Yuk, Ketahui Sumber Kuman dan Cara Mencegahnya!

5.30.2018


Di antara dot empeng bayi, gadget, boneka, remote tv, dan stroller bayi, mana kira-kira yang paling banyak meyimpan kuman? Saya kira jawabannya itu ada di remote tv. Yah, tahu sendiri kan kalau remote tv itu yang paling sering bersentuhan dengan tangan-tangan siapa pun yang ada di rumah? Tapi ternyata saya salah.

Yang paling banyak menyimpan kuman di antara benda di atas ternyata adalah stroller. Nah loh, kok bisa stroller? Yuk, kita simak jawabannya.

Hari Rabu kemarin, 9 Mei 2018, saya diundang KEB untuk menghadiri acara Blogger Gathering MITU di Ev Hive d'Lab, Menteng. Saya beruntung sekali karena narasumber yang hadir adalah Dr. Herbowo, salah satu dokter anak dan syaraf di RSIA Hermina Jatinegara.

Sumber Kuman dan Cara Mencegahnya


Dr. Herbowo dan Mbak host.

Menurut Dr. Bowo, sapaannya, stroller justru tempatnya debu. Malahan, ada sebagian orang yang menyimpan stroller-nya di dalam bagasi mobil dan nggak dipindahin ke luar. Nah, di dalam bagasinya itu udah berapa banyak deh debu yang nempel di stroller?

Duh, saya jadi inget stroller sendiri yang saya simpan di garasi. Karena Manda sekarang udah lebih sering main sama kakaknya, jadi jaraaaang banget pakai stroller. Nah, pas tiba-tiba kemarin dia kakinya sakit dan minta digendong, saya langsung keluarin aja stroller-nya. Ugh ya Allah ... itu debu yang nempel banyaaaak dan kelihatan jelas banget! 😓

Jadi diapain? Ya saya lap! Awalnya pakai lap dan tisu kering biasa aja, tapi karena nggak bisa hilang semua, jadi saya ambil tisu basah supaya sekali lap langsung hilang debu dan kuman bakterinya juga. Lumayan, sih, agak bersihan. Tapi kayaknya emang kudu dicuci di laundry khusus stroller aja, deh!

Sementara tempat umum yang paling banyak menyimpan kuman adalah di ... toilet! Ya, ini mah udah jelas ya, kita semua juga tahu. Toilet di rumah aja bisa banyak kumannya, apalagi yang umum, ya kan?

Masih menurut Dr. Bowo, sumber kuman itu bisa ada di mana-mana di sekitar rumah kita, lho. Dari lantai rumah, gadget, kran air, tempat sikat gigi, spons pencuci piring, sampai hewan peliharaan. Waduh, kalau begini mah semuanya yang ada di rumah ada kumannya, dong? 😩

Padahal, penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian pada bayi adalah diare dan pneumonia. Setiap tahun kedua penyakit itu bergantian menduduki puncak penyebab kematian pada bayi. Duh, kok serem amat, ya? Lalu langsung kebayang semua barang-barang yang ada di rumah. Apa kabar anak-anak kita yang suka eksplorasi macem-macem dengan barang di rumah? Ya kali kita nggak bolehin main sama sekali karena takut kumannya nempel di tubuhnya? Terus gimana caranya kita mencegah si Kecil supaya terhindar dari kuman?

Untungnya, Dr. Bowo juga menjelaskan cara mencegah kuman. Simak, deh, satu-satu.
  1. Asi eksklusif
  2. Imunisasi
  3. Makanan bergizi
  4. Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan
  5. Mencegah penyebaran kuman, dengan cara:
  • Menutup mulut saat bersin atau batuk
  • Menggunakan produk dengan kandungan ANTISEPTIK
  • Mencuci tangan
  • Tidak menyentuh mata, hidung, mulut setelah menyentuh barang di area umum
  • Membersihkan benda yang digunakan di area umum

MITU Baby Antiseptic



Takut si Kecil terkena kuman karena suka berekplorasi? Nggak perlu! Apalagi sampai mencegah si Kecil memakai benda-benda yang menurutnya menarik dan bisa dijadikan mainan. Ohohoho, itu juga nggak perlu! Yang kita butuhkan sebagai Ibu yang baik ternyata gampang. Cukup pakai MITU Baby Antiseptic ketika si Kecil mau bermain. 

Usapkan MITU Baby Antiseptic pada tangan dan kaki si Kecil setelah bermain. Fungsinya yang 3in1 menjadikan kulit si Kecil tetap lembut dan sekaligus melindunginya dari segala kuman yang bisa nempel di tubuh. 

Mbak Sabrina Purba sebagai Brand Manager MITU Baby Indonesia mengatakan bahwa Mitu Baby Antiseptic memliki fungsi 3in1 di dalam selembar tisunya yang lebih baik dibandingkan tisu biasa lainnya.

MITU Baby Antiseptic yang berwarna hijau ini, ternyata punya kandungan Tea Tree Oil-nya, lho! Selama ini saya tahunya cuma buat kosmetik aja kayak buat wajah yang berejerawat gitu, tenyata manfaat tea tree oil itu ada banyak, salah satunya ada pada MITU Baby Antiseptic ini, yaitu melindungi kulit bayi dari bakteri.

Selain Tea Tree Oil, MITU Baby Antiseptic juga Embossed Wipes, yaitu permukaan khusus yang membersihkan lebih bersih. Dan yang terakhir, mengandung Moisturizer, yang dapat menjaga kulit bayi tetap lembut.

Well, dari penjelasan Dr. Bowo dan mbak Sabrina di atas, apa kita udah melakukan yang benar untuk si Kecil? Semoga sudah, ya! 

Oh ya, mau cerita sedikit tentang keseruan kemarin itu. jadi di awal acara, kita dikasih semacam kuis-kuisan gitu tentang benda apa yang paling banyak menyimpan kuman. Kita dibikin per grup. Terus, ya nggak ada hadiahnya, sih. Yang ada hadiahnya itu buat yang pada maju ke depan. Menebak benda yang ada kumannya dengan ditandai sticker Mitu Baby Antiseptic. Wah, yang maju dapet hampers semuanya! Nyesel deh saya nggak ikutan maju kemarin, hahaha. 

Selesai acara pada poto-poto tapi sayanya udah keluar duluan, huhuhu.

Terima kasih untuk KEB dan MITU yang sudah bikin hari Rabu saya makin seru dan bermanfaat! :)

26 comments :

  1. nggak takut kuman lagi ya mba, kalau anak eksplorasi terus hehe
    bawa mitu baby ini kmana2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku selalu bawa mitu baby antiseptic nih di tas :)

      Delete
  2. huhuhu samaaa, aku juga nao stroller sembarangan aja kalau pas gak dipake. Harusnya ditutup rapat pakai plastik kali yaa

    ReplyDelete
  3. Saya baru tahu kalau ada Baby MITU Antiseptic. Tahunya yang biru sama putih doang. Nanti tak coba ke minimarket ah

    ReplyDelete
  4. walaupun udah gak punya bayi aku masih tetep bawa tisu basah kok kemana-mana. wah ini varian baru ya antiseptic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sama. Aku juga waktu Manda belum ada tetep sih bawa2 tisu basah terus

      Delete
  5. Aduh, gak nyangka dan luput dari perhatian ya kalau strollee itu ternyata lebih banyak kumannya. Hmm, memang sebaiknya bawa Mitu kemana-mana ya, praktis mencegah kuman

    ReplyDelete
  6. Wanginya enak ya isti.. kalau antiseptik pasti berguna banget yaaa

    ReplyDelete
  7. Yang terpenting juga rajin mandi karena terkadang bakteri floranormal bisa menjadi patogen kalau ada luka dibagian epidermis jadi untuk menguranginya yah rajin mandi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahhaha iya, Mas. Alhamdulillah kalau mandi masih terbilang rajin karena jakarta panas sekali yah :D

      Delete
  8. Skrg ada mitu antiseptik, anak2 jadi bebas deh utk bereksplorasi. Ga perlu takut lagi sama kuman. Yeeey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaayy aku jgua senang ada mitu baby antiseptic ini :)

      Delete
  9. solusi banget deh ini, biar si kecil bebas main dan emak pun tak usah worry lagi tinggal bawa mitu baby antiseptic yes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul! Aku bawa terus di tas mana pun yg kubawa pergi

      Delete
  10. horor ya kaannn ternyata si strollerlah yg paling kotor. hiiiyyy. harus rajin cuci stroller nih berartii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Strolerku mau tar laundry aja deh biar higienis :D

      Delete
  11. iya nih aku juga sering lalai sama kebersihna stroller,. setuju sama dr. Bowo kalo stroller bekas pake ya tak tinggal di mobil aja.. huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaaa iya yaaa memang malas nurunin stroller, berat pula :D

      Delete
  12. Wah aku juga pakai mitu Baby Antiseptic Wipes ini mbak. Wanginya enak dan tekstur nya juga tebal jadi gak gampang sobek klo buat aku.

    ReplyDelete
  13. Aku suka embos dari mitu antiseptik ini, memang lebih mengangkat kotoran.

    ReplyDelete
  14. Enak ya, bawa mitu. Anak kotor2an tinggal lap aja, praktis dibawa kemana2 lagi.

    ReplyDelete
  15. Sama selama ini taunya tea tree oil buat kosmetik aja, ternyata bisa buat tissue. Mungkin menyamankan kulit gtu ya fungsinya. Aku jg selalu sedia tissue mitu ini di rumah mbak :D

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^