[Review Buku] Dongeng Anak Muslim tentang Alam Semesta

2.18.2019




Udah lama juga nggak review buku anak. Saya sekarang seneng banget karena Shaki, anak kedua saya, lagi rajin-rajinnya baca buku dan minjem buku di perpusatakaan sekolah. Artinya, saya boleh sedikit berbangga karena berhasil menulari anak-anak untuk gemar membaca.

Kalau kakaknya, I'am, di sekolah belum ada perpustakaannya. Jadi dia palingan bacanya buku-buku koleksinya yang ada di kamar. Sekarang malah lagi seneng baca buku-buku Goosebumps koleksi saya. Artinya juga, saya berhasil meracuni anak saya dengan buku bacaan saya sewaktu kecil.


Karena I'am dan Shaki senang baca, maka adiknya, Manda, pun sama. Dia paling senang sama buku yang banyak gambarnya dan tulisannya sedikit. Iya lah ya, namanya juga masih 3 tahun. Sulitnya, mencari buku semacam dongeng-dongeng tapi yang ada unsur Islaminya. Kebanyakan kan kalau dongeng-dongeng dari luar negeri itu nyerempet-nyerempet peri dan Hari Raya mereka, ya. Jadi anak saya dari kecil lebih mengenal budaya agama lain ketimbang kebesaran Tuhannya sendiri.

Syukurnya, sekarang saya nemu buku dongeng anak yang isinya nggak melulu Putri dan Pangeran aja, tapi juga ada pembelajaran mengenai kebesaran Allah SWT juga ada kutipan ayat Al Qur'annya. Gimana nggak happy, coba?


Buku "Dongeng Anak Muslim Tentang Alam Semesta" ini sebagian besar menceritakan bagaimana interpretasi sebuah ayat Al Qur'an ke dalam cerita dongeng agar mudah dipahami oleh anak-anak. Kalau anak-anak belajar ngaji kan kadang susah ya nyambungin cerita dengan ayatnya, tapi lewat buku ini, insyAllah mudah dimengerti.

Dari 10 cerita, ada 4 dongeng yang mengisahkan tentang hewan yang disebutkan dalam Al Qur'an. Saya sendiri paling suka dengan cerita "Barisan Para Semut" yang terinspirasi dari kisah Nabi Sulaiman (QS An-Naml: 18-19).


Cerita Favorit I'am



Waktu tahu saya punya buku cerita baru, I'am yang pertama baca sampai habis. Dia kalau baca cepat sekali. tapi anehnya, ya dia tahu isi cerita bukunya. 😁

Jadi untuk memastikan, saya tanya cerita mana yang paling dia suka dan kenapa? Jawabannya?

"Aku suka ceritanya 'Pesawat Prince Ramazan'. Soalnya aku juga pengin bisa bikin pesawat kayak Prince Ramazan. Keren banget! Kayak Pak Habibie juga, ya Ma?"

Diceritakan seorang pangeran bernama Ramazan sangat menyenangi pesawat. Selama 5 tahun ia membuat pesawat dan akhirnya berhasil, ia terbangkan untuk keliling dunia. Kemudian ia pun membuat pesawat lagi agar bermanfaat bagi orang banyak. Prince Ramazan sangat bersyukur bisa terbang dengan pesawatnya dan melihat keindahan dan kebesaran karya Allah SWT.

No wonder sih, karena I'am kesukaannya space. Sistem tata surya dia hapal di luar kepala. Dai paling semangat kalau belajar tentang space. Maka itu dari sekian banyak cerita di buku Dongeng ini, Prince Ramazan yang paling menarik baginya.

Dijelaskan lagi di akhir cerita, ada sebuah ayat Al Qur'an yang menurut penulis, maknanya berhubungan dengan cerita tersebut.

"Wahai golongan jin dan manusia, jika kalian mampu menembus penjurunya langit dan  bumi, maka tembuslah. Kalian tidak akan mampu menembusnya kecuali atas izin Alloh." (QSAr Rahman: 33)


Cerita Favorit Shaki



Lain I'am, lain pula Shaki. Shaki menyukai cerita "Princess Kayla Belajar Menghargai Waktu". Pas saya tanya kenapa, katanya begini.

"Soalnya Princess Kayla mirip kayak aku. Kalau malam aku baca buku sampe tidurnya kemaleman. Terus bangunnya kesiangan. Hehehe."

Ya iya sih emang bener anaknya begitu. 😓

Diceritakan seorang Putri bernama Kayla. Ia senang sekali bermain sampai lupa waktu. Dan ketika malam tiba, Princess Kayla membaca buku hingga larut yang mengakibatkan ia mengantuk di kelas. Kemudian ibunya mengajarinya untuk belajar menghargai waktu. Jika ayam berkokok di pagi hari, tandanya ia harus bangun. Dan ketika matahari sudah tenggelam, tandanya ia sudah harus berhenti bermain.

Nah, kan, Shaki nyadar berarti, kalau kebiasaan seperti itu nggak baik. Saya pribadi sih seneng banget kalau ketemu buku cerita yang tokohnya mirip dengan kebiasaan buruk anak saya. Kan, saya jadi nggak perlu susah-susah ngingetin mulu jam segini harus begini jam segitu harus begitu. Saya ngarepnya dia bisa ambil kesimpulan sendiri dari cerita yang dibacanya.

"Matahari dan bulan beredar menurut perhitungan." (QS. Ar Rahman: 5)


Judul buku: Dongeng Anak Muslim tentang Alam Semesta
Jumlah halaman: 100 halaman
Penulis: Fita Chakra
Ilustrasi: Fransisca Ayu, Hilman Makhluf, Lanting Studio, Maureen Monitan
Tahun: 2019
Penerbit: Qibla

Sebagian royalti buku ini akan disumbangkan ke Taman Bacaan Masyarakat.

26 comments :

  1. Allhamdulillah buku anak karya FIta terbit lagi, dan anak-anak langsung khatam baca bukunya nih di rumah

    ReplyDelete
  2. Wahhh anakku pasti suka nih sama bukunya bila kubelikan :). Coba cari bukunya ahhh :)

    ReplyDelete
  3. wahh pesan yang disampaikan buku ini bagus banget nih, anak-anak yang membacanya jadi sadar bahwa kebiasaan kurang baik (yang mungkin selalu dilakukannya) itu gak boleh (sering-sering) dilakukan karena akan berdampak buruk pada diri sendiri :)

    ReplyDelete
  4. Buku dan pesan yg baik buat anak. Saya juga mba senang cari buku bagus buat si kecil.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, ditengah zaman kaya yang sekarang ini, Masih ada buku bacaan untuk anak yang memang sesuai dengan umurnya.

    ReplyDelete
  6. Maa syaa Allaah, keren ya mbak. Anak2nya udah diajarkan dan dibiasakan membaca sedari kecil efeknya mereka jadi suka membaca buku. Bukunya bagus saya jadi tertarik juga membelinya untuk Bunay.

    Kayaknya buku dari penerbit Qibla ini biasa ada juga di Gramedia atau toko2 buku.

    ReplyDelete
  7. Buku dgn ilustrasi menarik, full color, bahan buku nya bagus jadi makin semangat buat bacanya untuk referensi anak2 di rumah nih. Salam kenal ya mba

    ReplyDelete
  8. Senangnyaaaaa hobi membaca nurun ke anak-anak. Btw, jadi ketahuan kalau Shaki bangunnya siaang. Hihihi.

    ReplyDelete
  9. Wah bukunya bagus yah..cari juga ah buat ponakan kecilku..

    ReplyDelete
  10. Bagus nih buku kaya gini. Aku masih PR buat nyari buku bagus tp sesuai budgetku juga dan nulari ponakan suka baca. Tentang yg baca buku sampai malam, kujadi ingat temanku dulu. Dia suka banget begadang baca buku sampai matanya minus

    ReplyDelete
  11. Aku pun suka kalo ada buku yang bisa menjadi pembelajaran anak-anak tentang kegiatan sehari-hari seperti bukunya Fita ini. Anak-anak jadi punya keputusan ya, mau ngikuti contoh baik dari buku atau tetap nggak berubah. Tapi seringnya buku bisa jadi contoh kebajikan sih

    ReplyDelete
  12. Bo sama Obi juga sukaaa banget buku ini.. sekali baca langsung habis judulnyaa.. dan seru mereka berdua bacanya

    ReplyDelete
  13. Kalau saya masih punya anak kecil, kemungkinan besar akan saya beli. Buku kayak begini bagus buat anak. Ilustrasinya sangat menarik, jadi biasanya anak-anak juga bakal senang membacanya

    ReplyDelete
  14. Ponakanku yg masih TK suka aku beliin buku2 dan suka banget sama alam semesta, cuma ini keren banget ntr aku tawarin ma adekku..

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah yah mba kalau anak-anak suka baca buka, bisa jadi modal untuk pembelajar mandiri, sayapun mengharapkan anak-anak demikian makanya sebisa mungkin akses buku mudah dan bikin seperti perpustakaan kecil biar mereka tiap ada waktu sela bermain bisa baca bukunya :))

    ReplyDelete
  16. Wah si Zubair juga suka yang cerita Prince Ramazan. Keren banget katanya bikin pesawat

    ReplyDelete
  17. Senangnya kalau bisa menularkan hobi membaca sama anak2 ya mba. Aku juga lg ngumpulin buku2 anak yg bagus nih. Biar mereka juga suka baca. Sementara ini nyarinya yg boardbook biar ga gampang rusak. Soalnya masih 3 tahun ma bayi. Selain itu jg berusaha nyari buku Islami. Kalaupun buku2 luar yg ceritanya umum.

    ReplyDelete
  18. Aiih...princessnya cantik sekali...
    Aku suka banget baca buku anak-anak yang kaya akan visual menarik dengan warna-warna cerah ceria.

    ReplyDelete
  19. Waaa anakku wajib punya nih, mereka suka banget buku tentang alam semesta, apalagi kalau diceritakannya dalam versi islami yaa, bisa sekalian nambah ilmu :)

    ReplyDelete
  20. Wah buku nya bagus ya bisa mengajarkan kepada anak nilai nilai positif sejak dini, kalah qonita agak gede akupun mau beliin

    ReplyDelete
  21. Menarik banget nih bukunya, ada hikmah yang bisa dipelajari anak-anak tanpa harus kita jejali dengan nasehat melulu ya. Kebesaran alam dan kuasa Allah juga makin mudah dipahami kalau ada cerita sekaligus visual yang menarik untuk anak seperti ini.

    ReplyDelete
  22. Bagus cover buku dan isinya,, mulai dari kecil penting banget nih mendekatkan anak sama buku2 cerita biar menjadi kebiasaan saat sudah besar.

    ReplyDelete
  23. Baca buku ininak pasti bakalan betah. Karena banyak sekali pesannya dan apalagi bukunya coveran memiliki warna yang asik di mata. Penting banget menanakan cinta membaca pada anak ya Mbaa. Makasih reviewnya mba

    ReplyDelete
  24. Alam semesta memang tema yang paling membuat anak-anak fokus mendengarkan dibanding cerita lainnya.. dan itu terjadi pada anak-anak ku.. mereka lebih tertarik tentang luar angkasa dibanding tema lainnya.. aku juga suka sih bacanya hehee

    ReplyDelete
  25. Wah kerenn nih bukunya untuk anak-anak dilengkapi dengan ilustrasi cantik 😊 rekomended deh buat kemenakan 😍

    ReplyDelete
  26. Aku udah punya bukunya tapi blm sempet buka dan bacain ke anak2 haha. Masih ngantri bacanya :D
    Tapi sekilas baca reviewnya kyknya bakalan banyak pengetahuan ttg alam dengan bahasa yang mudah bisa didapatkan ortu dan anak dr buku ini ya mbak :D

    ReplyDelete

Thank you for read my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^