Pilah-pilih SMP Swasta Sekitaran Cibubur

12.11.2020

Udah lama banget nggak nge-blog, sampai lupa dan kaku ngetikinnya. Am I still a Blogger? Dunno. Sekarang saya kalau ada apa-apa lebih milih cerita ke suami. Kalau pun nggak ke suami, kadang ke teman-teman di WAG. Jarang banget udah saya sharing di sini. Paling banter kalo di sosmed ya Instagram, hehe.

Jadi sekarang kan udah akhir tahun ya. Sekolah-sekolah swasta udah pada mulai buka pendaftaran untuk Open House virtual. Saya sendiri, juga suami, masih bingung banget mau masukin I'am ke SMP mana. Sekarang I'am di Sekolah Noah, yang mana ada SMP-nya juga sebenarnya. Cuma kami masih nyari-nyari alternatif lain yang jaraknya nggak begitu jauh dari rumah dan track record sekolahnya bagus.

Sebenarnya, sebelum pandemi gini aja kami udah kesulitan. Ditambah pandemi lagi, mau lihat-lihat sekolahnya secara langsung kayaknya agak riskan. Mungkin kalau bikin appointment bisa kali ya. Oh ya, tahun lalu tuh udah sepakat mau masukin ke Negeri aja, tujuan utama ke SMP 49. Iyak, itu SMP favorit, dan nggak tau anak saya bisa masuk sana apa enggak. Masalahnya, tahun lalu kan masuknya disaring dari usia, ya. Kalau pakai usia lagi ya udah lah hopeless, I'am nggak akan bisa masuk sana, atau Negeri-negeri lainnya yang favorit. :(

Sekarang pilihannya adalah, lanjut lagi di Noah, atau coba ke Labschool Cibubur, atau Nizamia Andalusia. Semuanya sama. Sama-sama lumayan uang pangkalnya :p Kalau SPP mah standar, standar swasta SMP lah. Tapi yang paling mahal nih malah SPP-nya Noah, deh. Entar saya jembrengin di bawah aja, ya, biar ada perbandingan.


1. SMP Noah



Ini saya copas aja dari wasapnya Admin SMP Noah, ya.

Berikut beberapa informasi mengenai SMP Noah di Tahun Ajaran 2021-2022.

▪︎Waktu pembelajaran:
SMP Noah masuk sekolah mulai pukul 07:00 s/d pukul 15:00, setiap hari Senin s/d Jumat, hari Sabtu dan Minggu libur.

▪︎Biaya Pendidikan SMP Noah (TA. 2021-2022) adalah sebagai berikut:
1. Formulir pendaftaran: Rp 300.000 (calon siswa eksternal), Rp 150.000 (calon siswa internal)
2. Biaya Enrollment Fee: Rp34.000.000
3. Biaya SPP: Rp2.500.000/month
4. Uang Kegiatan: Rp1.700.000/year
5. Uang Seragam: Rp.1.800.000/year

Karena ini kurikulum Cambridge, jadi untuk bahasa pengantarnya pakai Bahasa Inggris full, ya. Guru dan siswa pakai English.


2. SMP Labschool Cibubur



3. SMP Nizamia Andalusia






Jadi akhirnya pilih mana? Kalau milih, saya dan suami penginnya sih lanjut Noah lagi, ya. Bukannya apa-apa, besar harpan kami pada I'am yang Bahasa Inggrisnya lumayan, penginnya nerusin di Cambridge biar nanti bisa tes untuk kuliah di luar negeri. :)

Nanya ke anaknya, ternyata dia mau ke Labschool aja. Tambah lagi udah lihat-lihat sekolahnya pas sore-sore. Sepi. Tapi untungnya ada security-nya, jadi bisa dianterin keliling sekolah. Dari situ, dia mantep dan yakin pengin masuk Labschool Cibubur. Apalagi temen-temen alumni Putiknya juga pada di situ semua. Dan pas ditanya kenapa excited, dijawab, "Di sekolahnya ada free wifi." 😓

Ya, baiklah kalau begitu. Sekarang gimana caranya anaknya mau belajar dengan tekun demi lulus ujian tes masuknya nanti. Selama PJJ ini dia susah bener ya belajar soalnya. :))

Btw, ujian masuknya tanggal 14 Februari, hari Minggu itu. Mudah-mudahan anaknya lulus. Atau engga, ya tes di sekolah yang lain. Mungkin bakalan nyoba boarding school di Sawangan, Depok. 😅 Nanti saya bahas di lain post ya.



No comments :

Post a Comment

Thank you for read my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^