Biaya Pendaftaran SD Islam Al Azhar 20 Cibubur TA 2016/2017

12.24.2015

Beberapa teman mungkin udah pada tahu ya, kalau saya lagi nyari-nyari sekolah buat anak pertama saya, I'am. Karena domisili saya nantinya akan di Cibubur, Ciracas, maka sekolahnya pun nggak jauh-jauh dari area itu. Kalau yang bagus-bagus mungkin banyaknya yang daerah perumahan Kota Wisata gitu, ya. Tapi kejauhan sama anak saya. Kasian aja kalau berangkat sekolahnya jauh, mana masih ngantuk-ngantuknya dan macet pula.


Baca: Sekolah Formal atau Homeschooling?

Yang dekat dengan rumah itu ada SD Islam Al Azhar 20 Cibubur. Pasti udah pada kenal lah ya sama metode sekolahan ini? Sekolah umum yang berbasis Islam, yang pastinya juga mengenalkan Islam lebih dalam lagi salah satunya dengan menambah program semacam tahfidz Qur'an. Ya walaupun hapalannya cuma seayat-dua ayat per hari, tapi lumayan lah ya anak-anak bisa ngapalin sejak dini.

Sayang, waktu berkunjung ke website-nya ternyata udah lama banget nggak update. Jadi saya dan suami masih penasaran sekali. Hubungi lewat email pun, nggak ada respon sama sekali. Huhuhu. Kenapa sekolah yang katanya bagus kayak gini informasi susah didapat lewat internet? Bukannya seharusnya mereka bisa menyewa web developer dan admin untuk membuat website sekolah yang dinamis dan selalu update? Jaman sekarang gitu loh, di mana-mana semua orang udah lebih mengandalkan Google daripada telepon. Apalagi orang-orang macam kami yang nggak bisa setiap saat mendatangi sekolahnya langsung.

*Barusan saya ke website-nya lagi, lumayan lah udah ada update-an terbaru tentang Hari Guru bulan lalu dan jadwal Open House sekolahannya.*

Syukurlah, sewaktu mudik bulan Agustus kemarin, saya sempat main-main ke sekolahannya. Lihat-lihat lingkungan sekolahnya, juga nanya-nanya jam belajar dan pendaftaran murid tahun ajaran baru. Tapi waktu itu belum ada kepastian berapa biaya masuknya, jadi kami hanya diberi biaya perkiraan aja karena tiap tahun biayanya selalu naik.

So far, sekolahannya sih enak, luas. Ada dua gedung yang terpisah jalanan umum, tapi nggak masalah karena saya pikir jalanannya bukan jalan gede, dan ada satpam yang selalu berjaga di gerbang sekolah. Suasana sekolah juga saya pikir asyik. Mereka punya halaman yang cukup gede, punya masjid yang selalu dipakai untuk kegiatan sholat berjamaah, juga sholat Jumat berjamaah. Murid-muridnya yang perempuan semua berseragam jilbab.

Yang saya kurang suka, jam belajarnya. Masuknya jam tujuh pagi. Haduh, itu apa nggak kepagian, ya? Terus kalau masuknya aja jam segitu, berangkat dari rumahnya jam berapa? Bangunnya jam berapa? Di Suly aja, anak-anak berangkatnya pukul 07.25 pagi dibanguninnya dari jam 6. Saking susahnya pada bangun pagi. Terus lagi, yang saya kurang suka dari SDIA, itu yang jemput anak-anak sekolahnya, kok, rata-rata mobilan semua ya? Udah gitu nggak ada mobil yang jelek. Bisa gawat ini anak saya kalau pergaulannya sama yang menengah ke atas semua. >___<

Hokeh, lanjut aja. Seminggu yang lalu, akhirnya saya menelepon ke SD ini mengenai pendaftaran murid baru tahun ajaran 2016/2017 nanti.

  • Tanggal pendaftaran: 2 - 28 Januari 2016.
  • Biaya formulir pendaftaran: Rp 250.000,-.
  • Observasi/ tes: 30 Januari 2016. Ketika observasi, si anak yang mau masuk sekolah ini WAJIB datang.
  • Pengumuman lolos tes: 5 Februari 2016.
  • Uang pangkal: Rp 21 juta.
  • SPP: Rp 850.000,-
  • Seragam & buku paket: Rp 2.300.000,-

Buat teman-teman yang mau mendaftarkan anaknya ke SD ini, siapin juga kelengkapan dokumen yang dibutuhin untuk pendaftaran.

  1. Raport TK B semester 1.
  2. Foto kopi akte lahir dan (perlihatkan) yang asli.
  3. Foto kopi KK.
  4. Pas foto anak 3x4 sebanyak 3 lembar.

Kira-kira segitu yang saya dapat dari hasil menelepon SD ini minggu lalu. Kalau kira-kira udah mantap masukin ke situ, silakan. saya sendiri masih galau, hahaha! Di manapun sekolahnya, yang penting harus disesuaikan dengan si kepribadian si anak, juga budget orangtua yang utama. :)


SDIA 20 Cibubur
Jl. Abdurrahman No.24
Cibubur, Jakarta Timur
Telp. (021) 8771 2666, Fax. (021) 8771 2667

37 comments :

  1. Waaah jadi warga Jakarta bentar lagi ya Mak? Asyiik kapan-kapan bisa ketemuan nih :D

    ReplyDelete
  2. bakalan balik ke Indonesia, Mbak? Kapan? Aku mau titip semangkok tanah dr Suli hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanah buat apa? Kok nggak bom aja sekalian, Mas? :p

      Delete
  3. Wahhh semangat cari sekolah buat pndahan kiddos ya mak...

    ReplyDelete
  4. Waah, mau balik jakarta! eh, bukannya semua sekolah di indonesia mulainya jam 7 pagi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Makanya aku kurang suka. Hahahha. Kemaren pas nyari2 sih ada sekolah yg masuknya jam 8.30, kan enaaaaak emaknya nggak rempong :D :D

      Delete
  5. Perasaan dulu saya sekolah masuk jam setengah 7 pagi mak, dari rumah jam 6 pagi (ternyata sekolah saya dulu kerajinan bgt yak) hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaahhh cepet banget, Mbak. Etapi kalau negeri mah masih enak, kan sekolahnya ga sampe sore yah.

      Delete
  6. Huehehe...akhirnya pada fokus pindahnya ke Tanah Air nih mak, termasuk saiah :v :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, salah isi postingan kayaknya, Mak. Wkwkwkkwk

      Delete
  7. Sekelas Al Azhar di Jakarta SPP 850.000? Murah ya. Ini aku yang tinggal di Jogja aja SPP anakku 700.000. Selama ini aku merasa SPP anakku mahal bener. Setelah dibandingin dengan sekolah macem Al Azhar, sekolah anakku emang beneran mahal yak. Hiks.

    ReplyDelete
  8. semoga bisa segera dapat sekolah yang pas yaaa mba..memang tidak mudah nih, aku pun akan menghadapi masalah yang sama tahun 2018 nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iya, Mama Boooo pening-pening sedap nyarinya hahhahah.

      Delete
  9. Ini di tempatku semua sekolah masuknya jam 7 mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rata2 emang jam segitu, yang bikin beda jam pulangnya. Kalau yg negeri kan jam pulangnya lebih cepet, jadi enak. Kalo masuknya swasta internasional, udah setengah harian sendiri di sekolahan. :(

      Delete
  10. Merinding baca biaya sekolah di situ. Aaaak. . . *elus2 perut2*

    ReplyDelete
  11. Yang bikin saya melotot itu uang pangkalnya, Mak. Duh.... segitu, ya, SD Al-Azhar??
    Btw emang sudah "budaya" ya Mak, sekolah di Indonesia emang lama-lama, saya aja juga kasian sama anak, TK masuk jam 7.30 pulang 11.00. Ntar SD pasti lebih lama lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. uang pangkal sdia ini udh termasuk murah karena sekolahan lain yg swasta juga na'udzubillah lebih parah hahhahah. :D :D
      Iya jam belajarnya lama banget. paginya itu masuk jam 7, lah dr rumah jam brp? Sementara pulangnya siang banget kan....

      Delete
  12. uang pangkalnya nggak kuat. masuk unpad aja nggak segitu ya, is...qiqiqiqi...
    kalau buat aku, sekolah merek itu dah dicoret dari awal. soalnya nggak ada di kawasan dekat rumahku, wkwkwkwk...
    biayanya juga nggak kuat. pergaulan anak2 yang berasal dari keluarga menengah ke atas juga jadi pertimbangan nggak masukin anak ke situ.
    meski sudah memastikan diri nggak akan masukin anak ke sekolah bermerek itu, aku pun masih galau mau masukin audi nanti ke sekolah mana. huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bingung juga mbak mau masukin mana. Masalahnya cuma di sini aja yg murah plus deket lg dari rumah, lainnya UM almost 30 dan spp antara 2-3 jt. Ngik. -______-

      Delete
  13. Berarti nanti dirimu tinggal di Cibubur ya mak jika sudah balik ke jakarta.

    ReplyDelete
  14. Salam kenal,
    Anak saya dulu sekolah di situ, alhamdulillah menyenagkan :)

    ReplyDelete
  15. Masalah pergaulan gimana orang tuanya juga, Mbak. Anak-anak saya selalu rutin diwanti-wanti. Bergaul dengan siapa aja. Tapi jangan sampai ikut-ikutan yang gak bener, lah. Termasuk ikutan berborju-borju ria hahaha

    ReplyDelete
  16. Kalau di sekolah anakku masuknya 7.30, Mak. Sekolahnya kebetulan deket sama rumah. Mereka tinggal jalan.

    ReplyDelete
  17. Kemarin ngobrol2 ma ibu2 masukkin sekolah TK 5 juta aja kubilang mahal >.<

    ReplyDelete
  18. Mbar mau Tanya kalau mau masuk Sama Alazhar 20 tahu informasinya ngak? Anakku dr sma sudirman mau pindah ke sma alazhar kelas 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah komentar 2016 baru dibaca sekarang! Maafkan aku TT___TT
      Dan maaf, saya nggak punya info untuk SMA, anak2 saya belum ada yang SM soalnya :))

      Delete
  19. mba mau tanya. syarat umurnya brp ya untuk masuk SD Al Azhar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syarat umur kalau nggak salah ingat 6 tahun Mbak. Untuk detailnya lagi silakan telepon aja ya ke nomor yang saya tulis di postingan. Trimikisi. :))

      Delete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^