Tentang Blogwalking

1.15.2016

Sejak aktif nge-blog lagi sekitar empat tahun yang lalu, saya memang baru kenal update blog aja. Untuk blogwalking, cuma sesekali aja, itu pun kalau saya tertarik sama judul posting-an yang di-share sama teman blogger. Iya, saya dulu sombong nggak suka blogwalking. :D


Sampai akhirnya, saya ngerti kalau blog itu bisa kita maintain, tergantung kita mau dibawa ke mana blog-nya ini. Kalau cuma mau untuk nulis suka-suka aja, ya silakan. Tapi kalau mau tetap update dan menghasilkan traffic yang bagus, ya berarti harus ada yang diperjuangkan lagi, dong!

Di situlah saya baru ngerti kalau blog juga bisa menghasilkan uang. Bukan melulu dari iklan yang dipasang di sidebar, tapi dari penawaran-penawaran kerjasama dari agency atau brand. Untuk bisa menarik brand agar blog kita diajak kerjasama, tentu aja kita harus punya kualitas blog yang baik juga. Nah, sampai di sini saya juga belum ngerti betapa pentingnya blogwalking.

Lalu saya kenal sama yang namanya Alexa Rank dan DA (Domain Authority), dulu malah ada Page Rank juga. Konon, semakin kecil nilai Alexa Rank blog kita, maka semakin bagus kualitas blog kita. Sebaliknya, blog kita akan baik kalau angkanya DA-nya tinggi. Bagus dalam artian traffic pengunjungnya, bukan tampilannya.

Untuk bisa dapat nilai Alexa Rank dan DA yang bagus, tentu aja dengan terus meng-update blog kita. Isi dengan konten-konten yang baik, bukan dengan yang judulnya "memancing" tapi isinya entah apa-apa. Banyak banget yang kayak begitu, sih, demi menarik traffic supaya banyak yang klik link blog-nya. Hmm, ini sih sama aja ya kayak berita-berita hoax yang sering kita baca karena di-share blog-blog nggak bertanggung jawab itu, yang cuma mau memprovokasi aja.

Selain rajin meng-update blog, tentu aja blogwalking nggak ketinggalan. Kalau kita memang mau menarik pengunjung, ya setidaknya kita juga harus rajin berkunjung ke blog teman-teman lain. Istilahnya, bertamu lah, supaya menandakan bahwa kita ini ada. Jadi, si owner blog bisa berkunjung balik ke blog kita.

Sistemnya sama seperti kita bertetangga. Meski kita isi dan bersih-bersih rumah setiap hari, tapi kalau kita nggak pernah keluar rumah untuk bertamu ke rumah tetangga, gimana mereka tahu kalau kita itu ada dan bisa dikunjungi? Yang ada malah kita dianggap sombong. Iya, kan?

Nggak mungkin juga kita terus berharap dapat kunjungan setiap hari sementara kita sekali pun nggak pernah berkunjung balik ke rumah mereka. Lama-lama mereka juga beranggapan bahwa kita orang yang nggak mau bergaul dengan tetangga. Nggak enak banget, ya, rasanya?

Blogwalking dalam hal ini bukan hanya berkunjung begitu aja, tapi tinggalin komentar juga. Lah kalau kita udah berkunjung tapi nggak ninggalin komen, gimana mereka tahu kalau kita berkunjung, sementara kita juga mengharapkan mereka tahu kalau kita ada?

Saya nggak bilang blogwalking itu berarti punya modus tertentu, tapi ya begitulah prosesnya kalau kita memang menginginkan Alexa Rank dan DA yang baik. Jangan harap bisa dapat seperti yang kita harapkan tapi nggak pernah update blog dan rajin blogwalking.

Saya sendiri juga masih jauh dari bagus, kok, angka-angkanya. Apalagi untuk Alexa, sejutaan, bok! LOL. Kalau dianggap uang beneran, bisa deh itu buat uang belanja setengah bulan. Hahaha. Sementara untuk DA, pas-pasan banget ada di angka 20. Beberapa bulan lalu padahal bisa ada di 25, lalu terjun bebas ke 20 begini rasanya nyesek banget. :(

Tentang blogwalking ini, saya banyak belajar dari teman blogger yang saya anggap sebagai Ratu Blogwalking, Mbak Lidya. Gimana nggak dinobatin sebagai Ratu Blogwalking coba, dia sekali blogwalking bisa buka tab sampe dua puluhan! Saya mah angkat topi aja deh buat dia. Buka tab lima biji blog aja suka siwer ngomeninnya, ketuker-tuker. Tapi dia bisa gitu sekali buka sampe dua puluhan tab. Pantesan aja Alexa Rank-nya di bawah 300 ribuan.

Jangan salah juga, ya. Mbak Lidya selalu blogwalking bukan untuk naikin DA dan merampingkan Alexa, tapi memang murni untuk silaturahim. Nah, itu tuh yang susah. Niat. Kalau emang udah niat ikhlas, mah, biasanya rejekinya ngikut, yah. Sementara banyak blogger lain yang niatnya emang untuk naikin DA doang, tapi komennya jadinya ngasal banget, kayak nggak baca isi posting-an dan cuma baca judulnya aja, terus komen sesukanya padahal nggak nyambung sama isi tulisan. Ngok!

Lagi, Mbak Lidya ini, meski nggak share link posting-annya di sosmed, tapi posting-an di blog-nya selaluuu aja rame. Kalau saya? Di-share di sosmed pun yang komentar nggak ada setengahnya yang komen di blog Mbak Lidya! Hahahaha. Saya mah nggak bisa kayak Mbak Lidya, tapi paling enggak saya harus belajar mulai dari buka tab sepuluh dulu, deh, biar bisa terbiasa dan bisa merampingkan nilai Alexa.

14 comments :

  1. Yuk Mbak, mari kita bareng-bareng semangat BW :)

    ReplyDelete
  2. Kalau mba ldya emang rajin banget BW nya, BW bisa menjalin silaturrahmi jg wlpun tak pernah ketemu langsung kalau saya walaupun ngak ada kunjubgan balik gpp.

    ReplyDelete
  3. kalo di blog mba Ade, kesuksesan mba Lidya karena sepenuhnya didukung suami dan keluarganya..jadi blogger sukses deh :

    ReplyDelete
  4. yup, blogwaling penting, tapi yang saya sesalkan juga, sekarang banyak blogger yang tanpa baca tulisan tinggal komen 'numpang blogwalking', atau komen tapi kelihatan nggak baca tulisannya alias nggak nyambung

    ReplyDelete
  5. Saling bw ya mbak yaaaaa biar DA nya naik.ahahahaa... ah yg pntg bw itu buat jalin silaturahmi.

    ReplyDelete
  6. Iya nih aku juga pengen tambah rajin blogwalking. Seneng aja dari BW itu kita suka dapat cerita terbaru dari temen dan kadang suka nemu ide baru buat postingan saat buntu mau nulis apa. Salut euy sama Teh Lidya. Pengen bisa kuat gitu bw sampe 20 tab :)

    ReplyDelete
  7. Mb Lidya mah juara bgt deh ya bw nya. Aku dulu jg silent reader, tp stelah belajar skrg jg kudu ninggalin komen. Hihi..

    ReplyDelete
  8. Aku kok susah komen disini ya Mak.
    Yang penting semangat BW lah ya. Yuk..yuk... aku akhir2 ini juga mulai rajin BW. Seneng baca tuulisan macam2 mulai dari traveling, beauty sampai parenting.

    ReplyDelete
  9. Kalo sdh sering saling BW ada yang kurang deh bila gak mampir ke blognya... BW bagiku saling bersilaturahmi dengan sahabat dunia maya.. Walaupun blm pernah ketemu secara fisik karena rajin menyapa ketika BW koq merasa seperti sdh lama temenan aja ya Mba..

    ReplyDelete
  10. BW memang banyak sekali manfaatnya, terutama untuk meningkatkan pengunjung

    ReplyDelete
  11. karena belum mampubeli tiket ke Sully, aku cuma bisa berkunjung ke blognya aja ya :)

    ReplyDelete
  12. Aku kalau BW seringkali tidak meninggalkan jejak jadi koment itu penting banget ya mak ? trims sharingnya

    ReplyDelete
  13. hehehe.. iya bener... kayaknya tiap blogwalking kemana-mana ehhh.. sering banget liat komennya mak lidya :) luarrrrrr biasaaaaaa

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^