh sendiri, tapi lebih seru lagi kalau sama Mama, Papa, adik, atau kakak. Ng, tapi kayaknya kalau saya nggak akan ikutan nyanyi deh, bisi merusak irama. :D

Mekanisme mengirim videonya gimana? Nah, ini saya tulisin S&K-nya sekalian deh ya.

1. Semangat Anak vidoran adalah kampanye yang mengajak orang tua dan anak Indonesia mengabadikan momen kebersamaan dengan menyanyikan lagu Hari Merdeka karangan H.Mutahar sebagai wujud semangat kemerdekaan.

2. Seluruh peserta adalah warga negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia, memiliki anak berusia maksimal 8 tahun  dan dapat dibuktikan dengan identitas diri berupa kartu identitas (KTP/SIM).

3. Periode kegiatan ini mulai dari 1 Agustus – 17 September 2017.

4. Mekanisme Semangat Anak vidoran:
a. ‘Like’ Facebook Fanpage Anak vidoran, ‘Follow’ Twitter @anakvidoran dan Instagram @anak.vidoran.
b. Beli produk susu vidoran apa saja.
c. Abadikan momen bersama si Kecil menyanyikan lagu Hari Merdeka karangan H. Mutahar.
d. Upload video-nya ke Facebook atau Instagram.
e. Mention @anakvidoran dan sertakan hashtag #SemangatAnakvidoran.
f. Wajib menggunakan atribut merah putih dan menyertakan kemasan susu bubuk vidoran Xmart 1+, 3+, atau 5+.
g. Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu video
h. Peserta boleh menggunakan alat musik sebagai alat bantu menyanyi.

5. Kriteria pemenang adalah ekspresi dan kreativitas dalam penampilan membawakan lagu. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

6. Hadiah yang akan diberikan berupa 10 voucher belanja masing-masing senilai Rp 1.000.000 dan bingkisan produk untuk 10 video terbaik pilihan juri.

7. Pemenang akan diumumkan pada akhir periode di Facebook, Twitter, dan Instagram Anak vidoran.

8. Pemenang akan dihubungi Penyelenggara untuk verifikasi data diri. Kandidat Pemenang wajib memberikan dan/atau mengisi data diri dengan benar dan lengkap, paling lambat 1 (satu) minggu setelah dikonfirmasi pihak Penyelenggara

9. Penyelenggara berhak melakukan verifikasi data kandidat. Pemenang dan berhak membatalkan status pemenang jika diketahui data yang diterima palsu.

10. Pengiriman hadiah akan dilakukan maksimal 90 (Sembilan puluh) hari setelah konfirmasi kelengkapan data dilakukan.

11. Dengan mengikuti kegiatan ini, seluruh peserta dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

12. Pihak penyelenggara berhak untuk mengubah dan/atau memodifikasi syarat dan ketentuan kegiatan ini dari waktu ke waktu dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

13. Pihak penyelenggara berhak mendiskualifikasi peserta dan/atau pemenang yang menurut penyelenggara tidak memenuhi dan/atau melanggar syarat dan ketentuan kegiatan ini.

14. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Facebook, Twitter, atau Instagram Anak vidoran.

15. Hadiah tidak dapat dialihkan, ditukar barang lain, atau diganti dengan uang, dan dipindah-tangankan.

16. Setiap hasil video dan data yang diikutsertakan dan dikirimkan dalam program ini menjadi hak milik vidoran dan penyelenggara berhak untuk mempergunakannya sesuai dengan kepentingan program.

17. Program ini tidak dikenakan biaya apapun. Pajak ditanggung penyelenggara. Hati-hati penipuan. Keputusan Penyelenggara tidak dapat diganggu gugat.


Yang punya anak usia 5-8 tahun, pada ikutan lomba #SemangatAnakvidoran, ya! Semangatin anaknya lagi tentang kemerdekaan Indonesia!


4 comments :

  1. Seru lomba tujuh belasan nya ya. Anak-anak pasti semangat kalo ada lomba makan kerupuk hehehe :D

    ReplyDelete
  2. seru ya perayaan tujuh belaaan itu. kalo lagi di Luar hal2 begini yg ngangenin nih

    ReplyDelete
  3. seru ya perayaan tujuh belaaan itu. kalo lagi di Luar hal2 begini yg ngangenin nih

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^