Kuat Berpuasa Ramadan ketika Hamil

3.04.2021

Selama hamil keempat kemarin, saya benar-benar eneg sama yang namanya susu dan air putih. Biasanya di kehamilan sebelumnya nggak pernah eneg, cuma emang lebih milih minum yogurt aja daripada susu. Tapi pas kemarin itu, baru liat susunya aja udah mual, padahal ya dingin susunya. 

Berawal dari menjelang Ramadhan tahun lalu, saya mencari cara gimana supaya bisa kuat puasa full sebulan sementara kondisi kehamilan saya sering mual meski sudah bukan trimester pertama. Jadi setiap masuk makanan, rasanya langsung begah, mual, nggak enak mau ngapa-ngapain. Nah, ketemulah snack ringan yang bisa menambah energi selama berpuasa. Kurma.


Konon, Nabi Muhammad SAW dulu hidup sangaaat sederhana. Saking sederhananya, hampir setiap hari selalu diniati untuk berpuasa. Hanya dengan sahur beberapa butir kurma aja, beliau kuat berpuasa seharian. Kok bisa? Karena ternyata, begini nih isi nutrisinya. 

Nutrisi dalam sebutir kurma seberat 36 g:

  • energi 270 kkl
  • karbohidrat 75 g terdiri dari gula dan serat pangan
  • protein 2 g
  • lemak 0,4 g
  • mineral (asam folat, magnesium, vitamin C, zat besi)
Hmm, pantesan aja ya Nabi Muhammad kuat seharian puasa cuma sahur kurma 3 butir aja.

Tapi, since saya kurang suka kurma, nggak semua jenis kurma saya suka makaninnya, jadi, untuk menyiasati agar kebutuhan karbohidrat dan energi saya terpenuhi selama puasa ketika hamil, saya kepikiran untuk mencoba bikin susu kurma. Kebetulan masih punya stok kurma yang saya kurang suka, jadi ya pakai yang ada dulu aja.

Oh ya, banyak juga yang nyaranin untuk minum air rendaman kurma, atau biasa disebut nabeez. Saya, sih, suka. Cuma, sayang aja gitu kalau nabeez-nya habis, kurmanya mau diapain? Kan, saya nggak suka makanin kurmanya begitu aja apalagi habis direndam jadi lembek. Jadi ya mendingan saya bikin susunya aja sekalian.

Saya rendam kurma sebanyak 5-7 butir semalaman. Lalu keesokan harinya saya buang semua biji-biji kurmanya, saya blender kurma dan nabeez-nya sekalian beserta susu UHT low fat. Amazingly, saya nggak eneg sama sekali minuminnya. Apalagi kurma yang saya rendam disimpan di dalam kulkas semalaman. Segar.

Alhamdulillah, seharian saya kuat puasanya. Setiap selesai makan sahur, saya beri jeda dulu supaya bisa minum susu kurmanya. Lalu bismillah diniati kuat puasa sampai maghrib tiba. Biidznillah, saya bisa puasa full sebulan Ramadan tahun kemarin. 


Apa Aja Manfaat Susu Kurma untuk Ibu Hamil?

Ternyata ada banyak sekali manfaat yang didapat dari susu kurma karena kurma sangat baik untuk kesehatan seluruh kalangan usia, bahkan sangat disarankan untuk ibu hamil dan menyusui pun. Apa aja, ya, manfaatnya kalau untuk ibu hamil?

1. Sebagai sumber energi
Jelas ya kalau ini mah karena kandungan karbohidratnya yang banyak.

2. Menjaga kesehatan pencernaan
Karena mengandung serat yang tinggi, kurma dapat membantu memadatkan feses. Kadang-kadang ada sebagian ibu hamil yang suka sembelit, kan? Nah, bisa dicoba minum susu kurma, deh.

3. Mencegah anemia
Karena tinggi akan magnesium dan zat besi, susu kurma sangat baik untuk sel darah merah di dalam tubuh. Sangat disarankan untuk ibu hamil yang ada riwayat anemia.

4. Melancarkan persalinan
Ada sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Obstetrics and Gynecology yang melaporkan bahwa wanita yang memakan 6 butir kurma sehari selama 4 minggu berturut-turut sebelum HPL mengalami pembukaan vagian yang lebih besar.

5. Melancarkan ASI
Mengonsumsi susu kurma saat menyusui dapat meningkatkan hormon prolaktin, karena dalam kurma mengandung asam amino esensial bernama trytophan. Trytophan ini menetralisir dopamin. Jika dopamin turun maka asi pun akan lancar.

Karena hampir tiap hari bikin susu kurma, saya sampai berharap semoga ada yang jual susu kurma enak dalam kemasan botol. Pada waktu hamil, memang belum ada saya temui orang yang jual susu kurma, banyakan susu kedelai sama susu almond. Ya tahu sendiri lah ya, susu almond seberapa harganya, huhuhu, tak shanggup saya. 

Mungkin waktu itu saya mainnya kurang jauh juga, ya. Saya baru tau kalau ternyata ada susu kurma dalam kemasan botol yang namanya Syukur As-sunnah. 😍


Kenalan, yuk, sama Syukur As-sunnah!


Syukur As-sunnah adalah produsen minuman sehat berenergi yang dibuat dari bahan baku susu dan kurma. Untuk kenyamanan konsumen, susu kurma Syukur As-sunnah senantiasa memastikan kualitas kurma dan bahan baku lainnya dengan kualitas terbaik. Untuk keselamatan konsumen juga Syukur telah terdaftar pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) /MD 200928001539

Sejak hadir di 2017, susu kurma Syukur As-sunnah ini mengedepankan sociopreneur untuk memperluas jaringan bisnisnya. Maksudnya, mereka sering mengadakan aktivitas-aktivitas sosial untuk membantu sesama. Kalau kalian punya yayasan atau kegiatan seperti donasi, boleh banget lho bermitra dengan Syukur As-sunnah.

Syukur As-sunnah ini, setelah saya cobain, rasanya enak dan pas manisnya. Jadi nggak perlu ragu sama takaran-takarannya gimana, karena dalam sebotol susu kurma Syukur As-sunnah ini udah pas semua. Kabar bagusnya, meski dibuat di Bogor, susu kurma Syukur As-sunnah bisa dikirim ke luar kota juga, lho! Ke daerah Jakarta masih bisa banget karena bisa pakai jasa pengiriman sameday.

Untuk harga gimana? Ini yang saya suka. Masa ya, harga sebotolnya itu di bawah 10-15 ribu. Ya ampuuun untuk rasa seenak dan bahan semahal ini, harga 10-15 ribu mah nggak ada apa-apanya dibanding segudang manfaat yang bisa didapat!

Ada 5 varian rasa susu kurma As-sunnah, yaitu rasa Original, Cappuccino, Almond, Milo, dan Rempah herbal (safron). Dan menariknya, pada masing-masing rasa tersebut, semua terbuat dari bahan-bahan pilihan yang premium. Artinya, yang rasa Milo itu beneran pakai bubuk Milo asli, bukan milo-miloan. Hmm kebayang nggak sih enaknya kayak apa? Kalau saya pribadi, karena saya doyan kopi, favoritnya yang rasa cappuccino. Rasa susu kurmanya dapet, cappuccinonya juga ada nggak cuma wanginya aja yang cappuccino.

Buat yang tertarik untuk nyicipin atau mungkin bermitra sekalian, susu kurma Syukur As-sunnah sangat terbuka. Selain owner-nya baik sekali, timya juga sangat welcome dengan siapa pun. Silakan dilihat di website-nya Syukur As-sunnah aja, ya.

Eh, bentar lagi mau puasa, kan ya? Nyetok yu susu kurma Syukur As-sunnah di rumah buat persiapan Ramadan. 

Stay safe and stay healthy! 😊

23 comments :

  1. Seger banget deh buka puasa pakai susu kurma, makanya harus stok ya

    ReplyDelete
  2. Susu kurma banyak manfaatnya ya, seger, cocok dikonsumsi saat puasa.
    Harga susu kurma Syukur As-sunnah ini terjangkau sekali :)

    ReplyDelete
  3. Jadi pingin ikutan beli ini buat setok ramadhan nanti. Manfaatnya banyak banget

    ReplyDelete
  4. Buat penderita magh kayaknya ide bagus buat konsumsi susu kurma ini. ��

    ReplyDelete
  5. Susu kurma adalah definisi makanan sehat berkhasiat, sesuai sunnah, dan enaaak. Jadi gak sabar nunggu puasa dan nyicip susu kurma Syukur As Sunnah untuk berbuka.

    ReplyDelete
  6. Aaakk, kece banget ini nyetok susu Kurma untuk persiapan Ramadhan.
    Sip, sipp, ntar ceki-ceki deh.
    Suegerr susu Kurma ini ya

    ReplyDelete
  7. Susu kurma sekarang lebih modern, ada varian kesukaan saya juga tuh selain capuccino dan Safron.. semoga kita semua sehat selalu dan bisa menjalankan puasa dengan maksimal ya.

    ReplyDelete
  8. Biar setrong ya minum susu kurma saat puasa nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setrong apa nih? Oh, setrong buat menjalani hari yang ceria ya...

      Delete
  9. Seger bangett yang Milo kayaknya, Bunnn. Apalagi taroh kulkas, yaa. Pingin juga stok buat ramadan nanti.

    ReplyDelete
  10. sebentar lagi bulan puasa ya, wah benar2 waktu berjalan sangat cepat, tidak terasa sudah nyaris kuartal ke dua kita jalani

    ReplyDelete
  11. Sebetulnya asal asupan bagus pasti kuat sih ya Mba.. saya anak lima semuanya dibawa shaum sehat2 alhamdulillah baik ibunya maupun bayinya...

    ReplyDelete
  12. Kelihatannya enaaakkk. Jadi pengin nyetok juga ah mulai dari sekarang, biar seterong menjalani hari hari dan menjalankan ibadah puasa nanti.

    ReplyDelete
  13. Haduduu menggoda, siap nyetok susu kurma buat berbuka puasa ini mah, menyehatka pulaa.
    Kbayang donk ya kalo pas hamil eneg sama air putih dan susu, minum apaa atuuh,solusi susu kurma emang yaa..

    ReplyDelete
  14. Biasanya kurma aku campur sama jus alpukat mbak. Aku minum pas pagi gitu.. Enak deh kayaknya susu kurmanya

    ReplyDelete
  15. Nah iya niih...
    AKu suka banget sama resep bikin susu kurma. MashaAllah~
    Jadi rindu Ramadan kalau uda ada kurma.

    ReplyDelete
  16. Wuih keren, kuat ya berpuasa saat hamil. Aku nyerah deh. Lemes bangeet. Tapi memang iya ya, kurma ini nambah vitalitas tubuh. Sekarang aja, aku kalo mau lari pagi, tanpa makan apa pun, bisa lari 5km dengan hanya minum dua sendok madu kurma. Btw, belom pernah nyoba susu kurma. Kudu nyoba nih.

    ReplyDelete
  17. Jadi pengin nyoba juga nih, ntar klo punya kurma dibikin gini ya. Aku soalnya ga doyan susu loh. Mungkin pesan langsung aja susu kurma dari Syukur As-Sunnah jadi tinggal konsumsi gitu ya.

    ReplyDelete
  18. aku selama hamil dan menyusui nggak kuat puasa, mbaa.. sampe pernah agak kontraksi gitu haha jadi yowess ga puasa deeh. insyaa Allah tahun ini bisa mengikuti ramadhan lagi karena udah gak jadi bumil dan busui hihi

    ReplyDelete
  19. wah samaan mbak, aku waktu hamil saki juga cemilannya kurma, alhamdulillah jadi kuat dibawa hamil dan anaknya juga jadi suka kurma gak milih milih makanan sekarang karena dari kandungan udah dikenali kurma.

    ReplyDelete
  20. Aku suka sama susu kurma. Enak ya kak

    ReplyDelete
  21. Jadi lebih praktis ya minum susu kurma ini biar fit dan kuat puasa apalagi dalam kondisi hamil atau menyusui. Harganya juga murmer banget nih . Btw Susu Kurma ini juga apa juga bisa dikirim ke daerah Sulawesi gak Mbak?

    ReplyDelete

Thank you for read my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^