No Carbs, No Worries!

4.28.2018


Seminggu yang lalu saya diundang Blogger Perempuan ke acara talkshow bersama SOYJOY. Kami diajak untuk mengukur lingkar pinggang masing-masing. Katanya, lingkar pinggang perempuan itu sebaiknya nggak lebih dari 4 jengkal atau 80 cm karena bisa berisiko diabetes.

Saya sih udah nggak pede duluan, soalnya perut masih belum bisa diajak kerjasama untuk mengecil. Padahal sekarang saya makan udah nggak pakai nasi, lho. Dan tahu nggak, berapa lingkar pinggang saya pas diukur? 4 jengkal lebih seperempat. 🙈


Kabar buruknya, diabetes dan obesitas paling banyak dialami oleh perempuan.  😰


Apa yang bikin lingkar pinggang melebar, sih? Perasaan makan juga nggak banyak-banyak amat. Menurut ahli gizi, Mbak Seala Septiani, yang juga dosen di UI, jawabannya adalah: NASI. 😷

Nasi termasuk salah satu makanan yang mengandung high GI (glicemic index), yaitu angka yang menunjukkan seberapa cepat suatu makanan dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. Sementara di Indonesia, belum dibilang "makan" kalau nggak pakai nasi, ya kan? Padahal, nasi itu salah satu faktor utama diabetes karena nasi mengandung karbohidrat. Sementara karbohidrat itu menyimpan gula. 

Nah, lingkar pinggang membesar bukan semata-mata karena kita habis melahirkan aja, tapi AKUMULASI sejak kita masih gadis. Mungkin waktu jaman masih kuliah jadwal makannya nggak teratur, apalagi keseringan makan mie instan. Waktu itu, sih, belum berasa, ya, pengaruhnya sama badan. Pas udah menikah dan punya anak begini baru, deh. Menyesal. 😢


Kurangin Karbo


Source: Pinterest

Sekarang saya udah lebih aware sama makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Sekitar 3 bulan belakangan ini saya ngurangin banget yang namanya karbohidrat, terutama nasi. Jadi, kalau makan siang dan malam, saya ambil sayur dan lauknya aja. Pakai sambal? Tetap. Tapi dengan nggak adanya nasi di piring, porsi makan jadi berkurang. Dan otomatis kenyang ketika makanan di piring sudah habis.


Sarapan Buah



Kalau untuk sarapan, saya makan buah. Kadang buah dipotong-potong lalu makan begitu aja, kadang saya bikin smoothie, kadang juga buat campuran oat atau overnight oat. Kurang lebih selama satu bulan terbiasa sarapan buah, sekarang kalau diajakin makan bubur ayam suka kekenyangan. Satu porsi itu kelebihan untuk saya. Malah kadang ngeliatnya aja udah kenyang duluan. Perutnya pengin makan yang ringan-ringan aja.

Oh ya, udah satu bulan ini juga saya langganan susu kedelai yang diantar setiap hari ke rumah.


overnight oatmeal
Overnight Oat


Ganti Snack yang Sehat




Penyebab terbesar kenaikan berat badan adalah ngemil. Ngemil yang nggak sehat. Tapi, kalau kita bisa maintain camilan, di sini lah kunci suksesnya.

Pas kemarin ikut workshop, saya sempat ditawarin ngopi waktu lagi nunggu acara dimulai. Tapi saya udah lama nggak ngopi lagi. Untung aja saya sedia SOYJOY di tas. Karena SOYJOY itu kandungan utamanya kedelai yang kaya akan serat & protein, jadi bikin lama kenyangnya. Lagipula  SOYJOY ini low GI, cocok dijadiin camilan.

Anyway, setelah kurang lebih sebulan sarapan buah dan kurangin karbo 3 bulan belakangan, sistem pencernaan saya jadi lancaaar sekali. Yang tadinya nggak teratur, sekarang setiap pagi rutin buang air besar. Yuk, sama-sama jaga pola makan biar bisa hidup enak!

No carbs, no worries!

10 comments :

  1. Aku masih suka nyemil2 hiks. Kapanhari berat sudah turun, sekarang naik lagi deh keliatannya. Aku suka SOYJOY, tapi varian baru ini belum pernah coba.

    ReplyDelete
  2. Aku belum cobain nih yang varian baru ini. Nanti sore aku coba ke minimarket.

    ReplyDelete
  3. Aku gak bisa tanpa carbo krn aku punya hypoglikemia

    ReplyDelete
  4. Nah, ini niiihh... nasi, sungguh sulit kumenguranginya. Mana cemilannya gorengan pula. DUUUHH.... Harus segera memperbaiki habit makan n ngemil nih. Kudu coba Soyjoy ya.

    ReplyDelete
  5. Ternyata ngak sulit ya mbak mengganti karbo, kan ada cemilan sehat lainnya. Ini sih juga favorit aku kalau abis gym hehehehe

    ReplyDelete
  6. Padahal dulu pas hamil sempat sukses ngurangin nasi. Sekarang kok susah banget yaa. Padahal badan dah makin gemuk. Huhu

    ReplyDelete
  7. Gak berani ukur perut atau pinggang hiks...
    kebanyakan ngemil nih sayanya, kayaknya kudu nyetock soyjoy yang banyak biar aman :)

    ReplyDelete
  8. Saya juga masih berusaha ngurangin karbo

    ReplyDelete
  9. Kalo lingkar pinggang sih aku msh di bawah 4 jengkal. Tapi tetep aja aku juga mulai ngatur makan kok mba. Kalo masalah nasi, aku sbnrnya bukan penganut makan hrs pake nasi. Aku jg sbnrnya lbh suka roti drpd nasi. Papaku malah kalo dirumah pengganti nasinya kentang rebus. Cm ttg lauknya aja nih yg kdg msh pake santan, ato daging2an plus gorengan :p. Tp pelan2 lah berusaha ngurangin

    ReplyDelete

Thank you for reading my story. I would be very pleased if you leave a comment here. ^__^