Kenapa, sih, Nge-Blog?

10.27.2013

Postingan ini saya buat dalam rangka memperingati Hari Blogger Nasional. Ehem. Saya juga baru tahu ada peringatannya begini, hihi. Baiklah, di postingan kali ini saya cuma mau cerita aja kenapa saya nge-blog. Alasan apa sampai saya mau nge-blog bahkan sampai beli domain sendiri, dan apa sih manfaatnya?

***

Secara pribadi, saya senang menulis. Dari kecil. Dari SD. Saya senang sekali menulis. Awal nge-blog, saya waktu itu sedang menjalankan sebuah bisnis MLM. Dan saya dengan yakinnya, dengan memiliki blog, akan mempermudah langkah saya dalam berbisnis. Namun ceritanya berbeda yang terjadi.

Saya disibukkan dengan seabrek pekerjaan rumah dan kuliah, sementara bayi pertama saya baru lahir. Akhinya blog terbengkalai beberapa bulan lamanya. Bahkan setahun! Kemudian saya sudah nggak ingat lagi kalau saya punya "rumah kedua".


Akhir 2011, saya pindah besar-besaran. Pindah tempat tinggal. Dari Jakarta ke Sulaymaniyah. Dari Indonesia ke Irak. Hoh! Perubahan drastis ini saya rasakan. Berbagai macam perasaan dan pengalaman yang saya lalui, akhirnya mengajak saya kembali untuk menuangkannya dalam tulisan. Saya nggak ingin hilang begitu saja. Saya ingin ada sedikit kenang-kenangan yang bisa saya ulang kembali ketika membacanya.

Saya pun teringat dengan rumah yang sudah saya tinggalkan. Saya mencoba untuk membersihkannya kembali, menghias dengan aneka dekorasi yang indah, dan tentu saja, isi yang menarik. Saya lalu mengubah nama blog yang tadinya hanya "Ini Blognya Isti" menjadi "Life In Suly, Irak-Kurdistan". Saya ingin semua yang saya alami selama tinggal di tempat baru ini bisa diabadikan dalam tulisan.

Dan sampai sekarang, blog ini masih bertahan. Hanya saja, namany sudah berubah. Isinyapun  sudah banyak dan beraneka macam. Nggak cuma ada cerita-cerita saya selama tinggal di Suly, tapi juga khayalan-khayalan saya yang dituang ke dalam fiksi. Iya, saya senang menulis cerita. Saya senang berkhayal dan membuat sebuah cerita di mana sayalah sang sutradaranya. Menarik, bukan?

Kemudian, tanpa disangka-sangka, blog yang saya pikir hanya sebagai catatan pribada saya aja, menuai buah yang sedap. Beberapa orang sering meng-inbox di FB saya lantaran membaca kisah saya tentang Suly, Kurdistan. Rata-rata mereka semua berterimakasih karena saya sudah mau menuliskan cerita saya di blog. Mereka senang karena akhirnya tahu seperti apa itu Kurdistan, bahkan ada yang baru tahu negara apa itu Kurdistan.

Kebanyakan dari mereka mencari dengan keyword "orang Indonesia di Sulaymaniyah", "Kurdistan", atau sebagainya, kemudian terdamparlah mereka di blog saya ini. Biasanya karena mereka memiliki kenalan orang asli Kurdistan. Atau malah ada yang sedang menjalin hubungan serius dengan pria Kurdistan! Wah, bahkan salah satu dari yang meng-inbox saya itu sedang tinggal di Suly, di rumah mertuanya. Dia menikah dengan pria Kurdistan. Senang sekali saya. Apalagi dia! Bertemulah kami dan berkenalan satu sama lain.

Akhirnya kami berteman dengan keluarganya juga, yang bahkan saya sendiri nggak ngerti bahasanya. Heheh. Dia senang, karena akhirnya punya "saudara" gara-gara mencari di Google. Saya pun senang, karena bisa bersaudara dengan penduduk asli Kurdistan. Keluarganya sering mengundang kami makan malam bersama, dengan menu Kurdish.

Saya sekeluarga dan teman saat diundang makan malam di keluarga Kurdish

Semoga tulisan-tulisan saya di blog ini bisa tetap bermanfaat buat para pembaca, khususnya saya dan anak-anak saya, agar punya kenangan yang tertinggal selama tinggal di Suly, Kurdistan, Irak. :)

*****

Pas 500 kata.

31 comments :

  1. Waah kisah mbak penuh cerita panjang tuh. Rugi klo ga disimpan di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, beneeerr. tapi sekarang lagi jarang nih nulis tentang Suly. -_-

      Delete
  2. Senang ya mbak bisa mendapat teman baru di negeri orang :). Semoga tulisan2 kita di blog bermanfaat juga menjadi kenangan bagi keluarga terutama anak-anak kita ya.

    ReplyDelete
  3. cerita yang tak akan ada habisnya

    ReplyDelete
  4. Mau komeng aah...

    1. kok samaa, kenal blog jg gara2 MLM. tapi cerita berakhir lain wkwkwk
    2. Jadi tinggal di Kurdistan tooh. kenal negara ini krn ada temen yg wktu itu menjalin hub sm pria Kurdish. tapi gk jadi nikah.
    3. Jadi, mba apakah menikah dg pria Kurdishtan? *kepo pake banget* Dimana bisa saya biaca kisah lengkapmu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. wahahahh sama yaaa kita.
      2. iya mak, di kurdistan :D
      3. oh tidaaaak. saya nikah sama lelaki asli jakarte keturunan klaten :p

      Bisa baca2 di page "Life In Suly", mak. Sebelahnya Beranda/Home. :))))

      Delete
  5. tetap semangat maaak...seneng bisa kenal denganmu...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, mak nunung. aku juga seneng kenal denganmu, emak super! :))))

      Delete
  6. aku ngeblog krna suamiku bosen aku paksa bca tulisan2ku terus hi hi,,biar org lain ikut baca,,sapa tau bermanfaat,,mak isti dlm rangka apa di Irak? duh,,kepo jg kyk mak noe nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. qiqiiqiiqqi kasian suaminya, mak. :D :D :D
      aku ke irak ikut suami, kebetulan beliau kerjanya di sini. :)))

      Delete
  7. Wah, ngeblognya udah lama juga ya Mbak.

    Salam kenal dari Jakarta. *dadah2 ke Irak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih baru ini, mak. baru mulai lagi setelah pindah ke irak. hihihi

      Delete
  8. Nyimpen di blog tentang kisah merantau bisa jadi kenangan untuk diri sendiri dan keluarga...plus yang baca jadi ikut ngerasain serunya ^_^
    Hepi ngeblog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, maaak. setujuuuu!!! :)))
      makasih udah mampir.

      Delete
  9. Mantep mbak ^^

    Apalagi, sampe merantau ke Irak sayang banget kalau gak diabadikan perjalanan hidupnya di blog hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, mak! akuuur.
      makasih udah mampir ya mak. :))))

      Delete
  10. masih di Irak mbak?
    kapan-kapan kalau saya kesana, boleh mampir dong ya #SKSD :D

    oya, saya lagi cari guest blogger utk #MenulisMuharram, bisa lihat disini: http://bit.ly/HlVEya ikutan yuk mbak, thankyou ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih, mbak. :))
      terima kasih infonya. nanti saya mampir.:))

      Delete
  11. daku salah satu penikmat blog emaks2 yang dirantau negeri seberang ^^ jadi berasa ada disana mak ^^ makasih yah sudah mau berbagi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2, mak. makasih udah mampi ke mari. :)

      Delete
  12. pokona ah top top markotop dehh!!
    paling seneng kalau baca tentang Suleymaniyyah, aneh tapi seru banget ya!

    ReplyDelete
  13. ihiy..jauhnya mbak... kunjungan pertamaku ini disini :))
    salam kenal ya.. seng betah dinegeri orang dan seneng baca ceritanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamin, makasih doanya, mak.
      makasih udah mampir ya :))))

      Delete
  14. Kalau ketemu sesama Indonesia di negara luar yang semuanya serba asing memang asik banget ya jeung...

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^