Air, oh, Air ....

7.30.2018

Waktu pindah ke Cibubur ini, saya sempat kecewa karena airnya pada kuning butek gitu. Udah manggil tukang juga untuk ngebor sumur bahkan sampai sedalam 60 meter, tapi air yang keluar tetap nggak bisa bersih. Tukangnya sih klaim kalau airnya nggak bersih boleh komplain, nanti dibetulin lagi sampai airnya bersih. Pokoknya udah yang sombong banget lah itu ngomongya. Tapi tetap aja, 3 hari lumayan bersih, hari keempat butek lagi airnya. Mana sedikit berminyak, bau juga. Nggak bisa dipakai buat cuci apalagi masak, deh!

Karena udah hampir 3 bulan dengan kondisi air seperti itu, yang mana saya kalau nyuci ke laundry terus, akhirnya ketika suami saya benar-benar udah selesai kerja di luarnya, langsung pasang filter buat air di rumah. Voila! Air seketika langsuuung bersih dan bening. Say bye-bye to laundry!

Before-after

Masalah air bersih memang sering sekali saya temui ketika menempati rumah yang tempatnya agak minggir dari kota. Apalagi yang airnya hanya mengandalkan dari sumur aja, seperti tempat tinggal saya ini. Konon, dulunya tempat tinggal saya ini adalah rawa-rawa. Maka itulah, mau dibor sedalam apapun untuk mendapatkan air, nggak bisa dapet yang bersih dan bening kecuali pakai filter.

Saya jadi ingat waktu dulu tinggal di pinggiran kota Medan, sekitar tahun 1994-2004. Di sana, ada salah satu daerah yang susah sekali untuk dapat air bersih. Jadi setiap hari mereka ya masak dan mencuci pakai air yang butek begitu. Butek, bau, berminyak. Saya sendiri nggak bisa bayangin gimana jadi mereka saat itu. Sekarang gimana ya mereka, bertahun-tahun berlalu begini, seharusnya udah lebih baik lah ya airnya?


Lalu tiba-tiba aja jadi keingetan sama Danau Toba. Waktu masih SD tuh saya ke sana diajakin tetangga, jalan-jalan kita naik mobil tetangga. Dengan rasa penasaran yang tinggi akan indahnya Danau Toba seperti yang diceritain, pas sampai di sana agak kecewa sedikit. Saya jadi bertanya-tanya, setelah bertahun-tahun nggak tingagl di sana lagi, apa airnya udah lebih baik, ya? Secara sekarang kan kayaknya Danau Toba udah lebih terkenal daripada jaman dulu.

Pertanyaan saya terjawab sudah. Beberapa hari yang lalu, saya kebetulan pas banget lagi baca-baca berita online, terus lihat judul yang menarik: Air Danau Toba Jadi Layak Minum. Wohooo! Nggak kebayang deh. Duluuu banget waktu ke sana, ya maap-maap aja ya, airnya itu emang rada kotor. Nggak percaya, kan?

Itu airnya nggak boleh dipakai sama sekali, tapi warga sana emang suka pakai untuk mandi dan malah ada yang mencuci. Hiks. Kotornya itu nggak butek, tapi emang kotor karena tercemar sama sampah-sampah dan segala jenis yang lainnya. Kalau lihat ke tengah-tengah danaunya sih ya nggak akan keliatan kalau airnya kotor. Tapi di pinggirannya itu, lho. Sampai sekarang aja saya masih inget. Mana waktu pas ke sana tuh jauh banget dari rumah. Harus ngelewatin jalan yang berliku mengitari gunung, begitu sampai sana, airnya kok gitu yah? Kusedih. :(


Tapi ternyata sekarang udah berubah. Air Danau Toba udah bisa dipakai untuk apapun bahkan diminum! Pas baca beritanya itu, saya baru tahu ternyata pakai teknologi yang nggak kalah keren daripada filter di rumah saya. Yaiyalah, secara buat air sejuta umat ya kan di Danau Toba? :D

Oh ya, sample air hasil filter ini ternyata juga udah diuji di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan dinyatakan memenuhi syarat untuk air minum. Wah, nggak kebayang gimana rasa senengnya warga di sana begitu tahu air di tempat mereka udah layak pakai! 😊




Foto-foto Danau Toba dokumentasi Putri dan Nurul Noe.

40 comments :

  1. mahal ga harga filternya mba ??

    indah bgt danau nya yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Filter yg kupakai lumayan Mbak, tapi sepadan dengan hasilnya. :)

      Delete
  2. Wuih itu jadi bersih banget ya.
    Kayak pengen. Soalnya di sini juga kekuningan gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadi bersih banget. Kebayang kan yang di Danau Toba itu bertahun-tahun mereka pakai air yang nggak layak? :(

      Delete
  3. emang bener air bersih itu kebutuhan yg penting ya. Kita mau mandi cuci dan masak butuh air bersih soalnya.
    Alhamdulillah air di Danau Toba sudah dalam kondisi yg baik dan layak minum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, alhamdulillaah banget baca berita itu, ikutan seneng. :))

      Delete
  4. Alhamdulillah. Ikut senang dengan kondisi air yang sekarang. Air bersih memang kebutuhan yang paling utama. Apalagi kalau sudah layak minum. Bisa ngirit biaya buat beli air minum, kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Air minum kan lumayan ya kita pakainya banyak banget?

      Delete
  5. Wah beda banget ya kondisi air sebelum dan sesudah difilter. Awalnya kuning keruh jadi jernih seperti itu.
    Btw ikut senang air danau Toba bersih dan layak minum. Belum pernah ke danau Toba nih, pengin ke sanaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Mbak Lianny, siapin tabungan yang agak banyak sih tapinya. Etapi katanya di sana mau dibangun bandara jadi yang ke Danau Toba ga harus turun Medan, bisa langsung ke sana. Sekarang pasti udah lebih bagus lagi Danau Tobanya. :)

      Delete
  6. Penting banget punya air yang bersih.. dan itu sehat! Danau Toba cantik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indeeeeeed. Cantiiiiiiiikkk sekali Danau TOba itu! <3

      Delete
  7. Air di rumahku juga agak jelek jadi hrs difiltee dulu ya

    ReplyDelete
  8. Bentar-bentar, aku kok jadi kangen sama Danau Toba iih. Hiks

    ReplyDelete
  9. Layak minum? Tapi tetep harus direbus dulu kan ya. Keren iih pemerintah Sum-Ut, sukses edukasi masyarakat juga pasti utk gk mengotori danau lagi

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah ya mbak..air memang jadi kebutuhan pokok banget. Apalah kita manusia kalao ga ada air bersih. Itulah sebabnya kita juga harus menjaga lingkungan agar asupan air bersih tetap terjaga. Makasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  11. Halo mbaa. Masalah air bersih tuh emang vital banget . Aku ingat pas ke rumah iparku rumahnya kan baru trus airnya juga kuning gitu mba :(. Sedih deh tapi syukurlah sekarang udah semakin bersih

    ReplyDelete
  12. Aduh.. Itu before - after airnya beda banget ya warnanya.

    Btw Danau Toba cantik ya. Sayang saya belum pernah ke sana.

    ReplyDelete
  13. Wah seneng bgt deh kalau dah layak minum. Secara danau seluas itu ya..

    ReplyDelete
  14. Air memang penting banget, deh. Saya udha bisa bete banget kalau pompa air di rumah mati. Lebih bete daripada mati listrik hehehe

    ReplyDelete
  15. Wahh mba kalau warna air gitu, untuk mandipun jadi risih yahh.. dan setelah pakai filter saya yakin ampasnya banyak banget, beda gitu warnanya..

    danau tobaaaa.. kapan yah main kesana.. hehe

    ReplyDelete
  16. Filternya dipasang di bagian mana yaa, mba?
    Karena air di daerah Arcamanik, Bandung juga begitu indah nian dilihatnya.
    Orang sini gak mau masak langsung dari air sumurnya.
    Pasti beli air isi ulang gitu loo..

    ReplyDelete
  17. Wah nyata benaaar bedanya setelah difilter. Duh jadi kepo dg filternya deh? Pakai apa mba? Bisikin dong...

    ReplyDelete
  18. Masalah air bersih memang sering sekali saya temui ketika menempati rumah yang tempatnya agak minggir dari kota...iyesss termasuk Depok nih. Beda banget airnya sama rumshku dulu di Jagakarsa. Barti harus pakai filter ya

    ReplyDelete
  19. pakai filter apa sih mbak? yang saringan di kran? Air di rumah ibuku seperti foto mbak yang kanan, butek gitu.

    ReplyDelete
  20. Ya ampun bersih banget. Before dan after kentara sekali. Bedanya memuaskan. Air bersih dan selalu pengen mandi kalo liatnya

    ReplyDelete
  21. wahhh harus di filter ya biar jernih gitu,
    tapi ih masyaAllah indah banget danau nya
    pengen bisa ke sana liat langsugn

    ReplyDelete
  22. akkk aku ngga tau harus gimana kalau tinggal di daerah yang air nya ngga bersih. Balada alergi air

    ReplyDelete
  23. Masa sih mba air danau toba jadi layak minum, wau layak minum tapi buat jaga jaga pribadi sendiri aku sih mending minum air matang hehehee

    ReplyDelete
  24. urusan air ini bisa jadi sangat vital yah mba. Karena hampir setiap urusan domestik kita butuh air. Btw jadi pengen ke Danau Toba, indah banget yah kayaknya.

    ReplyDelete
  25. Air memang vital bagi kelangsungan hidup makhluk hidup, jangankan makhluk hidup, sepeda motor kalau dicuci pakai air kotor juga ndak sebagus kalau dicuci pakai air bersih ya. Before dan afternya beda jauh banget, Mbak Is. Pakai filter aoaan tuh,

    ReplyDelete
  26. Filternya pakai apa mba? Tabung yg diisi karbon, pasir gitu kah? Air sumur rumahku bening sih, buat mandi dan nyuci gak masalah. Tapi khusus air minum, kami beli air isi ulang jerigen. Trus dinding kamar mandi juga gak bisa bersih, kayak ada kerak gitu

    ReplyDelete
  27. Filter adalah salah satu cara mendapatkan air bersih ya? Ini penting banget sebab air adalah kebutuhan utama kita.

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah yaa masyarakat sekitar danau toba sudah lebih terjamin lagi sekarang, semoga daerah2 lain yang masih kesulitan air bersih juga segera dapet filter kaya di toba :)

    ReplyDelete
  29. akaku seneng kalau nemu kran air yang bisa langsung diminum berasa banget udah kayak negara maju hahahaha

    ReplyDelete
  30. Bisikin dong harga filternya Mba, he he. Sumur di rumahku yang diperumahan si airnya nggak kayak gitu warnanya. Tapi kalau abis ditinggal seminggu, buka keran, selama beberapa detik airnya coklat dulu macam ada endapannya. Tapi ga bau. Sesudahnya si bening. Tapi d rmh tetangga, airnya bs bikin baju malah kotor klo dicuci.

    ReplyDelete
  31. Wah kirain Cibubur airnya lbh bagus. Mbak aku penasaran filternya. Mungkin kapan2 bisa review filter airnya.
    Btw seneng tahu kabar bahwa ada teknologi buat memfilter air danau Toba yang melimpah utk kepentingan masyarakat sekitar sana :D

    ReplyDelete
  32. Air ini mmg yang paling penting mbak. Apalagi kita punya anak2 kan ya...

    ReplyDelete
  33. Dirumahku aneh nya kakau musim panas air pam bisa butek gitu jg. Filternya bisa jd altenatif ya. Dan sedihnya aku blm pernah ke danau toba

    ReplyDelete
  34. pake filter itu emang bisa menyaring air yang butek, di kantor juga gitu tuh airnya, naah kami pake filter baru deh jernih.

    waahh ternyata Danau Toba dulu airnya butek ya Mbak, padahal tersohor banget ya tempatnya itu :)

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^