Melatih Motorik Anak Bawah Tiga Tahun dengan Monde Boromon Cookies

12.21.2018


Bermain merupakan kegiatan yang dapat melatih motorik anak, baik itu motorik halus ataupun motorik kasar. Bermain yang hanya menggunakan sedikit anggota tubuh seperti menyendok, mencapit, memegang, menggunting, merupakan kegiatan yang melatih motorik halus. Sementara kegiatan yang dapat melatih motorik kasar ialah bermain yang menggunakan seluruh anggota tubuh seperti berlari, melompat, melangkah, dan lain-lain.

Anak saya yang paling kecil, Manda, terbiasa bermain bongkar pasang balok di rumah bersama kakak-kakaknya. Juga ada berbagai macam puzzle yang biasa dimainkan, dari puzzle abjad, angka, hingga transportasi. Tapi Manda paling betah bermain dokter-dokteran dan masak-masakan. Iya, saya yang jadi pasiennya dan yang jadi pelanggan restorannya.

Berbeda dengan hari biasanya, siang kemarin, Manda nangis minta dicarikan YouTube di handphone saya. Setengah mati saya bertahan untuk nggak ngasih, tapi dia makin kencang nangisnya. Sampai saya rekam pun, nangisnya belum berhenti. Tiba-tiba aja saya ada ide. Keingetan punya snack kesukaan Manda.

Saya bilang sama Manda, "Manda, Manda. Mama punya ini, nih. Manda pasti suka!"

Saya keluarin Monde Boromon Cookies dari kulkas, kemudian saya bawakan juga dua wadah kecil dan sebuah capitan buat bermain. Memang niatnya bukan untuk dimakan langsung, tapi bermain dulu supaya dia lupa sama YouTube-nya. Dari sini, saya jadi muncul ide-ide lain untuk bermain sama Manda dengan bantuan cookies ini. Saya beri contoh cara bermainnya.

Manda langsung berhenti menangis.


5 Permainan yang Melatih Motorik Anak Bawah Tiga Tahun dengan Monde Boromon Cookies


Saya pilih Monde Boromon Cookies sebagai alat bermain untuk melatih motorik halusnya. Karena bentuknya yang kecil dan pas di genggaman, mempermudah saya untuk memberi pengarahan dalam bermain. Cookies-nya sendiri juga mudah hancur ketika masuk ke dalam mulut. Jadi nggak berasa aja gitu, sambil main sambil ngunyah. Melatih motoriknya dapat, kenyangnya juga iya karena sekalian ngemil.

Monde Boromon Cookies juga mengandung madu, DHA, dan sari pati kentang. Hmm pantas aja ya, makanin 1 bungkus berasa lumayan kenyang. Oh ya, cookies ini gluten free lho, aman sekali untuk camilan tambahan MPASI anak usia 1 tahun!

Kelebihan Monde Boromon Cookies lainnya adalah:
Cookies-nya mudah meleleh ketika terkena air liur;
❤ Melatih motorik yang ada di lidah dan mulut bayi;
❤ Membantu anak mengeksplorasi rasa, bentuk, tekstur; serta
❤ Membantu kemampuan untuk makan.

Dengan segudang kelebihan tadi, maka itu saya mau mengajak Manda ngemil sambil bermain. Saya buat permainan mudah menggunakan snack Monde Boromon Cookies yang bisa melatih motorik Manda. Dan mungkin bisa juga dilakukan teman-teman bersama anaknya di rumah.

1. Memindahkan & Menghitung Monde Boromon Cookies Menggunakan Capitan


Yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah:
- 1 bungkus Monde Boromon Cookies
- 2 wadah
- Tweezer/ capitan
Cara mainnya sangat mudah. Tuang sebungkus Monde Boromon ke dalam 1 wadah, dan biarkan kosong untuk wadah yang lainnya. Minta anak untuk memindahkan satu per satu Monde Boromon Cookies dengan mencapitnya sambil dihitung ke dalam wadah yang kosong sampai habis. Jangan lupa, setiap kali anak bisa melakukannya, beri tepuk tangan atau ucapan yang membuatnya senang.

Permainan ini melatih motorik halus anak dalam memegang capitan. Secara nggak langsung, anak dituntut agar bisa fokus menjepit capitan ketika mengambil cookies satu per satu. Permainan ini juga melatih kesabaran anak. Bisa aja, kalau anaknya nggak sabar, dia akan menyendokkan cookies-nya alih-alih mencapit satu per satu. Kalau anak sudah mahir menggunakan capitan, mungkin bisa 'naik kelas' dengan menggunakan sumpit.

Reaksi anak saya? Excited dan penasaran! Memang beberapa kali dia putus ada dan menyendokkan dengan capitan, tapi saya ingatkan lagi rule-nya nggak boleh disendokin, harus dijepit atau dicapit. Akhirnya, setelah selesai dipindahkan semuanya, dia malah semangat mengulang lagi dari awal. Yang lucu, karena Manda baru pandai menghitung, dia hitung sesukanya aja cookies yang masuk ke dalam wadah kosong. 😅



2. Memindahkan Monde Boromon Cookies Menggunakan Sendok Kecil


Yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah:
- 1 bungkus Monde Boromon Cookies
- 1 bungkus cokelat permen warna-warni
- 2 wadah
- Sendok mainan
Cara mainnya sama seperti capitan di atas. Hanya beda dalam memindahkannya aja, kok. Monde Boromon Cookies dan cokelat  dicampur jadi satu di dalam wadah. Rule-nya hanya boleh mindahin cookies-nya satu per satu, nggak boleh menyendokkan cokelat permennya. Kalau dalam sendok ada cokelat permen dan cookies, arahkan supaya cokelat permennya ditaruh lagi. Bimbing anak dalam menyendok. 

Permainan ini juga melatih motorik halus anak dalam menyendok. Anak diajak untuk lebih bersabar dalam menyendok karena kan rule-nya nggak boleh menyendok cokelat permennya. Supaya nggak bosan, boleh sambil dihitung Monde Boromon Cookies-nya, atau menyuapi kita biar seru!

Reaksi anak saya? Manda ternyata lebih excited daripada mencapit di permainan sebelumnya! Dia malah bolak-balik mindahin sampai habis lalu diulangi lagi. Yang lucu, karena dia belum mahir sekali menghitung, jadi kadang suka nggak sabaran ngitungnya. Malah balik lagi dari awal padahal udah menghitung sampai banyak. Hahaha. Dan nggak ketinggalan ketika selesai, dia nyuapin saya Monde Boromon Cookies-nya. 😅



3. Meraba Bentuk/Shape dengan Mata Tertutup


Yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah:
- 1 bungkus Monde Boromon Cookies
- 1 bungkus permen lunak/ gummy bear
- 1 bungkus biskuit berbentuk persegi
- 1 wadah (sesuai dengan bahan yang dipakai)
Cara mainnya juga cukup mudah, kok. Anak hanya diminta untuk mencari bentuk/shape sesuai yang kita sebut. Campur semua bahan jadi satu. Kemudian minta anak agar menutup matanya (saya menggunakan penutup mata). Setelah itu, sebut bentuk yang kita mau agar anak mencari sendiri tanpa bantuan. Kalau benar, boleh dimakan. Rule-nya cuma satu, nggak boleh ngintip!

Permainan ini melatih motorik halus anak dalam mengenal bentuk dalam keadaan mata tertutup. Jika sering dilatih dan berbeda-beda objeknya, anak akan semakin mahir. Selain menyebut dan memakan objeknya, bisa juga diganti dengan mencium dan menyebut objeknya seperti bahan-bahan bumbu dapur yang asli.

Reaksi anak saya ketika bermain ini nggak sabaran pengin dimuka penutup matanya. Hahaha. Awal-awal masih belum ngerti seperti apa yang saya mau, jaidnya dia sedikit-sediki mau dibuka aja itu penutupnya pas saya sebut bentuk yang diminta untuk dicari. Tapi lama-lama dia udah mulai ngerti cara mainnya, jadi semangat mencarinya. Kalau jumlah bentuk yang dimainkan ada banyak sepertinya lebih seru lagi.



4. Memasukkan Monde Boromon Cookies dengan Cara Ditiup Pakai Sedotan (Balapan)


Ini yang nggak kalah seru! Siapkan alat-alatnya dulu, ya.
- 1 bungkus Monde Boromon Cookies
- 2 wadah di ujung meja (boleh dipegang atau ditempel)
- Selembar kertas yang bisa dilipat sisi kanan dan kirinya (ini nantinya mau buat jalur balap)
- Sedotan sebagai alat bantu meniup
Cara mainnya juga gampang kok ini. Ajarkan dulu cara meniup yang benar supaya keluar angin dari mulut yang dibentuk, lalu arahkan tiupan ke Monde Boromon Cookies yang sudah diletakkan di arena balap. Saya ajak Shaki, kakaknya Manda, untuk ikutan berlomba dengan Manda. Manda jadi semangat karena Shaki ikutan main. Rule-nya, harus meniup cookies satu per satu, nggak boleh 3 sekaligus. Siapa yang paling banyak memasukkan cookies ke dalam wadah, dia yang menang.

Permainan ini melatih motorik halus anak dalam hal meniup. Buat anak batita, meniup bukanlah hal yang mudah dilakukan. Dengan meniupkan benda, anak akan tahu apakah tiupannya benar atau tidak? Tiupan yang benar adalah mengeluarkan angin, bukan suara apalagi air liurnya. 😅 Karena Shaki mau ikut bermain, saya minta dia untuk mencontohkan meniupkan Monde Boromon Cookies yang benar.

Reaksi anak saya ketika meniup? Awalnya memang kesusahan. Berkali-kali gagal dan meleset terus. Sempat kecewa dan mau putus asa, tapi kemudian saya beri semangat kalau Manda itu bisa. Saya arahkan sedotannya di belakang cookies, lalu minta Manda meniup. Memang agak sulit dan benar-benar nggak keluar angin dari mulutnya. Tapi, dia malah ketawa-ketawa lalu menaruh cookies lebih banyak biar nggak mau kalah dari kakaknya! Tetap aja, habis itu dia kasih semua cookies-nya ke jalur kakaknya. Hahaha.

Tips:
  • Lebih asyik dimainkan bersama kita atau kakaknya. Asal kita atau kakaknya bisa menjaga supaya tiupan tidak terlalu kencang. Gunanya, supaya adik nggak ketinggalan terlalu jauh, karena bisa membuat dia bad mood akibat kalah melulu.
  • Jika hanya bermain sendiri, letakkan 2 buah cookies di jalur balap. Lalu minta anak agar meniup satu cookies dulu sampai jalan, lalu tiup satunya lagi. Hasil tiupan akan membawa cookies ke jarak yang berbeda. Yang lebih dulu masuk ke dalam wadah, itu yang menang dan boleh dimakan.


5. Lomba Memindahkan Monde Boromon Cookies Pakai Sendok di Mulut


So far, ini yang paling seru! Sama seperti perlombaan di Tujuh Belasan, tapi yang digunakan di sini bukan kelereng. Yuk, siapin dulu alat dan bahannya!
- 1 bungkus Monde Boromon Cookies
- 3 wadah kosong
- 2 buah sendok kecil

Cara mainnya udah pada tahu lah ya semuanya. Letakkan 1 wadah berisi Monde Boromon Cookies di meja pertama, dan 2 wadah kosong di meja tujuan. Minta anak untuk memegang sendok dalam mulutnya. Kemudian ambil 1 cookies, letakkan di sendok tadi. Beri aba-aba sebelum mulai berjalan menuju meja tujuan. 

Rules-nya, nggak boleh meletakkan cookies lebih dari 1 di dalam sendok, dan kalau cookies sudah jatuh nggak boleh langsung masukkan ke dalam wadah kosongnya tapi harus ditaruh di sendoknya dulu.

Permainan ini melatih motorik kasar dan halus bersamaan untuk anak usia berapa pun. Anak dituntut untuk menjaga keseimbangan sendok dan fokus agar cookies tidak jatuh ke lantai. Sambil menjaga keseimbangan sendok, anak juga belajar melatih motorik kasar sambil berjalan ke tempat tujuan kemudian perlahan meletakkan cookies-nya ke dalam wadah dan tidak boleh jatuh juga.

Yang saya lihat, Manda ceria sekali main perlombaan ini bersama Shaki, kakaknya. Saya minta Shaki untuk memberi contoh pada Manda bagaimana cara mainnya kemudian Manda semangat sekali praktiknya.

Reaksi anak saya ketika bermain? Manda kesulitan pada penempatan sendok di mulutnya. Ketika mulai berjalan dengan cookies di dalam sendok, sendoknya malah miring-miring ke bawah. Tapi gimana pun juga, Manda tetap semangat bawa cookies-nya biar bisa dimasukkan ke dalam wadah tujuan. Meski kalah sama Shaki, tapi Manda justru nggak bad mood. Dia malah ketawa-ketawa ketika cookies-nya jatuh dari sendok ketika mau dimasukkan ke dalam wadah kosongnya. Sehabis itu dia tinggalin aja terus balik lagi untuk ambil cookies yang lebih banyak lagi.


Selain 5 permainan ini, sebenarnya masih ada banyak lagi permainan yang melatih motorik dengan bantuan Monde Boromon Cookies. Apapun permainannya, yang paling penting disesuaikan dengan usia anak dan pastikan anak nyaman dengan permainannya. Terakhir, supaya anak tetap happy dan nggak bosan, mainnya sambil ngemil lebih asyik! Pilih snack yang ngenyangin dan bergizi seperti Monde Boromon Cookies. 👌

45 comments :

  1. Monde boromon cookies ini cemilan favorit ku sejak SD mba hehehe .. boleh juga permainannya, mudah diterapi ke anakku yang berumur 2th nih

    ReplyDelete
  2. Wah seru permainannya! Kayaknya yang menjapit aku belum pernah ngajakin anak-anak buat ikutan juga.

    ReplyDelete
  3. Memang bukan hanya anak yang harus pinter, tapi menjadi ibu harus lebih pinter lagi yaaa ngatasi perkembangan anak. Ide bagus mengingat anak2 seringnya ngemilin mainan hahaha

    ReplyDelete
  4. Memang bukan hanya anak yang harus pinter, tapi menjadi ibu harus lebih pinter lagi yaaa ngatasi perkembangan anak. Ide bagus mengingat anak2 seringnya ngemilin mainan hahaha

    ReplyDelete
  5. Wah, seruuu.. Aku biasa main pake pom2, besok besok boleh nih dicoba pake boromon kukis. Main sama anak2 itu seru banget ya mbk, apalagi yg penjepit. Aqla nggak bisa2, kalo udah sebel Diambil in dipindah pake tangan haha

    ReplyDelete
  6. Ini pastinya menyenangkan anak-anak. Saya biasa melihat anak-anak paling malas makan, mungkin dengan stimulan permainan dan bentuk cemilan Boromon akan meningkatkan nafsu makan anak2 dan juga melatih kecerdasannya dengan permainan edukatif yah mom

    ReplyDelete
  7. Benar2 penasaran sama boromon, mau nyoba ah buat anak2 😍

    ReplyDelete
  8. Kalau melatih motorik anak menggunakan Boromon gak khawatir seandainya dimasukkan ke mulut. Langsung lumer di mulut. Jadi gak bikin anak tersedak

    ReplyDelete
  9. hihihi, asyiknyaaa main capitan.
    Kalau anak saya masih 14 bulan mba, jadi latih motorik pakai Boromonnya gak aneh-aneh, cukup biarin dia bisa pegang lalu masukan ke mulut, emaknya udah happy banget hahaha
    Secara, butirannya keren banget, pas digenggaman bayi dan juga gak bikin kesedak.
    Padahal awalnya saya agak khawatir, soalnya sekilas kok keras banget, eh ajaibnya pas kena masuk mulut kena air dikit di mulut langsung lumer.
    Daann enak pula :)

    ReplyDelete
  10. Eh, itu Mbaknya ditutup matanya enggak protes? Si K belum nyaman kalau pakai tutup mata. Hahahaha

    Kreatifnya Mama, cookies satu ini bisa dibuat permainan banyak banget. Aku nyontek ya, Mbak. :*

    ReplyDelete
  11. Kalau biasanya diomelin mama karena suka maenin makanan eh ini malah dipermainkan, dengan cara sangat kreatif, melatih motorik pula. Luar biasa, seorang ibu emang harus lebih kreatif dari anaknya 😂

    ReplyDelete
  12. kreatif banget sih mb.. dari si monde boromon cookis ini bisa jadi macem-macem permainan. kalo anakku kyaknya gak tahan dimainin dulu, langsung dimakan aja gitu, wkwkwk.

    ReplyDelete
  13. Gemes bangeeet, kayak lagi lomba 17an yaa.
    Motorik halusnya makin bagus yaa itu kalau mindah2in benda kecil pakai japitan

    ReplyDelete
  14. Kreatif mba permainannya. Anakku kalau dibikinin mainan gini yang ada dimakanin bukan dimainin hihihi dia doyan banget sama boromon ini

    ReplyDelete
  15. Mbk isti kreatif bgd, bermodalkan boromon eeeee bisa jadi aneka macam permainan yg bisa melatih motorik si kecil. Makasih ya udh dishare. Praktekin ah

    ReplyDelete
  16. Permainan sederhana yang melatih otot motorik halus.

    Wah Dede bisa menang nih tujuh belasan, sudah berlatih gigir sendok pakai none boromon

    ReplyDelete
  17. Mamanya keren ini bisa ngasi mainan kreatif kreatif kayak gini dengan memanfaatkan kue boromon

    ReplyDelete
  18. Shaki dan Manda makin kayak anak kembar kalo pada duduk bareng. Pasti excited ya dikasi game yg serasa challenge buat mereka

    ReplyDelete
  19. Setelah membaca artikel mbak dan berhubung belum punya anak, hehehe Ujame lebih tertarik sama cemilannya. Kayanya enak dibawa travelling hehe. Gak cuma untuk anak kan mbak?

    ReplyDelete
  20. Jadi pengen langsung ke supermarket nyari stok ini lagi. Kebayang cookies-nya yang nggak perlu dikunyah tapi renyah.

    ReplyDelete
  21. Seru banget ya ternyata ada banyak permainan seru yang bisa diciptakan bersama Boromon cookies. Apalagi Boromon cookies ini memiliki banyak kelebihan.

    ReplyDelete
  22. Mindahin boromon pakai sendok kaya mainan kita pakai kelereng ya. Tapi buat anak enak lebih aman pakai Monde sekalian buat dimakan

    ReplyDelete
  23. Hihihi...Manda akhirnya luluh juga dengan boromon cookies ya...daripada nonton youtube terus.
    Bundanya juga kreatif, bisa mengalihkan perhatian anak ke kegiatan yang positif ����

    ReplyDelete
  24. Biskuit ini ga cuma enak ya ternyata bisa juga nih melatih motorik si kecil ya,, seru juga ya kalau mindahkan biskuit boromon pakai sendok sebagai pengganti kelereng.

    ReplyDelete
  25. MAmanya ikut kasih contoh dulu gak waktu niup2 boromonnya? :)
    ternyata bisa dipakai banyak kegiatan ya biskuitnya untuk melatih motoriknya

    ReplyDelete
  26. Wah kreativitas bermain dgn kue kesukaannya ya de...cantik deh kamu ��

    ReplyDelete
  27. Lucu2 aktivitasnya, tapi kalo anakku dikasih cookies sbg subjek gini ya ga jadi main, langsung masuk mulut semua hahahaa

    ReplyDelete
  28. kata rekan kerjaku snack boromon ini enak banget aku belum coba juga sih mba liat reviewnya jadi pengen beli

    ReplyDelete
  29. Anakku walo udah gede masih suka dengan camilan satu ini..eh kadang aku juga sih hahaha

    ReplyDelete
  30. Ternyata banyak permainan yang bisa dilakukan dengan boromon cookies ya, Manda kayaknya hepi banget deh mainnya

    ReplyDelete
  31. Salfok ama karpet keretanya.. lucu banget mba beli dimana ya?

    ReplyDelete
  32. Seru banget yang balapan sambil niup monde. hihihi. Kreatif nih mbak Isti.
    anakku ku ajak main pakai kukis Monde malah dimakan. Ga apa deh, kan melatih motorik anak juga.

    ReplyDelete
  33. bermain dengan boromon cookies menyenangkan .. aku melatih anak anak dengan boromon cookies,.. mengambil ke wadah sembari menghitungnya. satuu... dua... tiga.. empat...

    ReplyDelete
  34. Udah cantik, pinter pula nih si adek. Bener banget, motorik halus itu penting. Aku pernah keliru dengan ini. Di anak kedua, aku gak terlalu mentingin. Jadinya sampe sekarang, dia kaku banget tangannya. Nulis masih cakar ayam, menggambar juga susah. Padahal udah SMP kelas 2. Aku terlalu fokus ke motorik kasar.

    ReplyDelete
  35. Manda, Tante juga suka nih cookiesnya Monde Boromon. Lembut banget yaa dan langsung meleleh di mulut.

    ReplyDelete
  36. Mamanya juara banget siiihh bikin aneka permainan menarik gini. Adaaaa aja idenya. Kebayang ikut mainan bareng Monde Boromon bareng Manda dan Shaki :))

    ReplyDelete
  37. Wah seru...ini emaknya kreatif ya. Anak-anakpun jadi ikutan kreatif :)

    ReplyDelete
  38. Wah idenya banyak yaaa. Ini cookies kecil2 emang bisa dimanfaatkan buat melatih motorik anak memegangnya, bvaik langsung pakai tangan maupun capit.

    ReplyDelete
  39. Nah loh, kok aku jadi pengin ikutan nyoba cookiesnya. Abis baca reviewnya bikin mupeng hahaha

    ReplyDelete
  40. Lucu ih idenya, main balapan menggunakan Boromon cookies. Tapi anak-anak malah semangat main di dalam rumah kalo kebetulan di luar hujan ya

    ReplyDelete
  41. Suka banget kalau ada produk inovatif yang perhatian sama tahapan tumbuh kembang anak.

    Bersyukur ya jadi anak dan ibu zaman now, tersedia banyak produk inovatif, tinggal pilih! :)

    ReplyDelete
  42. penasaran deh aku kayak gimana rasanya cookiesnya, packagingnya gemes banget bikin penasaran sama rasanya wkwk

    ReplyDelete
  43. Seru banget ya bermain paai Boromon, bakal makin cerdas ya biskuitnya menyehatkan

    ReplyDelete
  44. Liat videonya Manda kmren di IG seru banget, terutama yg tiup2 ituuu. Nanti mau nyontek buar main sama Adek Abang aah

    ReplyDelete
  45. Seru mbak mainnya, itu kukis Boromonnya ga remuk ya mbak waktu dicapit?

    Kalau saki dia mah kalau saya keluarin Boromon aja, udah ga sabar, minta dibukain terus makan deh hihihi

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^