Mitos Keputihan dan Daun Sirih

1.24.2018



Ada yang ngalamin keputihan sejak gadis? Atau pas hamil malah semakin menjadi-jadi? Saya pernah ngalaminnya. Banget-banget.

Well, masalah kewanitaan yang satu ini, memang sangat riskan, ya. Saya pikir keputihan itu wajar dialami semua perempuan, soalnya saya dari dulu tuh nggak pernah absen pakai pantyliner.

Kalian tahu pantyliner, kan? LOL.



Keputihan


Keputihannya nggak pernah berenti. Saya malah amazed kalau sehari aja nggak keluar keputihannya. Dan kalau saya baca-baca dari berbagai sumber, ternyata keputihan itu ada yang memang normal dan tidak normal. Wah, saya langsung deg-degan pas baca satu-satu ciri-ciri yang nggak normalnya.

Keputihan yang normal itu seperti ini ....
  • Warnanya bening hingga agak keputih-putihan
  • Nggak berbau
  • Nggak menimbulkan gatal

Sementara yang nggak normal itu ternyata ....
  • Berwarna hijau, kuning, cokelat, atau putih susu
  • Bikin gatal
  • Miss V terasa perih
  • Berbau, biasanya amis sih ini

Yah, kurang lebihnya segitu ciri-cirinya. Kalau mau tahu penjelasan tentang berbagai macam warna keputihannya, bisa kali dicari di Mbah Google.

Oke, lanjut.

Waktu itu, saya pikir masih normal-normal aja keputihannya. Tapi ternyata, pengguanaan pantyliner itu nggak bagus, ya? Soalnya malah bikin Miss V nggak bisa bernafas dan lembap. Sementara Miss V seharusnya tetap bersih dan kering supaya keputihan nggak keluar. Tapi ya gimana lagi, saya nggak bisa kalau nggak pakai. Masak mau cuci CD terus setiap mau ganti? Semacam makan buah simalakama jadinya.

Ini kejadiannya waktu jaman-jaman kuliah, kira-kira 10 tahun yang lalu. Ya Tuhan. Berapa umur saya sekarang memangnya? :(

Keputihan saya terus berlanjut sampai menikah, dan semakin parah ketika hamil. Kalau diingat-ingat, pas hamil itulah keputihan saya mencapai level nggak normal. Soalnya ciri-cirinya mirip gitu sama yang udah saya tulis di atas. Nah, pas hamil kedua itu, kan dokter kandungannya beda sama yang pertama, jadi saya diperkisa dalam untuk dilihat jenis cairannya.

Sehabis itu saya dikasih resep obat yang harganya nggak murah. Harga satuannya sampai 80 ribu waktu itu, sekitar tahun 2010. Dan saya dapet banyak, Nah dari situ saya beranggapan kalau keputihannya udah masuk level nggak normal. 😭


Mitos Daun Sirih


Baru aja saya ngerti, kalau salah satu cara tradisional untuk mengatasi keputihan itu bisa dengan membasuh menggunakan air rebusan daun sirih. Wah, saya tahunya daun sirih cuma buat nenek-nenek nyirih doang, sama penutup ramuan jamu yang saya oles di perut setiap pasca melahirkan. Kenapa nggak dari dulu ya taunya?

Etapi, ada yang bilang itu cuma mitos doang. Pakai air rebusan daun sirih bisa ngilangin keputihan? Jadi saya harus percaya yang mana, nih?

Nah, ternyata, air rebusan sirih itu memang baik sebenarnya untuk mengatasi keputihan. Tapiii, nggak perlu setiap hari juga pakainya, cukup ketika keputihan sedang banyak-banyaknya. Atau kalau pas kasus saya, ketika mencapai level nggak normal aja.

Tapi, ya, saya nggak suka cium bau rebusan daun sirih. Apalagi pas buka tuutp panci terus kan menguar tuh uapnya. Eugh rasanya…. Yasalaam, mendingan saya diminta untuk makan sambel 10 caberawit aja deh.

Lagipula, jaman now begini, apa masih ada yang di rumahnya ditanamin pohon sirih? Jarang banget kayaknya kalau tinggal di kota. Secara rumah aja secuil, nggak ada halaman, mepet banget mentok sana mentok sini kalau jalan, hahaha. #problem


Resik-V Godokan Sirih




Nggak usah kerepotan nyari daun sirih ke mana-mana. Sekarang mah udah ada yang praktisnya. Nggak perlu ngerebus-rebus segala. Tinggal ke kamar mandi aja, lalu basuh. Resik-V kan punya varian Godokan Sirihnya,

Sebelum pakai Resik-V Godokan Sirih, saya pernah coba berbagai merek pembersih Miss V. Rata-rata, wanginya ya wangi sabun gitu. Saya kurang suka. Tapi begitu ada varian Godokan Sirih dari Resik-V, saya malah sukkaaa banget. Meski wanginya rebusan daun sirih banget, tapi nggak menyengat baunya.

Nah, Resik-V Godokan Sirih ini aman lho digunakan setiap hari karena terbuat dari bahan yang alami. Namun, tetap disarankan untuk digunakan ketika menjelang dan saat datang bulan, serta ketika mengalami keputihan. Resik-V Godokan Sirih ini juga satu-satunya pembersih area Miss V yang halal dan higienis. Resik-V Godokan Sirih juga berfungsi sebagai antiseptik dan antibakteri alami, dan yang harus di-highlight adalah … bisa mengatasi keputihan! 💓

Setelah rutin basuh pakai Resik-V Godokan Sirih selama kurang lebih semingguan, saya get amazed karena keputihannya nggak sehebat dulu lagi. Alhamdulillah banget, cairannya sekarang mah bening dan nggak berbau, dan nggak bikin gatal-gatal lagi.

Selain bikin saya happy karena akhirnya berhasil mengalahkan keputihan, Resik-V Godokan Sirih ternyata juga membantu menetralkan bau tak sedap di area Miss V. Wah, bisa makin lengket deh ini sama pasangan. 💚💚

20 comments :

  1. Klo lagi hamil aku jg sering keputihan. Ini bagus ya Mba boleh nih dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan, berarti bukan aku aja yg ngerasain banyak2nya pas hamil... Boleh Mba dicoba, aman kok :)

      Delete
  2. daun sirih biasanya kubuat membasuh Miss V aja, belum pernah minum. Praktis banget klo ada Resik V Godokan Sirih ini ya, nggak perlu bingung2 cari daun sirihnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, kalau diminum khasiatnya nanti beda. Praktis pakai Resik-V :))

      Delete
  3. Dulu aku sering bikin rebusan daun sirih. Sekarang jarang ke pasar, jadi susah dapat daun sirihnya. Kayaknya aku mau pake Resik V juga deh, biar praktis.. TFS ya Isti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus ke pasar ya, mbak? Aku aja ke pasar baru berapa kali, kudu sama suami soalnya aku ga bisa nyetir motor, hahhaha. Pake Resik-V yang praktis aja lah ya?

      Delete
  4. Bener, pakai rebusan daun sirih bisa ngurangi keputihan. kalau ngga mau repot, beli jamu daun sirih juga bisa. :D Dan kalau ngga mau repot (lagi), pakai Resik-V, tinggal elus2. Cukup. Qiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tukang jamu juga udah jarang lewat depan rumahku. Kalau pun lewat, dia ga bikin rebusan daun sirih, huhuhu. Makanya udah susah banget nyarinya. Udah bener lah pake Resik0V yang praktis. :)

      Delete
  5. Rebusan sirih memang juara yaa.. ingin jama di Lampung punya pohonnya jadi suka rebus sendiri dan fresh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah asyiknya punya pohonnya di rumah :)) Aku sulit nyari di lingkungan rumahku. Udah paling bener emang pake Resik-V Godokan Sirih. :)

      Delete
  6. Gie suka minum sirih wlw ga tiap hari, apalagi campur kunyit. Dengan berbagai masukan dan saran serta browsing emang pakai rebusan daun sirih bagus buat area kewanitaan. Apalagi skrg udh ada resik v, buat gie yg anaknya malesan mah happy banget wkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga lebih suka yang praktis hehehe

      Delete
  7. Aku pun pakai ini mbak, memang paling cocok.

    ReplyDelete
  8. iya dulu pake acara bikin rebusan daun sirih. skr enak praktis ada resik v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktis banget, bisa dibwa pergi2 lagi ya :))

      Delete
  9. Bener nggak sih produk-produk pembersih kewanitaan itu bisa membuat semakin "rapet" miss V nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe katanya sih begitu, Mbak. Cuma bisa dibuktikan sendiri nih, sama pasangan. :p

      Delete
  10. Wah praktis ya mbak. Cocok klo pas lagi dapet keputihan. Selain bikin gatal, perih juga. Pak suami kan jadi sebel klo saya pas keputihan :(

    ReplyDelete
  11. Resik V memang wajib banget jadi wish list belanja bulanan para cewe ya mbak...

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^