VICE Indonesia: Channel YouTube yang Kontennya Anti Mainstream

1.05.2019

Agak telat juga sih sebenarnya karena saya baru ketemu channel VICE Indonesia sekitar 1 bulanan ini. But it's okay karena memang saya juga nggak cari tahu mengenai VICE atau konten-konten yang dibuat oleh VICE. Sesungguhnya saya ini lagi ada DL nulis blog, jadi tadi buka blog mau nulis sambil dengerin YouTube, lah yang kebuka VICE Indonesia. Terus ini tau-tau kok malah jadi semangat banget mau nulis tentang VICE Indonesia. Hahaha.

Karena saya merasa tertarik dengan VICE Indonesia, saya klik channel-nya dan lihat judul video yang lain. Rata-rata memang anti mainstream. Sebut aja tradisi memakan daging anjing yang dilakukan masyarakat Yulin, China. Atau Kuil Setan Lucifer di Kolombia, ada juga Sekte Feminis Islam di Turki. Atau pengalaman spiritual Suspensi di Serbia, yaitu ritual menggantungkan diri dengan kait. Baru baca judul-judul macam begitu aja udah bikin muka meringis dengan alis yang nyureng.

Bertemu Sekte 'Feminis' Islam


Awalnya saya tertarik dengan video tentang Sekte 'Feminis' Islam yang entah gimina kok bisa muncul di halaman Home saya. Pikir saya, "Wah ini pasti menarik!" Dan makin menarik lagi begitu tahu siapa pemimpinnya: Adnan Oktar, atau yang lebih dikenal dengan nama pena Harun Yahya.

Well, who doesn't know Harun Yahya? 

Harun Yahya adalah seorang penulis buku dan kreasonis yang berasal dari Turki. Ia sangat menentang teori Evolusi milik Darwin dan menganggap Darwinisme sebagai sumber terorisme. Buku-bukunya menceritakan tentang ajaran Islam kepada orang awam yang tidak tahu agama Islam. Dan di kesemua bukunya, ia menentang teori evolusi yang menurutnya bertentangan dengan ajaran Islam karena tidak mengakui keberadaan Tuhan.

Lanjut ke VICE Indonesia, ya. Video Bertemeu Sekte Feminis Islam ini direkam langsung oleh kru VICE. Mereka diterima masuk ke dalam markas sekte tersebut dan bertemu dengan Oktar untuk mengikuti perjamuan. Anggota sektenya perempuan semua, kaya raya, dan yang bikin aneh adalah semuanya berwajah serupa! Menurut Oktar, ada standar kecantikan bagi perempuan sehingga para anggotanya patuh dan melakukan operasi plastik dengan bentuk hidung, pipi, mata, bibir, dan rahang yang sama. Hanya rambutnya aja yang membedakan.

Aneh kan, memperjuangkan hak-hak perempuan tapi malah ngasih standar kecantikan?

I know it sounds weird. But you have to look out the video so you know how was my feeling.


Bersantap Anjing di Yulin


Di video liputan tentang tradisi memakan daging anjing di Yulin, kru VICE masuk ke pasar yang memperjual-belikan anjing hidup, dan kemudian melihat langsung gimana anjing-anjing itu dibunuh untuk dimasak lalu disantap bersama. Ewww. Nggak kebayang kayak apa rasanya. Juga baunya di pasar.

Tradisi memakan daging anjing ini dilakukan setahun sekali pada saat merayakan festival. Menurut warga Yulin, tidak ada yang salah dengan memakan daging anjing. Juga, mereka tidak merasa kejam ketika memanggang daging anjing utuh yang sudah dikuliti. Mereka menganggap ini hal yang biasa dan perlu dirayakan karena sudah tradisi. Malah, menurut mereka, memakan sapi lah yang merupakan perbuatan kejam karena sapi telah banyak membantu untuk membajak.


Just go check out this video. And don't watch while you eating. 


Tradisi seperti ini masih ada di Yulin, perbatasan Cina dan Vietnam. Pada 2013, festival ini mendapat kecaman dari berbagai penjuru negara dan menuntut pemerintah untuk menghapus festival tersebur selamanya. Namun pemerintah mengklaim bahwa tradisi itu tidak pernah terjadi. Well, siapa yang mau repot-repot 'ngurusin' rakyat seperti ini, ya kan? Tapi nyatanya, tradisi ini masih saja terjadi. FYI, meskipun saya Muslim dan diharamkan memakan daging anjing, kok lihatnya aja nggak tega gitu ya, anjing-anjing dikurung dengan tidak manusiawi. Dibunuhnya juga dengan sadis. Mungkin kalau saya yang ke sana lihat langsung bisa mual dan muntah-muntah kali. Atau malah pingsan?

Gongnya, si reporter ikut ngerayain festival dan harus memakan daging anjingnya juga! Nggak bisa nolak karena tim VICE lagi jadi sorotan warga Yulin, mau nggak mau harus ikutan makan juga. Tapi kayaknya lebih ke nggak boleh nolak juga kali ya karena emang itu udah kontrak kerjanya. Iya nggak, sih? Who knows.


Pengalaman Spiritual Lewat Menggantung Tubuh 


Ini juga bikin syok nontonnya. Ritual menggantung tubuh ini disebut dengan Suspensi (Body Suspension), yang juga termasuk dalam salah satu seni modifikasi tubuh. Ritual ini menggunakan hook yang dikaitkan ke kulit tubuh. Hook-nya bisa dikaitkan di lutut, punggung, dada, atau bahkan wajah. Hook-nya lumayan gede juga. Kalau kamu pernah ngeliat sendiri kemaluan anaknya dijahit setelah disunat, jadi kurang lebih seperti itu lah nyantolin hook-nya, tapi dengan hook yang lebih besar. Udah ngilu belum ngebayanginnya?

Sejarahnya, ritual menggantung tubuh dengan jarum yang pajangnya bisa mencapai satu meter ini dilakukan orang India sebagai penghormatan untuk dewa. Sejarah lain dari body suspension ini ada pada suku Indian di Amerika. Ritual ini merupakan salah satu dari upacara Okipa dan diperuntukkan laki-laki dewasa yang akan diangkat menjadi tentara atau panglima perang. Well, make sense.


Di video ini, reporter VICE nggak cuma meliput dan mewawancarai artist-nya aja, tapi juga ikut merasakan pengalaman body suspension. Fyuuuh .... Menurutnya, kalau penasaran dengan suatu hal, mendingan cari tahu langsung dengan melakukannya. Ya supaya tahu 'rasa' yang terjadi sebenarnya. Yiuuuuk mariii.

Dan untuk menggantungnya, dia harus pilih sendiri mau kulit bagian mana yang dikaitkan. Saran dari artist-nya bagian lutut yang paling aman untuk pemula. Tapi herannya ya, kok bisa itu kulit yang ditusuk nggak berdarah, sih? Padahal kan banyak banget yang ditusuknya. Ya Allah biar kata aman juga, saya ngeliatnya tetep aja NGILUUUUUU. 😶

Mengunjungi Kuil Setan Lucifer di Kolombia


Jujur aja, baca judulnya aku tertarik karena hey jaman gini ada yang percaya sama Lucifer? Dan pas lihat isi liputannya, ternyata tim VICE bertemu dan mewawancarai langsung sama pemimpinnya, Victor Damian Rozo, son of Lucifer.

Iya, dia ngaku-ngaku kalau dia adalah anak dari Lucifer. 😬

Rozo membangun kuil pemuja setan di Kolombia, tepatnya di kota Quimbaya, untuk dia dan pengikutnya. Anehnya, ketika tim VICE ke daerah Quimbaya dan nanyain beberapa informan mengenai kuil tersebut, mereka semua menentang agama Lucifer, tapi mereka juga nggak bisa kasih bukti karena kuil pemuja setan itu nggak pernah kelihatan ada kegiatan apapun.

Tim VICE berhasil bertemu dengan sopirnya Rozo dan diantar ke kuilnya. Di sana juga terlihat sepi-sepi aja. Mereka bertemu dengan Rozo dan diajak masuk ke dalam kuil untuk melihat-lihat isinya. Reportertnya sempat nanyain Rozo ke hal-hal yang sensitif seperti apa tujuan dia mengumpulkan orang yang mau memuja setan, atau kenapa dia menolak ajaran Katolik, atau alasan dia kenapa orang-orang harus percaya pada setan daripada Tuhan.

I know it's getting weird and a little bit crazy, but if you watch the full video, until you see the inisiation. I bet you'll gonna be like; WHAT?! 😂



Paling aneh adalah ketika reporternya bilang dia mau diinisiasi untuk masuk ke ajaran Lucifer. Malamnya, dia melakukan serangkaian ritual dari upacara inisiasinya. Tapi kelihatan kok kalau reporternya nggak percaya sama Lucifer, jadi dia selama inisiasi cengengesan aja. Hahahaha. Dan keesokan harinya, barulah terungkap bahwa Rozo membayar sejumlah orang untuk menjadi pengikut Lucifer dan melakukan serangkaian ritual inisiasi. 😅

Tim VICE yang Berani Anti Mainstream


Yang bikin saya salut dari para reporter VICE ini adalah, mereka membuat sebuah liputan bukan berdasarkan apa yang mereka lihat saja, tapi juga pengalaman. Mereka berani terjun langsung ke tempat-tempat yang akan diliput, bertemu dengan pemimpin atau pelaku, dan mewawancarainya. Kok nggak takut ya? Saya nontonnya aja udah ngeri sih, merasa diri terancam karena nanya macem-macem sama para pelaku itu.

Setelah wawancara, tentulah mereka ikut 'masuk ke dalamnya'. Yang meliput tradisi memakan daging anjing ya ikut makaninnya juga, yang meliput tentang body suspension ya ikut digantung juga demi bisa ngerasain sendiri, yang meliput tentang aliran Lucifer ya melakukan inisiasinya juga untuk masuk ke dalam agama Lucifer, yang meliput tentang sekte Feminis Islam ya ikut perjamuannya dengan pemimpin dan para anggotanya (yang sebenarnya ini adalah ritual tertutup).

Saya salut karena mereka berani beda. Berani idealis dengan membuat konten liputan yang anti mainstream. Anti mainstream di sini bukan hanya kontennya, tapi juga cara penyampaian kontennya dengan berani terjun langsung ke dalam liputannya. Saya sendiri lebih suka konten-konten seperti ini karena ya ini baru bagi saya. Ternyata ada banyak pengetahuan aneh dan janggal di belahan bumi lain yang saya belum tahu dan mungkin nggak akan pernah tahu.

Kalau mau lihat liputan-liputan lainnya bisa ke sini aja: VICE Indonesia. Well, thank's, VICE team!

Sumber:
https://www.youtube.com/channel/UCtUjPRGNuKhDnnqmUjI8wIA/playlists
https://id.wikipedia.org/wiki/Harun_Yahya
https://en.wikipedia.org/wiki/Suspension_(body_modification)

37 comments :

  1. Kalau mpo nonton youtube ini seram. Mendingan tidak menonton deh. Membunuh anjinga dan memakannya. Seram

    ReplyDelete
  2. duh, kayaknya saya gak bakalan kuat nonton videonya, Mba. Saya nonton video-video mainstream aja deh, macam videonya Mba Suhay Salim (walau saya gak pandai dandan), atau video potongan-potongan drama korea atau film india aja :)

    ReplyDelete
  3. Dulu pernah liat cuplikan video VICE ini di ig sama fb, tapi belom berniat untuk buka Youtubenya. Pas baca ini kepo ttg lucifer2 🤣

    ReplyDelete
  4. Bener-bener antimainstream, ya. Tapi, mungkin saya bakal maju mundur buat nontonnya. Antara penasaran dan gak berani :D

    ReplyDelete
  5. Baru tahu kalau ada VICE Indonesia. Aku pun kadang juga begitu. Niatnya mau nulis blog malah jadinya nonton video tutorial make up di Youtube. Hehehe.

    ReplyDelete
  6. Haduuuh...saya nyerah deeh..nggak suka yg ekstrim2 bgtu..hiii...

    ReplyDelete
  7. Aku ikutan ngiluuuu baca pengalaman spiritual ritual menggantung tubuh. Nggak berani nonton videonya di YouTube. Keren ya reporter VICE berani menjalani langsung pengalaman anti mainstream gitu, huwaaa kujadi parno bacanya

    ReplyDelete
  8. Baru tahu ada VICE Indonesia. Itu yg jadi reporternya nyalinya kece badai banget deh. Yang body suspension belum lihat videonya udah ngilu duluan ngebayanginnya. Channelnya VICE bener2 anti mainstream. dan kayaknya bakal subscribe juga nih.

    ReplyDelete
  9. Kalau aku yang lihat judul youtube macam ini, langsung tak skip dan tak hapus dari daftar. Meskipun pengetahuan, tapi aku wegah nonton beginian. Hahahhaa.

    ReplyDelete
  10. hehehehe, maaf mbaaa, tapi semoga tulisan kayak gini gak dibaca anak2.
    Saya baca sub judul aja merinding, jujur langsung saya skip dan berakhir dengan perut saya bergolak.
    Kalau saya sih lebih suka anti mainstream yang lebih positif :)

    ReplyDelete
  11. Aku tau VICE Indonesia dari video viralnya beberapa waktu itu, Mba. Yang ngikutin keluarga pelaku poligami.

    Sempet stalkingin video lainnya, tapi ya itu, terlalu ekstrim menurutku. Jadilah aku mundur teratur. Ahahaha.

    ReplyDelete
  12. Wah terlalu ekstrim liputannya, dan di situlah saya merasa tak mampu. hehehe..

    Mundur teratur ah...

    ReplyDelete
  13. Baru minggu kemarin baca berita soal harun yahya krn ada perempuan yg katanya berhasil kabur dari rumah harun yahya, lalu dia cerita soal kekerasan seksual selama di sana. Duuh dunia makin aneh2 aja yaa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan, pasti ada yang nggak beres emang di dalam rumah itu. Makanya selalu tertutup kan, nggak boleh untuk khalayak umum,. Tapi tim VICE berani banget ya minta ijin masuk ke sana gitu. Cuma sayangnya mereka nggak nemuin hal-hal yang nggak beres, jadi susah juga untuk ngebuktiinnya.

      Delete
  14. Mbaa, baca reviewnya saja udah bergidik sendiri. Hehhe. Tapi memang salut deh totalitas mereka patut diajungi jempol. Aku kayaknya butuh nyali nih buat nonton. Hehhe

    ReplyDelete
  15. Sama Mba, pertama kali tau channel. vice Ini nemu ttg feminis, nah saya penasaran waktu liat di youtube, ini apa yah, eh aku buka ternyata... Saya mulai penasaran dan melihat video2 sebelumnya, dan jreeengg antimainstream banget, judulnya menggelitik

    ReplyDelete
  16. I like your article mbak. Btw di YouTube ada channel anti mainstream seperti itu.. saya suka sama Harun Yahya tapi sekarang dia menjadi iluminati sekaligus jabatan penting iluminati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbak. Yg kudengar katanya dia udah ditangkap polisi, ya? Apa dia masih menjabat di iluminati?

      Delete
  17. Sempat lihat tentang Lucifer di IG, dan saat itu saya berpikir, koq ada sih orang yang percaya sama hal-hal kayak gitu.. Dan pengikutnya koq mau aja, gitu..

    Lalu baca ini, dan makin nggak ngerti sama Kittens, sama tradisi makan daging anjing, sama suspension.. Oh my, kirain apa yang terjadi di Indonesia tu udah aneh dan ada-ada aja. Ternyata di luar sana makin banyak yang aneh dan di luar nalar yaa..

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah,
    Diceritain sama mba Isti. Kalau disuruh lihat videonya, baru menit pertama, aku uda nyerah.

    Perutku rasanya mual...
    Semoga Allah lindungi kita dari godaan syeitan yang terkutuk.

    ReplyDelete
  19. Hmm, jadi penasaran sama Vice tapi takut juga kalo pas ngeliat liputan yang anti mainstream gitu.

    ReplyDelete
  20. Itu yang tradisi di Yulin aku pernah lihat di ddpan mataku, tetangga orang manado bakar anjing hidup-hidup, awaknya dipukulin di dalam.karung, terus dibakar. Tahun 80an itu, kalau sekarang bisa viral.kali ya

    ReplyDelete
  21. aduh2,.kok ngeri semua tontonannya. aku sampe kaget lihat judul semua vidio Vice Indonesia ini. aku nontonnya pelan2 dulu ya...biar ga kaget.

    ReplyDelete
  22. Maapkeun, Isti sayang, koq segitunya ya. Tp salutlah sama jurnalis VICE Indonesia demi berita

    yg konkrit dan nyata berani mazuk me lingkungan tsb. Penasaran sih pengen juga buma youtube di laptop. Kl bikin eneg ya langsung aja sign out

    ReplyDelete
  23. Makan daging anjing selagi mereka masih hidup?Ohh Nooo...aku juga muslim mbk..ga tega rasanya liat mereka diperlakukan begitu. Liat anjing liar di jalan ditimpukin aja aku bisa marah, apalagi liat perlakuan yang lebih sadis begitu..huhuhu bisa pingsan aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anjingnya sudah mati, Mbak. Sudah dikuliti seperti kambing qurban, dan sudah dipotong2 dagingnya untuk dimasak. Siapa yang mau makanin daging anjing hidup2 btw? :D
      Ohya, better lihat video-nya aja biar jelas. :)

      Delete
  24. Wah baru tau ada jurnalis semacam VICE ini jadi rada kepo deh pengen ngintip. Beneran antinainstream ya..

    ReplyDelete
  25. Duh baca ringkasan video-nya aja udah bikin ngilu deh, mba isti, tapi salut banget dengan tim VICE yang konsisten membuat konten antimainstream bahkan terjun langsung, ikut digantung,ikut makan daging anjing, bahkan ikut jadi pengikuti lucifer

    ReplyDelete
  26. Eyaampun, ngeri banget deh kontennya. Nemu di mana ini, Mak? Heheheh.. tapinya, aku kok jadi penasaran. Aku dulu sering searching yang gini. Terus suka lihat juga di Instagram. Akun2 misteri dan horor gitu. Tar mau lihat ah. Tapinya, kudu langsung hapus memory. Soalnya jejak di Youtube, punya anak2 semua. :)))

    ReplyDelete
  27. Eh itu sekte yg dibikin sama ilmuan asal Turki itu ya Harun Yahya dan dia kena kasus. Keren ih liputannya. Jarang2 bisa sampe detail gitu

    ReplyDelete
  28. Mba Is, aku ngilu hehehe nggak bakalan brani nonton deh kalau ini. Apalagi yang menggantung tubuh itu aduh, ngeri. Memang tayangan yang beda ya, salut sama reporternya dan Vice Indonesia

    ReplyDelete
  29. Duh deekk...aku ga berani buka embed videonya. Brrr... apa dikau nggak ngilu sih liat video gituan. Ternyata masih ada ya ritual aneh-aneh. Luar biasa tuh reporter VICE yang berani melakukan liputan seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngiluuuuuu :D Aku bukanya sambil blogwalking wwkkwkwkwk biar ga serem :D

      Delete
  30. koq itu isinya semacam 'ajaib' gitu ya Mbak, duuh gak berani deh nonton yg beda gitu.
    saya paling sesekali aja nonton youtube, itu juga yg dicari resep masakan atau sesekali intipin channel nya beauty2 gitu :D

    ReplyDelete
  31. huwaaa aku baru tau tentang channel ini mb.. pengen subscribe ah. tapi kalo yang ekstrim banget kugak yakin nonton sih.. syereemm, huhuhu

    ReplyDelete
  32. Aduh kok serem isinya. Aku malah takut nih mau berkunjung hihihi.. Btw thanks infonya ya. Jadi tahu ada yg beginian

    ReplyDelete
  33. Ekstrim banget ya mbak, aduh lewat deskripsi mbak aja aku udah gimana gitu, apalagi pas deskripsikan makan daging anjing. Aku udah mual duluan. Duh .. selama ini aku cuma makan ayam,sekali kali sapi dan kambing. Itu juga udah kayaknya duhh .. aku lebih baik jadi vegie aja.

    Maaf jadi gagal fokus

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^