5 Tempat di Istanbul yang Wajib Dikunjungi

7.31.2013

Dilihat dari judulnya, sudah pati postingan saya kali ini tentang Istanbul, ya. Iya, betul. Istanbul, Turki. Saya ngga akan cerita tentang jalan-jalan di sana. Enggak. Melainkan, kepengen jalan-jalan ke sana! :D

Kebetulan, tempat tinggal saya kan di Suly, Kurdistan (Irak Utara), itu bersebelahan sekali dengan Turki. Dan kalo naik pesawat pun cuma dua jam penerbangan aja. Bisa juga naik bus ke sananya, lho! Tapi saya kan punya 'buntut', masa iya naik bus berbelasan jam? :(


Oke, kenapa saya kepengen sekali ke Istanbul? Pertama, karena Istanbul sendiri merupakan kota lintas benua. Pusatnya komersial di Eropa, namun sepertiga dari penduduknya hidup di Asia. Istanbul merupakan kota terbesar di Turki. Banyak bangunan-bangunan kuno di sini yang masih dipertahankan dan dirawat dengan baik sehingga bisa menarik minta pelancong dari seluruh dunia. Beberapa kali nonton acara TV jalan-jalan di Istanbul, sukses membuat saya ngeces sepanjang hari.

Kedua, karena sekarang dekat. Lagipula, untuk ke sana, saya ngga perlu visa. Bisa ajukan VOA aja ketika tiba di Turki, dan berlaku hingga 30 hari. Mumpung masih tinggal di Suly, ya, sempat-sempatin deh ke Turki meski belum tahu kapan, karena memang suami belum nentuin jadwal cuti lagi. Cuti terdekat udah dipake untuk mudik Lebaran besok. So, dengan berlapang dada rela menunggu tiga atau empat bulan kemudian. Which is udah masuk winter.

Tempat-tempat yang ingin saya kunjungi merupakan tempat-tempat bersejarah di Istanbul. Berbekal cerita dari seorang teman saya yang sudah dua kali ke Istanbul, dia merekomendasikan beberapa tempat seperti Blue Mosque, Dolmahbahce Palace, Topkapi Palace, Grand Bazaar, Spice Bazaar, Taksim Square, Galata Tower, waduh banyak amat yak. Dan itu masih belum cukup. Belum lagi mall-mallnya, yang katanya besar dan enak. Yah, maklum aja, Suly kan ndeso, cuma ada pasar sama supermarket doang. Jadi kalo ketemu mall itu rasanya kayak lihat Adam Levine di ujung gang kecil. *lebay*

Okenya lagi, beberapa tempat yang saya sebut tadi rata-rata punya website-nya. Ini memudahkan sekali untuk para pelancong yang mau jalan-jalan ke sana. Tinggal ketik keyword-nya di mesin pencarian, keluarlah alamat webnya. Ini dia 5 tempat di Istanbul yang terwajib dikunjungi, versi saya!


1. Blue Mosque

http://www.bluemosque.co/
Pernah nonton film 'Taken 2' atau 'Skyfall'? Pasti familiar dengan setting tempatnya, kan? Iya, settingnya mereka di Istanbul. Dan ketika syutingnya pun melewati Blue Mosque. Blue Mosque ini merupakan masjid yang bersejarah di Turki. 

Disebut Blue Mosque karena ubinnya yang berwarna biru mengelilingi seluruh dinding interior masjid. Masjid ini dibangun sekitar 1609-1616 selama pemerintahan Ahmed I.  Di lingkungan masjid ini juga terdapat makam pendiri dan juga madrasah (sekolah ajaran Islam).

Selain menjadi masjid aktif, Blue Mosque juga menjadi daya tarik wisatawan yang datang dari berbagai negara, bahkan bagi yang non-muslim sekali pun! Ah, saya ngga sabar pengen foto di sana! :D



Chichen Itza mexico
http://www.dolmabahcepalace.com/
Dolmahbahce Palace adalah salah satu istana yang paling glamor di dunia. Istana ini dibangun pada abad ke-19. Merupakan pusat administrasi Kekaisaran Ottoman, dan Ottoman Sultan yang terakhir di sana.

Dolmahbace Palace memiliki makna yang besar bagi warga Turki, sejak pemimpin tertinggi mereka, Mustafa Kemal Ataturk, telah menggunakannya sebagai tempat tinggal sampai ia meninggal pada 10 November 1938 pukul 09:05 pagi. Semua jam di istana dihentikan pada waktu itu. Kemudian istana dibuka untuk umum sebagai museum. Sebagai salah satu penghormatan.



http://topkapipalace.com/history.htm
Istana ini disebut juga dengan Topkapi Sarayi (bahasa Turki), adalah istana besar di Istanbul dan merupakan kediaman utama para sultan Utsmani selama lebih kurang 400 tahun (1465-1856).

Kompleks istana ini terdiri dari empat halaman utama dan banyak bangunan yang lebih kecil. Pada puncaknya, istana adalah rumah bagi sebanyak 4.000 orang, dan menutupi area yang luas dengan garis pantai yang panjang. Isinya masjid, rumah sakit, toko roti, dan mint. Kompleks istana memiliki ratusan kamar dan ruang, tetapi hanya yang paling penting dapat diakses untuk umum saat ini.

Lihat fotonya aja menyejukkan sekali, ya. Istana megah nan mewah yang berbatasan dengan laut. Biruuuu.



http://www.grandbazaaristanbul.org/The_Grand_Bazaar.html
Ehem. Dilihat dari namanya aja udah pada ngerti, ya. Ini pasar. Iya, pasar. Memang udah jadi kodratnya perempuan, ya, kalo belanja paling enak di pasar, bisa ditawar sepuasnya sampai sadis. Hahaha!

Eits, jangan salah dulu! Pasar ini keren banget, lho. Saya baca dari webnya, Grand Bazaar ini merupakan salah satu pasar tertutup terbesar di dunia dengan enam puluh jalan dan lima ribu toko, yang setiap harinya bisa dikunjungi oleh sekitar 250.000-400.000 orang. Wow!

Gimana ngga keren, coba? Pasar aja punya webnya, dong! Dan, di halaman paling depan kita ditawari beberapa kategori yang ada di dalam pasar, dari perhiasan, keramik Turki, sampai karpet Turki. Ini baru di webnya, belum belanjanya langsung padahal. Hihihi. Makin ngga sabar, deh.



http://www.forumistanbul.com.tr/hakkimizda/
Nama mallnya Forum Istanbul. Katanya, sih, mall terbesar se-Eropa. Wow! Kalau bawa anak, cocok nih ke mall ini. Karena di dalamnya ada Turkuazoo (semacam sea world), dan Jurassic Land. Mau belanja perabot kecil rumah tangga? Ada IKEA. Baju-baju? Ada H&M, Marks & Spencer, Zara, dll. Hmm sepertinya butuh dana tak terduga, nih, nanti!

Selain Forum Istanbul, masih banyak lagi mall lain yang lumayan. Dan, katanya, kalau mau beli baju-baju yang berlabel Turki, mendingan ngga beli di mall, tapi di Taksim Square. Nah, apa lagi ituh? Hihihi, saya juga penasaran. :D


Hotel

Saya kira, ulasan tempat-tempat yang akan saya kunjungi segitu aja dulu. Nanti kepanjangan deh ini postingannya. Nah, sekarang saya mau ngomongin masalah penginapannya. Kan kira-kira mau 3 hari 2 malam tuh, ya, InsyaAlloh. Untungnya saya, tempat-tempat di atas tadi itu lokasinya ngga terlalu jauh, jadi saya putuskan untuk menginap di salah satu hotel di daerah Sirkeci aja.

Untuk masalah hotel, saya maunya pesan ke VoucherHotel.com, dong! Meski saya belum pernah pakai jasa mereka, karena saya juga belum pernah diniatin banget travelling ke luar negeri sekeluarga, tapi saya yakin mereka bukan penipu. Buat yang belum tau apa itu VoucherHotel.com, ialah website asli Indonesia yang menjual voucher hotel domestik dan internasional dengan harga murah.

Bener, loh, asli Indonesia. Jadi kita ngga perlu jereng-jereng matanya untuk baca setiap detil hotel yang kita cari. Kan biasanya website jasa begini dari luar negeri, yang mostly memakai bahasa Inggris. Buat yang masih newbie di dunia jalan-jalan seperti saya ini, gampang deh ngga perlu buka Google Translate segala! :D

Lagipula, sekarang kan jamannya udah canggih, ya, apa-apa bisa via online gitu. Jadi, untuk apa repot-repot keliling Istanbul demi nyari hotel murah? Di VoucherHotel.com, semua hotel yang ditawarkan adalah rate yang terendah, alias termurah. Karena saya maunya yang di area Istanbul, saya tinggal tulis aja tuh 'Istanbul, Turkey'. Keluar deh seperti di link ini.

Oh ya, semua harga yang tertera itu berlaku untuk dua orang, ya. Jadi, karena saya sekeluarga, ada dua anak balita, saya harus mengubah kolom cek in-nya menjadi 2 dewasa dan 2 balita. Sebenarnya, jumlah yang akan menginap itu ngga berpengaruh pada rate kamarnya. Hanya aja, namanya mau istirahat, pasti kan butuh yang nyaman dong, ya. Masa' iya sih kita udah capek-capek keliling Istanbul, sampe hotel tidurnya kayak sarden? Sekasur berempat, gitu. Hahaha!

Maka itu, saya kira VoucherHotel.com ini mengerti sekali apa yang dibutuhkan para pelancong seperti kita. Ngga usah takut ditipu. Apalagi data-data kita akan disalahgunakan oleh oknum? Oh, tenaaang. Tenaaang. VoucherHotel.com ini terpercaya, kok. Soalnya, mereka ini ngga menyimpan data kartu kredit kita karena langsung diproses melalui secure payment processor international.

Terus, cara pemesanannya? Ealah, selain langsung di VoucherHotel.comnya, ternyata bisa loh pakai fasilitas BBM, What's App, Yahoo Messanger, atau email! Aaah, memudahkan sekali, kan! Ngga perlu online lagi kalau lagi ngga bisa internetan, cukup BBM-an aja atau What's App-an aja dengan smartphone yang kita punya. Beres. Apalagi saya yang tinggal di luar Indonesia, ngga usah booking lewat telepon segala. Mahal, bok, pulsanya! Ah, ngga sabar menunggu empat bulan lagi jadinya! (Is)

28 comments :

  1. Aduhhh... Giliran aku ni mak yg ngecess smp netes2...dr dlu pgn bgt ke Turki... Moga2 bsa menyusul salah dirimu msk.. Jgn lupa update liburan ya di Istanbul ya ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwkwkwk mariii kita elap iler bareng2, maaak :D

      Delete
  2. cewek cantiknya ga ada teh? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyaaaakkkkk. ada tari perutnya juga ;D

      Delete
  3. Mupeng..jadi pengen ke sana nich Mak..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalo dah liat2 webnya si istanbul, mak. aaaakkkk mupeeeeenggg

      Delete
  4. Subhanallah. Bagus-bagus ya tempatnya.
    Baru bisa berkhayal untuk bisa pergi ke tempat-tempat bagus seperti itu.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba. Bangunan bersejarah pula. Sejarah Islam.
      Sama, saya juga lagi ngimpi ini :D

      Delete
  5. Huaaa, keren banget.

    kapan ya bisa jalan- jalan ke Eropa terutama turki ataupun Jerman? Eh, tapi kudu jalan-jalan ke Mekkah dulu sepertinya. hehe.

    Makasih infonya, Mak. Bikin mupeng, sungguh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, setuju! Kudu ke Mekkah dulu, bia afdhol. Pan di Mekkah kita bisa doa minta jalan2 gratis ke Turki. Wkkkwkwkw. Who knows, kan?

      Delete
  6. Memang keren banget yaa... Bersejarah pula. Kapan ya bisa ke sana? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sejarah Islam pula. Kita ngimpi dulu, yuk? :)

      Delete
  7. Huwoo Istanbul, Blue Mosque emang panteees ditaro di nomor satu.

    ReplyDelete
  8. Aaaarghhhh...kepengen ke sana jugaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaargghhh... ayoo kita berdoa sama2, Mbak. :)

      Delete
  9. Jadi mak is udah kesana belom?? klo belum berangkat ajak saya sih :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beloo, Maaak. Pan ini lagi ngimpi doloooo :p

      Delete
  10. Mak, bagus banget tempatnyaaaa :)

    ReplyDelete
  11. Selamat ya, telah menjadi pemenang ke 3

    ReplyDelete
  12. kapan rencana kesana mak
    jangan lupa makan lokum

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tau mak, jadi apa enggak nih, huhuhuhu.... anak kan udah sekolah sekarang, bingung ngatur waktunya :D

      Delete
  13. hai maaak....setujuuu dengan postingannya.....dari 5 tempat itu, hanya Forum Istanbul yang aku belum kunjungi, secara mall banyak di Jakarta hehehe...alhamdulillaaah saya diberi rezeki sering mampir ke Istanbul :D...kalau mau belanja aku lebih suka ke Taksim Square...seruuuu....kalau sempet monggo mampir ke http://indahnnuria.blogspot.com/2013/05/once-upon-time-istanbul-chapter-2013.html sedikit coretan waktu ke sana terakhir awal tahun :D....Istanbul bener-bener ngg ngebosenin..jadi pengen ke sana lagi :D...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah mak indah udah ke sana ya? aku jadi makin mupeeeengggg :D
      hokeh, aku ke TKP yaa :)

      Delete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^