Susu Friso, Membantu Anak Kuat dari Dalam

12.06.2017


Jadi Amanda ini umurnya akhir bulan Januari besok udah 2 tahun. Belum ada rencana untuk sapih secepat itu juga, sih, soalnya anaknya kok makin ke sini malah makin nempel ya sama gentongnya? 😅  Tapi  nggak ada salahnya kan dari sekarang udah mulai cari-cari susu pengganti? 

Dulu waktu jaman kakaknya, I'am, sempat minum susu berbagai macam merek dari yang awalnya paling mahal sampai yang harganya murah. Maklum aja, dulu I'am sempat tinggal sama Eyangnya di Jawa ketika saya harus menyelesaikan skripsi di Bandung, juga sedang hamil besar. Jadi kata Eyangnya, uangnya sayang kalau beli susu yang mahal-mahal, mending yang biasa aja, toh anaknya juga mau-mau aja. Begitulah, sampai akhirnya ketika I'am kembali ke pangkuan saya, saya lihat giginya banyak karies yang ternyata karena susunya mengandung banyak gula. Hiks. 

Nasi sudah menjadi bubur. Nggak ada yang bisa diseseali dan salahkan. Kalaupun ada, satu-satunya yang salah ya saya. Seharusnya I'am saat itu sama saya, tetap ASI aja, kenapa harus jauh-jauh segala? Oh ya, waktu itu I'am nggak bisa ASI sampai 2 tahun full. Umurnya baru setahun ketika saya titipkan ke Eyangnya.


Pada anak kedua, Shaki, saya nggak mau kasih susu pengganti akhirnya. Saya takut seperti kakaknya. Tapi jadinya sampai sekarang dia kurang suka minum susu. Tujuh tahun kemudian, saat ini, saya mulai khawatir lagi. Susu merek apa yang baik bagi tumbuh kembang anak? Secara jedanya cukup lama, saya nggak tahu perkembangan susu saat ini.

Nutrisi Dalam Keadaan Alami, Kuat dari Dalam



Karena saya mamah muda yang kurang begitu ngerti tentang dunia persusuan, maka ketika diundang event Friso - Mom Bloggers Gathering Sabtu lalu di Kembang Kencur, Jakarta Selatan, saya senang sekali. Saya jadi punya banyak ilmu lagi tentang susu. Kemurnian susu, proses pembuatan susu, juga tumbuh kembang anak yang makan dan minum dari bahan-bahan alami.

Makanan dan minuman dengan kandungan gizi dalam keadaan alami berperan penting bagi tumbuh kembang anak karena dapat memberikan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan dapat diserap dengan lebih baik oleh sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan anak terganggu, anak pasti rewel.


Menurut dr. Diana Suganda, MKes, SpGK, "Di masa pertumbuhan, anak-anak butuh beragam jenis nutrisi mulai dari makronutrien dan mikronutrien. Yang termasuk dalam makronutrien itu adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral dari berbagai macam jenis pangan."

Sampai di sini aja udah jleb duluan di saya. Gimana enggak, anak-anak jarang makan sayur. Kalau makan nasi, yang penting ada lauk. Udah titik. Sayur kok semacam kalau ada dimakan, kalau nggak ada ya nggak usah juga nggak apa-apa.

Terus dokternya lanjut lagi bilang, bahwa makanan dan minuman yang keutuhan nutrisinya terjaga, dapat dilihat dari proses pengolahannya. Seperti sayur, kalau dimasak terlalu lama nutrisinya banyak yang hilang. Beda dengan daging, masaknya harus lama memang agar matang dan bakteri-bakteri yang ada di dalamnya bisa mati. Begitu juga denan susu. Carilah susu yang kandungan proteinnya utuh dan tidak rusak."

Nah, ini, nih! PR banget nggak sih?

Contoh takaran bahan-bahan pangan alami yang sesuai untuk kebutuhan anak.

Semua pangan tersebut rupanya punya pengaruh besar terhadap pencernaan anak. Menurut dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes, "Bila kita mengasup makanan dan minuman dengan nutrisi dalam keadaan alami, sistem pencernaan kita menyerap lebih mudah, dan resiko terjadinya masalah pencernaan menjadi lebih kecil."

Berbagai penyakit seperti diare dan sembelit adalah cotnoh gangguan kerja sistem pencernaan. Sedih, nggak, sih, kalau lihat anak udah sakit? Emangnya kita tega ngebiarin gitu aja tanpa ada perawatan apa-apa? Apalagi kalau anaknya udah uring-uringan kesakitan susah ngeluarin pupnya, atau mules-mules setiap saat pas diare.

Anak saya, I'am, termasuk yang paling sering kena diare. Kemungkinan besar sih dari makanan. Atau dari tangannya yang kotor kemudian memegang makanan. Yah, balik lagi ke makanannya juga kan. Kalau sudah diare begini, nggak ada cara lain selain berobat ke dokter, istirahat di rumah, dan pakai diaper setiap hari. Hehe. Iya, saya sampai nyetok di rumah lho, diaper buat jaga-jaga kalau dia diare lagi.
Agar pencernaan anak sehat, mari lakukan ini!
1. Berikan nutrisi sehat, lengkap, seimbang dan berkualitas bagi anak.
2. Terapkan gaya hidup bersih dan sehat dalam keseharian.
3. Cegah penyakit pencernaan dengan imunisasi.

Nutrisi dalam keadaan alami berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak karena seluruh nutrisi yang diberikan dapat terserap dengan sempurna, menjadikan anak kuat dari dalam. Anak-anak yang kuat dari dalam adalah anak-anak yang jarang sakit, akan mampu tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensi genetiknya.

Untuk membantu anak-anak menjadi kuat dari dalam di masa tumbuh kembangnya, susu adalah salah satu yang dibutuhkan untuk tambahan asupannya sehari-hari. Jangan sampai salah memilih susu kayak saya di tujuh tahun yang lalu, ya. Coba-coba boleh, tapi kalau udah dapet yang cocok, nggak usah down grade deh demi keiritan kalau memang mampu.

Medical Marketing Manager Friso, dr. Rulli P. A. Situmorang, memperkenalkan Friesland Campina, perusahaan penghasil susu terbesar di dunia yang menghadirkan produk susu premium Friso.

Friso diolah dengan menerapkan konsep Nature Science yang artinya seluruh proses produksi mulai dari pemilihan pakan ternak untuk sapi hingga pemrosesan akhir produk dilakukan sendiri oleh Friesland Campina. Dan dalam proses tersebut digunakan metode one single process yang mengolah dari bahan baku susu segar hingga menjadi produk Friso dengan satu kali pemanasan saja.

"Friso diproduksi dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas protein dalam susu agar mudah dicerna dan diserap oleh anak."

Friso menggunakan proses yang di atas, single process. Sementara yang di bawah adalah susu merek lain.

dr. Rulli juga menambahkan, "Dengan keistimewaan teknologi dan proses produksi ini, maka Friso dapat membantu anak-anak tumbuh kuat dari dalam, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan melakukan berbagai aktivitas seru lainnya."

Hmm okelah kalau begitu. Saya jadi tambah banyak ilmu nih jadinya dari masalah pencernaan sampai susu yang berproses satu kali aja. Emang, sih, setahu saya, dulu pernah nonton tuh liputannya proses pembuatan susu formula, dari yang tadinya susu segar dari peternakan, melalui banyak proses sampai akhirnya bisa jadi bubuk. Beneran ya, itu ngeliatnya juga capek. Banyak banget bok tahapannya!

Ini juga yang menjadi salah satu alasan saya nggak mau kasih susu formula tambahan buat Shaki, selain takut giginya banyak karies. Tapi setelah mendapatkan penjelasan dari dr. Rulli, saya jadi ngerti, apa bedanya susu premium dan yang biasa-biasa aja. Ada harga ada rupa, memang. Kalau kita mampu dan ingin berikan anak susu yang berkualitas baik, Friso bisa jadi pilihan. Atau bahkan satu-satunya pilihan.

Terakhir, dr. Rulli juga mengenalkan ANA, Ahli Nutrisi Alami. Kita bisa berkonsultasi langsung mengenai nutrisi anak di FB Mesenger dengan dokter-dokter dari Friso.

Terima kasih, Friso dan Blogger Perempuan!


Website: www.friso.co.id
FB: Friso Indonesia
IG: @frisopopupplay

12 comments :

  1. Aku kagum banget sama proses produksi susu Friso ini, sapinya diservice eksklusif, hasil susunya juga pasti sehat :)

    ReplyDelete
  2. Baca ini jadi tambah ilmu tentang persusuan ku.. :)

    ReplyDelete
  3. oke bangeeet ya mba..dan pastinya produknya pas buat anak-anak..

    ReplyDelete
  4. Manda, Yasmin sekarang sudah gripis giginya. Ibunya sedih pisaaan. Ini lagi berjuang biar gripisnya ngga mrembet2.

    Yasmin ntar nyobain Friso juga kalik, ya. Kalau udah punya adek. Hahaha

    ReplyDelete
  5. Aku diceritain tmnku yg penelitian skripsi soal pemrosesan susu juga katanya puyeng, banyak tahap

    ReplyDelete
  6. Pas nyobain susu Friso disana anakku juga suka :)

    ReplyDelete
  7. Hawna dah nyoba susu Friso kotak kayaknya.

    ReplyDelete
  8. wah saya malah bau tahu nih ada susu ini

    ReplyDelete
  9. Susu Friso ini rasanya enak, gak bikin eneg, gak kerasa zat besinya. Saya aj suka apalagi anak2 hehe

    ReplyDelete
  10. akupun gitu, yang penting anak makan. Padahal sayur dan buah itu penting yaa

    ReplyDelete
  11. waahh harus lebih aware dengan asupan alula nih.. ternyata asupan yg masuk ngaruh banget ke pertumbuhannya.. tfs mba :)

    ReplyDelete
  12. Sistem cerna yg sehat tuh ngaruh bgt yaa ke tumbuh kembang anak

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^