[Resep] Sup Ayam Berempah

1.06.2016


Dingin-dingin begini (di Suly lagi winter), emang enaknya makan yang anget-anget, minum pun yang anget-anget, biar badan jadi ikutan anget. Bikin sup untuk makan siang atau malam, cocok. Buat sarapan pun cocok, kalau merasa "berat" ya makan supnya aja, nggak usah pakai nasinya.

Berkali-kali saya coba resep sup ayam yang enak, susah dapetnya. Sampai akhirnya saya nemu resep yang terakhir dan selalu saya pakai, sampai hapal sendiri bumbu-bumbunya meski banyak printilannya. 

Aslinya, di resep menggunakan daging sapi. Tapi, karena daging ayam lebih murah dan lebih mudah ditemukan di warung dekat rumah, jadilah saya jarang pakai daging sapinya. Kalau mau diganti pun nggak apa-apa, yang penting masih bisa dapat kuah kaldu dari daging aslinya, bukan kaldu bubuk atau balok.

Sup ini dinamai berempah karena memang memakai rempah-rempah khas Indonesia dalam resepnya, di antaranya ada kapulaga, pekak atau kembang lawang, biji pala, juga kayu manis. Nah, karena saya nggak bisa dapat semua rempah-rempah itu dalam bentuk aslinya, jadi beberapa ada yang saya bawa dalam bentuk bubuknya aja, seperti biji pala dan kayu manis. Untuk pekak dan kapulaga, saya bawa dalam bentuk utuh alias aslinya. Makasih buat Mbak Ririn yang mau dititipin rempah-rempah ini!

Pertama nyobain resep ini, saya langsung suka dan cocok. Suami dan anak-anak juga cocok. Maka itu sup berempah ini menjadi resep handalan saya untuk menu makan sekeluarga, meski cuaca nggak lagi dingin sekali pun. Dan biasanya, semua pada lahap makannya. Alhamdulillah. Biar kata nggak jago masak, asal ada resep contekan mah hayuk lah! :D


Sup Ayam Berempah


Bahan:
  • Sayap ayam 3 buah (boleh lebih)
  • Kentang 2 buah, potong kotak
  • Wortel 2 buah, diiris
  • Buncis 10 buah, diiris serong
  • Kol, potong-potong secukupnya
  • Daun sop
  • Air 600 ml
  • Minyak goreng untuk menumis


Bumbu:
  • Pekak 2 buah
  • Kapulaga 2 buah
  • Kayu manis 2 cm
  • 1/4 sdt biji pala bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir


Bumbu Halus:
  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 4 butir
  • 1 sdt lada putih bubuk


Cara masak:
  1. Rebus ayam dengan air sampai setengah matang. Kalau saya, sayap ayamnya saya potong-potong sesuai tulangnya.
  2. Di wajan terpisah, tumis bumbu halus bersama pekak, kapulaga, kayu manis, dan biji pala bubuk sampai harum. Matikan kompor.
  3. Masukkan tumisan bumbu yang sudah matang tadi ke dalam rebusan ayam. Aduk rata. Masak lagi sampai ayam matang.
  4. Masukkan kentang dan wortel, masak sampai matang, tapi jangan sampai lembek sekali.
  5. Masukkan potongan buncis, kol, gula dan garam. Aduk rata. Cicipi rasanya.
  6. Terakhir, masukkan daun sop. Matikan kompor.
  7. Sajikan selagi hangat.

Tips!

  • Kalau kamu suka jamur kuping, enak banget ini ditambah ke dalam sayurannya. Saya juga kalau ada stoknya saya masukin sekalian jamur kupingnya. Sayang, lagi susah nyari jamur kuping sekarang di Suly. Cara pakai jamur kuping: rendam di dalam air panas sampai jamurnya mekar, lalu potong-potong sesuai selera supaya lebih mudah dimakan. Kemudian masukkan ke dalam panci sup belakangan, ketika sayuran semua sudah matang. Warna pekat dari jamur kuping akan menyebar ke dalam kuah sup jika jamur dimasukkan lebih awal, jadi saya sarankan masukkan jamur kupingnya belakangan aja supaya warna kuah sup tetap cantik.
  • Bisa juga kamu tambahin so'un. Beda, ya, so'un dengan bihun. So'un bentuk mie-nya lebih tipis dan cenderung transparan warnanya. Cara pakai: rendan so'un dalam air panas sampai lembek, tiris dan sisihkan. Ketika akan menyantap sup, baru ambil so'un sedikit-sedikit ke dalam mangkok. Jangan masukkan so'un ke dalam panci supnya, karena kuah sup akan meresap ke dalam so'un sehingga menjadi lebih melar dan kuah akan habis.

7 comments :

  1. Hujan2 makan sup ayam enak niiih. Mba isti rajin banget masak yaa sekarang ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih enak lagi kalau kita diundang makan kesana ya ya MakIrit, plus tiket PP ke Sully

      Delete
  2. itu cara nyusun rempahnya buat di foto gimana sih biar kelihatan bagus gitu ? nanya serius loh :)

    ReplyDelete
  3. Nyontek resepnya ya :)
    Anak-anakku tuh penggemar ayam, suka bingung mau diolah apa lagi setelah digoreng, digulai, diopor, sama di sop :D
    Coba resep ini ah.

    ReplyDelete
  4. Musim ujan klo enggak lagi flu gt makan sup kayak gini enyaak bangeet.
    Apalagi rempahnyaa

    ReplyDelete
  5. Sop ayam makanan kesukaan saya, apalagi ada jamur kupingnya bisa bolak balik makannya :)

    ReplyDelete
  6. duh itu sup ayamnya menggugah banget... fotonya *dikeplak*

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^