Resolusi Tahun Baru Hijriah

9.13.2018


"Kenapa ya bangun tidur kok tau-tau tenggorokan ga enak banget?"

Itu merupakan penyakit saya yang sering muncul di pagi hari di hampir setiap bulan. Saya juga nggak tahu kenapa, kok ya sering banget gitu tenggorokan sakitnya rutin. Malah kadang sebulan bisa 2-3 kali sakitnya. Biasanya, kalau udah begitu, baru saya sadar kurang minum air putih. Langsung saya teguk air hangat dari dispenser, berulang kali sampai tenggorokan rada enakan.

Kenapa baru terasa pagi-pagi? Soalnya kalau pas siangan, sakitnya tenggorokan bisa dialihkan dengan makan atau minum. Tapi kalau baru bangun pagi banget, kan itu nggak makan atau minum apa-apa ya malemnya, jadi berasa banget susah nelannya.

Nah, berhubung saya sudah sangat sering sekali punya penyakit jelek kayak begitu; malas minum air putih, saya jadi pengin bikin resolusi untuk tahun baru ini. Eh, masih lama, ya? Enggak, kok, sebentar lagi. Biar nggak mainstream kayak orang-orang, saya bikin resolusinya untuk Tahun Baru Hijriah, dong! Ya, nggak? Ya, kan? Iya, dong! Hih, apa sik.

Ini resolusi saya buat tahun baru Hijriah sekarang. Btw, tahun barunya itu pas tanggal 11 September kemarin, lho. Selasa.


1. Shalat Lebih Tertib


Ngaku, shalatnya saya kadang suka berantakan. Sampai bolong sih enggak, cuma nggak langsung shalat begitu mendengar adzan dikumandangkan. Padahal ya, saya itu rumahnya dekat sekali dengan masjid. Kenapa nggak bisa sekalian shalat di masjid aja, sih? Terlalu malas bergerak kalau sudah di dalam rumah.

Jadi target saya, untuk sebulan ini harus terbiasa shalat Dzuhur di masjid. Saya pilih Dzuhur dulu, karena jujur, siang bolong itu tantangan banget untuk keluar rumah. Panas, bok! Nanti sebulan kedua, saya harus mewajibkan Ashar juga di masjid.

Apa perlu ya saya bikin tabel seperti anak-anak ketika puasa bulan Ramadan? Supaya bisa lebih tertib dan harus ada hukumannya kali ya kalau nggak dikerjain? Biar semangat juga.


2. Baca Qur'an Setiap Hari


Selain ibadah utama, ini yang suka ketinggalan banget. Tiap hari. Ya ampun kenapa ya susah sekali untuk buka Al Qur'an, baca sedikit kalam-Nya Allah? Padahal suami udah kasih contoh baik buat saya. Apalagi anak-anak juga lagi getol-getolnya menghapal Juz 30. Sementara saya? Hiks. Malu. πŸ™ˆ

Target saya, setiap sehabis shalat baca minimal 1 halaman. HARUS! Tapi, untuk menuju 1 halaman setiap shalat, saya harus pelan-pelan dulu, deh. Paling enggak saya bacanya sehabis shalat Shubuh dan sebelum tidur aja dulu. Dua waktu itu yang paling sulit saya aturnya. Karena kalau pagi-pagi udah ribet duluan sama urusan domestik, dan kalau udah malam itu kalau di kasur lebih sering megang handphone lalu tidur. Boro-boro baca Qur'an ye kan?


3. Atur Pola Makan Sehat Lagi



Selama bulan Ramadan kemarin, saya berhasil mengatur pola makan yang sehat dan baik. Saya bisa sahur hanya dengan sayur lalapan saja, atau buah dan yogurt, serta minum air putih yang banyak. Begitu iftar, saya hanya makan buah dan yogurt lagi, nanti selepas tarawih baru lah saya makan besar. Makan besar saya saat itu tanpa nasi. Jadi hanya sayur lalapan dengan lauk yang ada aja. Rutin seperti itu, membuat perut saya terbiasa dengan makan sedikit tapi sehat, dan nggak mudah tergoda dengan gorengan.

Apa hasilnya saya makan tanpa karbohidrat? Badan jadi lebih enteng, berat badan otomatis turun sebanyak 5 kg dalam sebulan. Ketika momen Lebaran saya masih pertahankan pola makan seperti itu. Yang penting, saya nyetok buah setiap hari dan nggak boleh kelupaan. Sayangnya, 2 minggu setelah Lebaran, pola makan saya malah kacau. Amburadul. Nggak sehat lagi. Akibatnya, berat badan saya kembali seperti sedia kala lagi.

Target saya sekarang, memulai kembali pola makan low carb yang pernah saya pakai. Dimulai dulu dengan sarapan buah dan yogurt dan belajar menolak tawaran makan bubur ayam dari suami. Mungkin saya juga butuh teman yang bisa men-support saya untuk selalu semangat makan sehat.


4. Olahraga Setiap Hari


Kalau yang pernah ke rumah saya, pasti akan bilang lingkungannya enak. Ada lapangan bola di depan rumah, pemandangan hijau dan nggak sempit. Mau olah raga, tinggal kelilingin aja lapangan. Lari atau jalan kaki, nggak ada yang melarang. Mau main basket atau voli, atau badminton, bisa dilakukan di lapangan futsal yang berjaring.

Itulah ya, harapan nggak sesuai kenyataan. Harapan saya pindah ke sini dulu padahal supaya bisa jalan kaki keliling lapangan setiap hari minimal 5x putaran. Awal-awal emang bener rajin, tapi lama-lama kendor. Kemudian ganti yoga di rumah. Tapi bosan. Lalu ganti lagi aerobik di rumah juga, bermodalkan Youtube. Sama aja, nggak ada perubahan. Hiks. Sekarang saya harus mulai dari 0 lagi.

Target saya nggak muluk-muluk. Nggak usah ikutan yoga atau aerobik segala, yang penting jalan kaki 5x keliling lapangan setiap pagi aja. Kalau udah terbiasa, bisa dinaikkan lagi sampai 10x keliling. Semoga bisa konsisten.


5. Minum Air Putih dan Sedia Larutan Pereda Panas Dalam Setiap Hari


Nah, di antara resolusi di atas tadi, ini yang paling mudah dilakukan sebenarnya, tapi susah untuk konsisten. Sepertinya saya harus mengubah cara minum air putihnya biar bisa habis 2 liter sehari. Padahal kan kalau jarang minum air putih bisa mudah kena gejala panas dalam., ya?

Ah, iya. Jadi keingetan sama penyakit saya; tenggorokan sakit. Katanya sih termasuk panas dalam juga ya? Jadi sekarang saya harus sedia juga nih larutan pereda panas dalam. Kalau ditanya apa mereknya, yang saya tahu dari duluuuuu banget itu #AhlinyaPanasDalam ya cuma Larutan Cap Kaki Tiga. Itu udah nempel banget lah di kepala waktu baru-baru keluar iklannya.


#CapKakiTiga-nya ini saya bawa-bawa juga kalau bepergian. Apalagi sekarang ini cuacanya lagi nggak bersahabat, ya. Panas sekali di luar, tambah lagi kalau pergi keseringan naik motor. Duh, gosong, deh! Nah, kondisi seperti itu bikin pengin minum yang dingin-dingin dan manis pastinya! Kalau nggak mau kena panas dalam, mendingan jangan minum es deh pas lagi panas-panasnya.

#PastikanYangBenar, baiknya ganti minum larutan pereda panas dalam aja. Nggak apa-apa kok kalau belum kena gejalanya, kan kita bisa mencegahnya dulu karena cuaca yang panas di luar bisa berdampak ke dalam tubu.

Target saya dengan merutinkan minum air putih dan larutan pereda panas dalam ini adalah supaya nggak mudah sakit tenggorokan lagi atau panas dalam. Saya bosan hampir setiap 2 minggu sekali mesti aja panas dalam. Saya jadi nggak bisa menikmati makan dan minum seperti biasa. Nggak muluk-muluk kan target saya? Cuma pengin hidup lebih sehat aja, kok.

Kenapa Larutan Cap Kaki Tiga?



Semua juga udah pada tahu ya, kalau larutan pereda panas dalam Cap Kaki Tiga ini sudah ada sejak tahun 1937. Resep yang dipakai sudah turun-temurun dan terpercaya ini mengandung mineral alami (gypsum fibrosum dan calcitum) yang dapat mencegah serta menghilangkan gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir kering, radang tenggorokan, dan sembelit.

Karena rasanya yang hampir mirip air putih biasa, saya jadikan sebagai kebutuhan minum per hari. Anak-anak pun ikutan minum juga, malah mereka lebih senang minum larutan Cap Kaki Tiga ini karena mudah dibuka tutup botolnya. Tenang aja, aman kok buat anak-anak. Buat ibu hamil pun, Cap Kaki Tiga sama amannya. Perhatikan saja cara minum di balik kemasannya.

Btw, larutan Cap Kaki Tiga ini ada kemasan dan varian lainnya juga, lho! Jadi, selain varian rasa buah-buahan yang segar, juga ada kemasan Disney yang ucul-ucul buat anak-anak. 😍






Well, udah panjang banget curhat saya tentang resolusinya. Rasa-rasanya baru kali ini saya nulis resolusi di blog, buat tahun baru Hijriah pula. Sungguh relijius. Hihihi. Semoga semuanya bisa terlaksana dengan lancar, dan mencapai target yang saya tuliskan. Semoga kita semua bisa menjalani hidup lebih sehat lagi di tahun baru Hijriah ini. Aamiin. Yang penting semuanya seimbang

Oh ya, kalau kamu, punya resolusi apa di tahun baru Hijriah ini? Cerita di kolom komentar, ya! ^^

70 comments :

  1. Resolusi rutin olahraga ini nih yg harus aku tingkatkan. Aku sering sakit tenggorokan juga, visa ya diatasi pakai cap kaki tiga termyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba olahraga yang harus rutin huhuhu. Aku sekarang nyetok cap kaki tiga di rumah, mbak :D

      Delete
    2. Biasanya asik sama kerjaan bikin luoa minum air putih. Eh tau2 tenggorokan udah ga enal aja rasanya trus kulit pecah2. Resolusiku juga sama dgn dirimu mbaaa krn blm bisa konsisten di 5 poin itu, hiks.

      Delete
    3. aku datang mau minta cap kaki tiga nih lagi sakit tenggorokan

      Delete
  2. Berarti saya butuh banget ini, Mbak. Soalnya apa yang Mba tulis di atas mirip sama yang kualami

    ReplyDelete
  3. Eh kok sama, ih. Saya suka minum ini
    Anak-anak juga. Bener2 jadi seger, dan sakit tenggorokan berangsur hilang. Btw, kangen sama mak Isti. Baru BW lagi, nih πŸ˜„

    ReplyDelete
  4. Mbk isti, izin nyontek resolusinya yak, hehe.

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu lo Mbak, kalau minuman ini boleh dikonsumsi setiap hari. Saya kira perlakuannya seperti obat, hanya dikonsumsi saat ada keluhan saja.... :) Thanks infonya Mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun awalnya ngira begitu. Tiap mulai berasa ga enak tenggorokan, baru beli. Ternyata malah bisa buat setiap hari. :)

      Delete
  6. larutan cap kaki tiga ini dari jaman dulu emang udah terkenal banget ya..

    ReplyDelete
  7. Bener banget mbaa, sakit tenggorokan itu ga enak deh.
    Harus banget rajin minum supaya tenggorokan nggak gatal dan sakit buat nelan.

    Btw larutan cap kaki tiga sekarang banyak banget ya variasinya, desainnya pun lucu bgt yg disney.

    ReplyDelete
  8. Beberapa resolusi th barunya bisa dicontek nih..secara pengen juga jadi insan yg lbh baik dari sebelumnya :)

    ReplyDelete
  9. Suka sama resolusinya, setiap hari sayapun bikin resolusi semoga terlaksana dengan baik ya, Mbak. Sama dong, gangguan setelah bangun tidur, ada rasa tenggorokan kering dan malah hampir mual gt. Jadi, saya selalu siapkan makanan kecil selain itu tetep dong air putih. Mungkin saya bakal coba juga kalau udah agak siangan minum larutan penyegarnya,

    ReplyDelete
  10. Semoga resolusinya terpenuhi semuaaa ya. Aku ngg bisa kurang minum air putih

    ReplyDelete
  11. selamat tahun baru hijriah kak semoga semua resolusi2 kebaikan dan kesehatannya bisa tercapai yaa. aamin

    ReplyDelete
  12. selamat tahun baru hijriah kak semoga semua resolusi2 kebaikan dan kesehatannya bisa tercapai yaa. aamin

    ReplyDelete
  13. Mudah2an resolusinya terpenuhi yaaa mbak, aamiin. Selamat tahun baru

    ReplyDelete
  14. Nah ituu, anakku sering juga kalo bangun pagi, bilangnya tenggorokan sakit. Kayaknya harus nyetok larutan cap kaki tiga nih.
    Btw aku juga pengin makan sehat dan olahraga, tapi kok susyaaah ya hehehe *semangat!

    ReplyDelete
  15. Selamat Tahun Baru Hijriyah mba. Satu babak baru untuk bisa jadi muslimah yang lebih baik ke depan ya. Btw minum air putih dan penyegar itu aku masih kurang konsisten hiks

    ReplyDelete
  16. Aku udah kebiasaan minum air putih sehari minimal 3 liter.

    Dan shalat di masjid itu emang enaknya krn bisa tepat waktu. Trus juga berjamaah jadi dapat dobel deh amalannya

    ReplyDelete
  17. Masya Allah resolusi no. 1 & 2 �� semoga tercapai ya mbak

    ReplyDelete
  18. resolusinya masya Allah, semoga terwujud ya Mbk, Tilawah perlu dirutinkan lagi ya, jadi nasehat buat aku juga nih biar lekas khatam tiap bulan. Thanks Mbk

    ReplyDelete
  19. Aamiin.. Semoga terwujud semua ya resolusinya

    ReplyDelete
  20. resolusinya mantul mantap betul dan emang itu yang terpenting. btw larutan penyegarnya kesukaanku nih

    ReplyDelete
  21. Olahraga setiap hari itu yg susaaah.. masih berusaha banget :))
    Btw, baru tau kalau cap kaki tiga aman diminum setiap hari, boleh juga nih biar gak gampang panas dalam.

    ReplyDelete
  22. Resolusiku hampir serupa. Soal sholat, olahraga, tilawah... Perlu manajemen waktu yg lebih baik lagi nih, dulu pas anak 1 msh bs hampir tiap bln khatam, skrg ni bs tilawah selembar tiap abis sholat aja kykny alhamdulillah n msh jarang2 huhu

    ReplyDelete
  23. selamat tahun baru hijriah mbak. point 3 dan 4 susah banget untuk tertur mbak dalam kesehariannku

    ReplyDelete
  24. Wah, larutan ini andalan suami banget kalau lagi panas dalam, tenggorokan gak enak.

    Kalau anak-anak start umur berapa ya mbak bisa minum larutan ini?

    ReplyDelete
  25. Lagi baca artikelmu ini ya Isti, ternyata diam2 Ibam ikut baca di belakangku dan komen dia, "bagus ih blognya. Bersih, fontnya juga aku suka. Kayak medium." Aku jadi terdistraksi...hahahaha...abis itu baru dia nanya, "nulis apa dia? Kok kayak minuman yg ibu beliin buat aku kemarin, hadiah krn aku beliin ibu gopay 200 ribu." Aku jawab aja, "Hahaha..ya iya..emang ini tentang larutan cap kaki 3. Udah. Beliin ibu gopay lagi deh, biar ibu traktir ini lagi." Hahahaha

    ReplyDelete
  26. Aku termasuk yang salah kaprah nih, kalau panas-panas malah minumnya yang dingin-dingin semacam es jus dan es-es tinggi gula melulu. Duuuhh... harus segera diakhiri *intonasi a la drama

    ReplyDelete
  27. Ihiyy samaan yak sama postingan ku soal resolusi tahun baru. Apalagi sholat dan tilawah. Btw ini cap kaki 3 langganan neneknya anak2. Tiap seret aja langsung cuz deh cap kaki 3

    ReplyDelete
  28. Larutan cap kaki tiga ini andalanku banget deh karena bisa ngobatin sariawan anak2ku.

    ReplyDelete
  29. Bapakku langganan cap kaki tiga ini meski ga sedang radang tenggorokan. Katanya segar

    ReplyDelete
  30. Meng aamiin kan semua resolusi awal tahunnya, semoga sehat dan bisa tercapai semuanya ya mba. Semangat.

    ReplyDelete
  31. 1,2, dan 4 tu huwaaaa, semangat2 menuju hari2 yg lbh baik lagi. Wah ternyata Cap Kaki Tiga ini dah lama banget ya. Brandingnya jg dapat menurutku, soalnya setiap panas dalam atau sariawan yang sering kuingat ya larutan Cap Kaki tiga :D

    ReplyDelete
  32. Semangat jadi lebih baik di Tahun Baru ya Mba. Jadi inget belum nulis resolusi hiks. Btw aku belum pernah lho minum penyegar cap kaki tiga. Baca tulisan ini jadi penasaran

    ReplyDelete
  33. cap kaki tiga ini juga andalanque sejak duluuu kalo tenggorokan udah mulai rasa-rasa gak enak

    ReplyDelete
  34. Semangat, semoga resolusinya tercapai dan istiqomah. Aku resolusi tahun baru muharramnya setahun ke depan minimal mengunjungi satu lagi pusat jejak islam. Aamiin.

    ReplyDelete
  35. Resolusi banyak minum air putih nih kayaknya yg cocok banget buat saya, karena saya termasuk yang jarang minum air putih. Makanya jadi suka kena panas dalam, tp untung ada pereda panas dalam cap kaki tiga ya.

    ReplyDelete
  36. Poin 3, 4 dan 5 paling sulit aku laksanain :D

    Aku juga sering tenggorokan ga enak tiap bangun tidur night, bisa bantu atasi dgn larutan cap kaki tiga ya :)

    ReplyDelete
  37. bagus mbak resolusinya, jadi pengen buat resolusi juga untuk tahun ini. Semoga tercapai ya mbakk .. aamiinn

    ReplyDelete
  38. Iya,
    Varian anak-anak ini paling disukai kalo sama anak-anakku kalo pas belanja, selalu nyemplungin ke kantong belanjaan.

    Setelah kucicip, enyaak bangeet memang...
    Hihii...((mama juga jadi syukkaa Cap Kaki Tiga))

    ReplyDelete
  39. Aku juga suka minuman cap kaki tiga mbak. Aku paling suka sama kemasan yang gambar Doraemon. Btw, salam kenal ya mbak.

    ReplyDelete
  40. Aku baru pulang dari mini market pas banget habis beli larutan cap kaki tiga juga

    ReplyDelete
  41. Larutan Cap Kaki Tiga...terkenal sekali kau ini...semua orang cinta kepadamu. Kau membuat tenggorokan setiap orang yang berasa kesat menjadi sejuk dan lancar. Bunda sendiri suka minum larutan ini.

    ReplyDelete
  42. Waktu shalat yang paling menantang buat aku itu ... zuhur! Ngantuknya pol! Lebih ngantuk siang-siang daripada malam. Cap Kaki Tiga favoritku juga ini, apalagi kalu dingin. Semoga tahun baru kita lebih sehat ya, Isti. Aamiin.

    ReplyDelete
  43. Resolusinya keren, aku pun suka malas keluar shalat ke masjid pas waktu dzuhur, panas hehehe... mesti lebih ditertibkan lagi, larutan oenyegar cap kaki 3 ini andalan bangetlah kalau tenggorokan sudah kerasa nggak enak

    ReplyDelete
  44. Aku suka ini. Terutama pas mau deket2 mens suka kena demam panas dalam nah...beli dan minum ini deh

    ReplyDelete
  45. Selamat tahun baru Hijriyah Mbak, semoga tenggorokannya tidak sakit lagi. Apalagi rajin minum Larutan Cap Kaki Tiga. Mama saya juga konsumsi minuman ini untuk memperlancar BAB nya.

    ReplyDelete
  46. Aku tuh olahraga yang maaih sulit karna malasnya tuh brnar-benar deh.. Padahal kalo dibilang ada waktu utk sempatin olahraga walau30 menit

    ReplyDelete
  47. Minuman panas dalam yang sudah legendaris dan sudah terpercaya daru tahun ke tahun.
    Waktu anakku panas dalam pernah cobain ini, untungnya sekarang ada yang rasa² jadi lebih mau minum dibanding yang original

    ReplyDelete
  48. Resolusinya okeee banget Isti. Dan banyak yg sebenernya hal sederhana tapi penting yaaaa

    ReplyDelete
  49. Baca Alquran setelah shalat kayaknya saya juga mau lakuin ini nih. Suka iri sama adikku yang selalu baca quran setiap habis shalat, pengen kayak dia tapi sampe hari ini belum bisa ngelakuinnya. Adaa aja alasanku buat nunda baca quran, hiks :(

    ReplyDelete
  50. Aku juga sama seperti mba,lho.
    Kalau bangun pagi tenggorokan sudah agak 'lain" dari biasanya, pasti mau flu tuh. Biasanya karena kurang sayur, buah dan air putih dan... banyak makan yang digoreng-gorng.
    Cuma aku pribadi lebih suka buat jus alami seperti nenas, pepaya atau tomat.
    Kadang aku campur ketiganya.
    Tapi, kalau pas travelling biasanya aku minum ini deh.


    ReplyDelete
  51. Aku minum ini juga kalau tenggorokan gak beres. Dan emang paling kerasa di pagi hari. Untuk resolusinya, semoga istiqomah

    ReplyDelete
  52. Galfok sama dragon fruit and banana smothienya. Btw resolusi yang hebat mba. Terima kasih ya.

    ReplyDelete
  53. Mba Isti, kok resolusinya sama semua. Ya, walaupun listku lebih banyak hihihi... Moga resolusi berhasil semua yaa.

    Larutan ini juga andalan di rumahku mba. Toss

    ReplyDelete
  54. Hai mba. Smoga cita2 di tahun hijriah ini bisa tercapai ya mba. Aku pun berharap bisa menjadi salah satu pribadi yang lebih baik. Salah satunya ya perbanyak baca Al quran dan jaga pola makann sehat serta konsumsi Larutan Cap Kaki Tiga juga

    ReplyDelete
  55. Resolusinya keren.
    Aplagi bagian sholat tertiba.
    Duh. Aku ke sentil.

    ReplyDelete
  56. kemaren nih tenggorokanku panas dan ga enak. langsung beli larutan cap kaki tiga

    ReplyDelete
  57. aku pun sering minum ini, suka krn kayak air putih biasa. Biasanya panas dalam langsung reda juga :)

    ReplyDelete
  58. Nyontek resolusinya yo mba Is wkwkkwwk keren semua kok resolusimu jadi pengen nyontek hahahah ... aku juga nih ah, kadang masih ngaret sholatnya. Pengen juga rajin baca alQuran dan pokoknya semua yang mba Is tulis seperti mewakili.

    ReplyDelete
  59. Ketemu postingan mbak Is lagi, emang harua banyak banyak jaga kesehatab lagi akuh, kemaren beli juga nih larutan penyegar, berarti hari ini beli lagi deh, di minimarket deket rumah

    ReplyDelete
  60. Wah resolusinya sama kayak saya nih. Saya juga harus konsisten nih solat tertib, makan sehat, dan olahraga

    ReplyDelete
  61. Aku makan nasi jg nulai dikit mbak tapi tergoda gorengan haha #dijeplakMbakIsti .

    Iya aku jg bangun tidur suka kerasa kering tenggorokanku jd ya minum aor putih stlh bangun.

    Iru cap kaki tiga buat abak kalau abakku malah milih yg rasa air putih biasa, gk terlalu suka rasa buah2an😁

    ReplyDelete
  62. Nah iya banget nih soal sholat, masih suka menunda2 hiks... Malu banget yaaa

    Klo soal panas dalam aku juga pilih cap kaki tiga, si anak lanang juga suka ikutan minum.

    ReplyDelete
  63. Resolusinya suka banget apalagi untuk hidup sehat.

    ReplyDelete
  64. Cap kaki tiga memang terpercaya dari jaman dulu deh, terutama yang tawar. Itu awal yang muncul dan dikenal ya

    ReplyDelete
  65. Iyah ga hanya ibadah yang selalu sijaga tp kesehatan juga termasuk dgn komsumsi cap kaki tiga ini ya mba

    ReplyDelete
  66. Terima kasih ya mbak sudah diingatkan resolusinya ini keren banget emang gak enak ya kalau sakit tenggorokan kita perlu menjaga kesehatan dengan minum yang banyak biar badan kita fit.Terima kasih atas artikel ini

    ReplyDelete

Thank you for read my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^