Memilih Dot Bayi yang Tepat

10.23.2017


Buat sebagian Mamah-mamah kayak saya, botol susu dan empeng termasuk dalam list perlengkapan yang dibutuhkan untuk bayi. Meskipun tetap ASI Eksklusif, botol susu juga merupakan kebutuhan terpenting bagi teman-teman saya yang memilih karier bekerja di kantor. Biasanya, setelah ASI diperah dan disimpan dalam botol kaca atau plastik ASIP, mereka lebih memilih menghangatkan dalam botol susu, supaya mudah diminumin ke bayi selama ditinggal bekerja.
Sebenarnya, gimana sih cara memilih dot bayi yang tepat? Padahal kan kalau bayi kita ASI tapi dikasih ASIP juga, lebih mudah pakai botol susu minuminnya, apalagi buat yang ditinggal kerja. Tapi katanya kalau ASI jalan, botol juga iya, bisa bikin bingung puting? Gimana, dong?

Saya sendiri, waktu anak pertama, memang pakai botol susu untuk menyapih. Saya terpaksa menyapih ketika usia anak pertama saya belum genap satu tahun, karena sudah hamil lagi anak kedua. Botol susu jadi yang pertama saya cari setelah susu formula sebagai ganti ASI. 


Yang saya cari waktu itu, botol susu yang dotnya lembut kayak puting susu. Dan entah kenapa, waktu saya lihat dot silikonnya Huki yang warna cokelat, kok saya mikirnya dotnya ini pasti lembut terus bentuk ujugnya juga nggak membulat, tapi dibuat gepeng, menyerupai bentuk puting ketika bayi sedang menyusu. Dengan perasaan mantap, saya langsung beli saat itu juga.

Kenapa juga saya belinya Huki?



Satu-satunya Botol Susu, Dot, dan Empeng yang HALAL


babyhuki.co.id

Setelah bertahun-tahun nggak pernah beli lagi botol susu buat anak, saya dikejutkan sekarang ternyata botol susu Baby HUKI ini satu-satunya yang bersertifikat HALAL, lho! Ya Allah, botol susu aja sampai diperhatiin kehalalalnnya, cobak! Berarti, Baby HUKI ini concern banget yah sama kita terutama yang muslim?

Nah, ternyata, bukan cuma botol susunya doang yang halal, tapi empeng dan dotnya juga bersertifikat Halal! Hmm, saya baru nyadar Huki udah sejauh ini perkembangannya. Sebagai Mamah yang berusaha menjadi yang terbaik, tentu saya juga mikirin dong kehalalan "peralatan tempur" yang dipakai bayi saya. 

PP BPA Free




Buat yang biasa beli peralatan bayi, pasti udah pada kenal dan hapal ya tentang BPA. Tapi, buat Mamah-mamah yang masih baru, pasti nggak tahu. Apa sih, PP BPA? Penting nggak sih itu?

Penting. Bahas satu-satu dulu, ya.

🍼  BPA(Bisphenol-A)

BPA (Bisphenol-A) itu sering dipakai dalam proses pembuatan bahan plastik terutama botol susu yang sering Polycarbonate (PC). Kalau BPA tersebut dipanasin pada temperatur tinggi dalam waktu yang cukup lama, maka ada bagian dari zat BPA-nya yang lepas. Zat yang terlepas tersebut dalam jumlah tertenu dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi.

Terus ada yang nanya, kenapa juga botol susunya dipanasin? Kan makenya cuma seduh air panas aja, terus cuci.

O'ow. Kalau yang nanya begitu, berarti si Mamah muda belum tahu. Botol susu dan peralatan menyusui bayi lainnya, itu sebelum dipakai kan harus steril. Steril dari kotoran, steril dari kuman dan bakteri. Meski botol udah dicuci bersih, belum tentu bakterinya mati. Bakteri sisa-sisa air susu yang menempel di dalam botol, bisa aja masih ada dan menyatu dengan air susu berikutnya. Hiiy, ngeri, kan?

Maka itu, botol susu, dot, empeng, teether, piring, gelas, sendok dan garpu plastik sekali pun, yang dipakai bayi kita, harus steril setiap akan digunakan. Cara mensterilkannya, bisa dengan alat sterilizer, atau kalau nggak punya bisa dengan direbus di air mendidih. Perlengkapan menyusui dan makannya itu bisa disteril setelah dicuci bersih dengan menggunakan sabun pencuci piring khusus peralatan bayi.

Jadi, udah ngerti lah ya, kenapa botol susu bayi harus bebas BPA? 

🍼  PP (Polypropylene)

Nah, sekarang ke PP, atau Polypropylene. Adalah bahan plastik dengan kode 5, yang bebas dari kandungan BPA, jadi aman digunakan sebagai bahan baku botol susu bayi maupun wadah makanan.

Ternyata nggak cuma botol susu bayi aja yang nggak boleh mengandung PP BPA, ya. Wadah makan bayi kayak mangkuk, piring, sendok, garpu, gelas, dan lain sebagainya yang terbuat dari bahan plastik, juga harus diperhatiin bahan-bahannya.

Gimana cara kita tahu kalau peralatan makan bayi kita itu bebas PP BPA? Biasanya kalau yang udah bebas PP BPA itu ada tulisan di kemasannya. Jadi jangan sampai kelewat baca kemasannya, ya, gede, kok tulisannya biasanya.

Dotnya Orthodontic



Ini yang tadi saya tulis di atas, ujung dotnya gepeng. Sebutannya itu orthodontic rupanya 😁. Dot kesehatan untuk membantu pertumbuhan rahang dan gusi gigi tumbuh dengan sempurna. Dot orthodontic memilik bentuk dan cara kerja yang menyerupai payudara ibu, di mana air susu keluar melalui lubang dot yang di bagian samping atas yang menempel di langit-langit mulut bayi, sehingga bercampur dengan ludah (yang mengandung zat anti bakteri) sebelum ditelan.

Lubang yang berada di samping atas pada dot orthodontic mencegah terjadinya kebiasaaan bayi menelan sambil mendorong lidah ke depan, dan dapat merangsang dan menunjang pertumbuhan rahang dan gusi bayi sehingga gigi bayi tumbuh sempurna.

🍼  Bedanya apa dengan dot konvensional? 

Bedanya ada di aliran susu dari puting susu ibu yang dihisap. Kalau aliran susu dari dot biasa, itu harus ditahan dengan mendorong lidah ke depan waktu menelan agar bayi nggak tersedak. Jika gerakan ini terjadi dalam waktu lama bisa beresiko terjadinya malposisi pada pertumbuhan gigi. Hal ini nggak akan terjadi kalau bayi pakai dot orthodontic, karena bentuk dan cara kerjanya yang mirip payudara ibu.

Dot orthodontic juga tidak menyebabkan bayi tersedak meski tidak pakai anti sedak sekali pun.

Wah, ternyata penting banget ya pakai dot orthodontic. Berikut ini adalah 4 manfaat kalau bayi kita pakai dot orthodontic.
  1. Membuat gigi si kecil tumbuh sempurna.
  2. Bentuknya menyerupai puting susu ibu.
  3. Merangsang produksi ludah.
  4. Bayi merasa menyusui dari payudara ibu.
Dengan segitu besar manfaatnya bagi bayi, masih pada mau pakai dot konvesional? Mending di-stop dari sekarang aja kali, ya, daripada kenapa-kenapa seterusnya. Dot Huki kan banyak di minimarket, gampang ditemui, terjangkau pula harganya! 😉

New Product Alert: HUKI Breastfeeding Pack!



Setelah dikejutkan dengan logo HALAL di HUKI, sekarang saya dikejutkan lagi dengan kotak HUKI Disposable Nursing Pads! Ya ampun, HUKI ngeluarin produk baru buat Mamah-mamah yang baru melahirkan. Nursing pads ini kepakeee banget, lho, buat yang baru lahiran, karena ngebantu untuk menyerap ASI berlebih atau yang sempat "bocor". 

Dengan inovasi 4 Power Lines Absorbent Polymer, berfungsi untuk menyerap ASI dengan sempurna dan menjaga kelembapan sehingga kulit tetap kering. Pengalaman dulu, kalau nggak pake nursing pads begini tuh jadinya baju ngerembes. Biarpun pakai kerudung yang panjang, tetap kalau udah yang namanya ngerembes nggak enak. Lama-lama rembesannya kena ke kerudung juga. Kan, malu-maluin 🙈.

Jadi, si nursing pads ini wajib banget masuk ke daftar belanjaan buat yang mau melahirkan. Atau buat kado juga kepake banget, kok! Nah, sekarang lengkap kan kalau mau belanja buat peralatan tempur setelah melahirkan?

6 comments :

  1. Dulu pas pertama kali mau beli botol dan dot, ngerasa aneh bgt sm bentuknya yg gepeng. Ngga mudeng ternyata orthodontic namanya ya. Haha

    ReplyDelete
  2. Aq juga dulu pas abang kifah pake huki yg gepeng gtu dan dia justru mau yg gepeng drpd yg bulet.

    ReplyDelete
  3. aku malah baru pakaiin yg gepeng, ya ampun,, kemana aja aku yah. Tapi Alhamdulilah banget aku jd gak khawatir juga mberikan peralatan tempur untuk minum dan makan anak, ya dari baby Huki

    ReplyDelete
  4. breastpad nya jadi pengen ngebuktiin deh, benaran bisa nampung banyakkah ?

    ReplyDelete
  5. walaupun kasih ASI, dot juga perlu dibeli ya buat simpan stop ASI

    ReplyDelete
  6. Aku anak pertama dulu pake Huki botol susunya. Harganya terjangkau dan mudah didapat. Di toko kelontong di kampung rata2 jualnya botol Huki. Alhamdulillah sekarang ada label halalnya

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^