Nostalgia Hamil Pertama: Ngidam Somboy Medan

3.01.2022

 Apa nama jajanan ini di kota kalian, gaes? Kalau saya dulu kenalnya namanya somboy. Rasanya asem-asem manis segar dan ada asinnya dikit gitu. Nih aja nyeritainnya sambil nelan ludah, wey!


Somboy halus keriting. Source: Shopee.


Dulu saya kenal somboy ini waktu SD, pas lagi tinggal di P. Berandan, Medan. Nah, di sana itu, bisa dibilang surganya segala jenis somboy. Mau jenis yang keriting halus atau bulet besar, ada. Mau yang kemasan plastik kecil atau kiloan, ada. Mau yang warna merah atau putih, pasti ada. Mau yang bentuk kasar atau bubuk buat dioles di jeruk nipis, beuh adaaaaa semua!

Semenjak kuliah di Bandung, saya nggak pernah lagi ketemu yang namanya somboy ini. Hampir sekitar 7 tahunan nggak pernah lagi liat bentuk somboy selama di Bandung, tiba-tiba ketika saya hamil pertama tahun 2009 dan tinggal di Jakarta, ngidam somboy!

Mentemen yang sudah menikah dan hamil, pasti ngerti ya yang namanya ngidam, itu tiba-tiba aja bisa keingetan terus kepengeeeeen banget padahal nggak pernah-pernah makaninnya. Sama, saya juga begitu. Tau-tau aja gitu, keingetan somboy terus kepengen banget makan somboy. Nanya suami, nggak ngerti somboy tu makanan jenis apa dan gimana rasanya 😅

Inget banget waktu itu saya lagi telpon-telponan sama bestie sedari kecil, Kak Bunga, yang masih tinggal di Medan. Mamanya, yang udah kayak Mama saya sendiri, nanya kabar kehamilan saya. Lalu ditanyain lagi, "Ngidam, nggak, Is?"

Wah, berasa hepi bener ditanyain kayak gitu. Langsung aja saya jawab, "Tiba-tiba aja kepengin somboy, Tante. Di sini tapi nggak ada yang jual." Kemudian saya dimintain alamat rumah buat ngirimin somboy itu.

Seminggu kemudian, ada paket datang dari Medan. Dikirimnya pakai JNE, yang kebetulan saat itu memang baru JNE yang bisa kirim-kirim ke luar kota dengan aman. Saya bingung, ini isinya apa aja kok berat sekali. Wadahnya kaleng Khong Guan yang bulat. Kalengnya nggak ada yang penyok, padahal dari Medan ya ini. Saya buka pelan-pelan dengan wajah yang sumringah. Kalau saat itu udah kenal istilah unboxing, mungkin akan saya buatkan video-nya! 😂

Pas dibuka tutupnya, jeng jeeeeeng! Sekaleng penuh isinya somboy semua! Berbagai macam dan jenis somboy ada. Dari yang bentuk bulat besar, bentuk koin, keriting halus, yang merah, yang putih, yang bubukan juga ada! Amazed-nya lagi, nggak ada yang rusak atau hancur atau berantakan sedikit pun! Semua somboy utuh di dalam kemasan plastiknya masing-masing. Di tahun segitu, JNE udah bisa kasih kepercayaan buat pelanggannya.

Somboy biji. Source: Shopee.


Masya Allah, fabiayyi aala i robbikuma tukadzdzibaan? Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?

Ngeliat somboy segitu banyaknya, langsung kalap. Saya ambil satu plastik kecil yang sedari minggu lalu itu kebayang-bayang terus. Saya makanin sedikit yang bentuknya keriting halus. Terus udah, ternyata rasanya masih sama seperti dulu. Perut saya langsung kenyang, juga nggak kepengen lagi makaninnya. Kan, ngidam. 😆

JLC (JNE Loyalty Card)

Untung banget waktu itu udah ada JNE, ya. Ngidam saya jadi terpenuhi meski dikirim dalam waktu tiga hari. Tapi nggak apa-apa, namanya juga usaha ya kan. Ngomong-ngomong soal usaha, saya jadi keingetan temen-temen yang punya usaha dan gabung jadi member JLC (JNE Loyalty Card). Benefit yang didapat tiap member itu bisa menukar poin yang dikumpulkan dengan berbagai hadiah menarik yang telah disediakan, exclusive trip dengan helikopter, gadget, voucher belanja, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, sejak 2014, tiap tahunnya di JLC juga ada lucky draw-nya, nih. Hadiahnya malah nggak kaleng-kaleng, lho! 

Dari mulai e-voucher ongkir, voucher belanja MAP, sepeda lipat United Plasm Matic, handphone Samsung Galaxy S20+, iPad Air Gen 4, sampai motor Yamaha All NMAX 155! Gimana nggak bikin nangis hadiahnya, tuh kan? 😭

Program lucky draw-nya sendiri sudah diundi pada 14 Januari 2022 lalu. Dan, salah satu pemenangnya ada yang dari Medan! Horas, bah! Namanya Wahyu, yang beruntung dapat hadiah motor Yamaha All NMAX. MasyaAlloh, motor, gaes! Saya dapet kiriman somboy sekaleng aja rasanya senang bukan kepalang, apalagi Masnya yang dapet hadiah motor cakep begitu dari JNE! Huwaaahh pasti dia nggak bakalan nyangka itu.


Selamat ya, Masnya, yang menang dapat motor. Semoga bisa jadi penyemangat teman-teman pengusaha saya yang juga berjualan online dan memepercayakan pengirimannya dengan JNE. Eh, apa? Belum jadi member JLC? Kuy lah, gabung dulu biar bisa ikut kecipratan hadiahnya! Kan, sesuai dengan motto-nya, Connecting Happiness. :)


2 comments :

  1. jajanan waktu kecil memang nganenin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, ngangenin banget yah. Terlebih kalau kita sudah pindah dari kota tempat masa kecil kita.

      Delete

Thank you for read my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^